Waspadai Depresi Post Partum Pada Orang Tua Baru


Ternyata depresi tidak hanya terjadi pada pada orang yang sibuk karena pekerjaan atau penderita penyakit kronik, tapi orangtua yang baru memiliki anak terutama ibu baru pun dapat mengalami depresi. Depresi pada pada pasca melahirkan ini biasa disebut depresi postpartum. Dan ternyata depresi postpartum ini sudah mendominasi ibu baru hingga 30 persen. Gejala ini biasanya muncul dalam 12 bulan pertama setelah melahirkan, dari kisaran tingkat depresi ringan hingga parah.

Ciri khasnya bisa berupa, kurang tidur, perubahan hormon depresi dari depresi sebelumnya, perubahan metabolisme serta perubahan aktifitas keseharian yang menyimpang. Tapi tidak hanya ibu baru saja yang mengalaminya, ayah baru pun mengalami masalah depresi tersebut. Hanya saja tidak sebesar depresi yang dialami para ibu baru.

Dalam hal ini, dibuktikan dalam sebuah Meta analisis soal depresi pasca melahirkan ditemukan 1 dari 10 “ibu baru” menderita depresi postpartum. Kondisi ini biasa terjadi dalam enam bulan usia bayi mereka. Sedangkan depresi menjadi’ayah baru’ menurut hasil penelitian James F.Paulson,Ph.D., dan sharnail D.Bazemore,M.S dari Eastern Virginia Medical School in Norflok, menyebutkan depresi pasca melahirkan yang dialami laki-laki lebih rendah ketimbang perempuan. Data tersebut diambil dari 28.000 pria yang baru menjadi seorang ayah (tahun 1980-2009). Perbanyak pengetahuan merawat anak, komunikasi satu sama lain, berkonsultasi kedokter ahli dapat mencegah dan mengurangi para orang tua baru mengalami depresi postpartum. Jadi, jangan sampai depresi ya! (healthnews.m&k)

Comments
One Response to “Waspadai Depresi Post Partum Pada Orang Tua Baru”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] menyerang ibu-ibu yang baru melahirkan. Setelah kemarin kita membahas tentang penelitian tentang depresi postpartum yang banyak terjadi pada ibu baru, disini kita akan sedikit membahas gambaran tentang depresi yang biasa juga disebut Postpartum […]



Tinggalkan komentar

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabung dengan 17 pelanggan lain
  • Increase Page Rank