Deteksi Penyakit Jantung Dengan Meteran Jahit


Pasti pernah kan ke tukang jahit ?, dan kalau mau menjahitkan pakaian, pasti sebelumnya anda akan diukur dengan pita pengukur yang biasa dikalungkan dileher the Tailor man.  eh.. tapi ini ndak mau cerita soal tukang jahit lho, artikel ini hanya mau membahas hubunganya meteran tukang jahit itu dapat menjadi alat untuk memprediksi apakah anda berpotensi menderita penyakit jantung atau tidak.  Opo iyo?!

Ini berawal Dari Pertemuan American Heart Association (asosiasi jantung amerika) yang mengatakan pinggang yang berukurang besar dapat menjadi jalan singkat menuju serangan jantung atau penyakit jantung serius. Ini di ambil dari penelitian yang di kepalai Dr Xavier Jouven dari INSERM, kelompok peneliti di Villejuif, Perancis bersama koleganya menganalisis 7000 polisi pria dan wanita perancis usia paruh baya yang meninggal akibat serangan jantung atau penyakit jantung lainnya.

Peneliti melihat ukuran lingkar pinggang dan  BMI(body mass index),; {rasio dari tinggi dan berat badan yang digunakan secara umum untuk mengetahui seseorang mengalami kelebihan berat badan atau kegemukan}. Hasilnya;

  • Pria-pria berperut buncit memiliki kemungkinan meninggal lebih cepat
  • Selain itu, orang dengan BMI yang tinggi tidak beresiko meninggal dini kecuali yang memiliki lingkar pinggang besar.
  • Sebagai patokan , pinggang berukurang 40 inci atau 120 cm sudah merupakan tanda bahaya bagi pria, Sedangkan untuk wanita resiko meningkat pada lingkar pinggang berukuran 30 inci, / 76 cm.

Jadi tempat lemak bercokol didalam tubuh perlu diwaspadai. Bentuk tubuh ‘apel’ dimana lemak berkumpul diperut atau bagian tengah badan lebih bahaya daripada bentuk tubuh ‘buah pir’ yang besar di pantat dan paha. (reuters/m&k)

Artikel Terkait:

  1. Kopi bersahabat dengan jantung
  2. Coklat kurangi resiko penyakit jantung
  3. Malas Gosok gigi = penyakit stroke dan jantung

 

Comments
4 Responses to “Deteksi Penyakit Jantung Dengan Meteran Jahit”
  1. hamba Allah berkata:

    Info yang sangat menarik terutama bagi pria2 yang berperut gendut,ane jadi kuatir karena ane termasuk yg berperut gendut neh….wah mulai sekarang harus diet dan olah raga neh,supaya panjang umur…..hehehe

  2. Susant berkata:

    yang semangat mas!

  3. Otomotif Plus berkata:

    Info yang sangat berguna, kepada yang perutnya gedhe berhati-hatilah.

  4. Rewian berkata:

    kalau pinggang sempit gmna yah?? 😀 hihihi
    lam knal yah

Tinggalkan komentar

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabung dengan 17 pelanggan lain
  • Increase Page Rank