Aplikasi Handphone Untuk Deteksi Kanker Pada Seseorang


Dalam kepopuleran ponsel/handphone saat ini, dunia kedokteran pun tak mau ketinggalan untuk memanfaatkan kecanggihanya. Sehingga kini telah muncul alat pendeteksi kanker pada tubuh seseorang yang di masukan dalam Sebuah aplikasi ponsel/HP. Bahkan alat  yang telah dikembangkan di Massachusetts General Hospital, Boston oleh sejumlah ilmuwan ini diklaim lebih akurat dari pada tes yang biasa dilakukan di rumah sakit,dalam mendeteksi adanya kanker.

Aplikasi yang kompatibel dengan ponsel smartphone tersebut diklaim 100 persen akurat dalam membedakan antara kanker jinak dan kanker ganas. Dan hebatnya lagi, aplikasi tersebut hanya memerlukan waktu satu jam untuk mendiagnosis penyakit kanker. Berlawanan dengan pada pemeriksaan di rumah sakit saat ini, yang harus menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu seorang pasien untuk dapat hasil pemeriksaanya. Para peneliti di Amerika Serikat juga mengatakan bahwa gadget tersebut bisa memudahkan dokter melacak seberapa efektif obat yang diberikan dalam melawan sel kanker pada tubuh pasien.

Seperti dalam percobaannya, aplikasi tanpa nama itu punya keakuratan hingga 88 persen membedakan kanker atau tumor pada perut. Sehingga setelah melalui beberapa tahap perkembangan, jurnal Science Translational Medicine pun melaporkan, aplikasi smartphone tersebut sudah mencapai tingkat akurasi 100 persen.

Cara kerja gadget yang dikembangkan  tersebut adalah menghubungkan aplikasi ke smartphone menggunakan mesin miniatur MRI (Magnetic Resonance Imaging). Saat tes, pasien yang diduga menderita kanker perut diambil sampel rambutnya menggunakan jarum kecil. Para peneliti kemudian menambahkan contoh antibodi untuk mengikat protein yang ditemukan dalam sel tumor perut. Partikel kecil magnet kemudian dipasang ke antibodi. Magnet tersebut lalu dimasukkan dalam mesin MRI untuk menstimulasi molekul dalam sample tersebut, lalu membuatnya bergetar. Semakin kencang molekul bergetar, maka semakin besar kemungkinan pasien tersebut mengidap kanker.

Seperti yang dikutip dari dailymail, salah satu Peneliti Dr. cesar Castro berkata “Aplikasi untuk smartphone ini merupakan alat yang mudah digunakan bagi para dokter, karena bentuknya yang mudah digenggam dan ditempatkan di ruangan kecil,”

Baca juga;
Gejala awal untuk deteksi kanker
Alasan anak dilarang pakai hp/p0nsel sebelum 12 tahun
Hati-hati! printer laser bisa sebabkan kanker

Iklan
Comments
4 Responses to “Aplikasi Handphone Untuk Deteksi Kanker Pada Seseorang”
  1. Rapid Gigabitz berkata:

    i likely it Aplikasi Handphone Untuk Deteksi Kanker Pada Seseorang « Herrysusant's Blog now im your rss reader

  2. kursi jepara berkata:

    ternyata sekarang sudah ada alat seperti itu ya, terimakasih manambah informasi

  3. wah salut nih buat blog bpk atau ibu herrysusan .once again salut .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

  • Increase Page Rank
%d blogger menyukai ini: