Tes Urine!, Temukan Penyebab Sleep Apneu/Mendengkur Pada Anak


Sleep apneu ini merupakan salah satu gangguan tidur pada anak yang bisa berakibat buruk jika tidak segera mencari penyebab dan mengatasinya. Setelah pada bahasan sebelumnya tentang penelitian efek mendengkur/ngorok pada anak, yang salah satu penyebab mendengkur atau sleep apnea tersebut bisa disebabkan OSA (Obstruktif Sleep Apnea).  Istilah sleep apnea sendiri dalam dunia medis bisa diartikan gangguan pernafasan yang ditandai dengan suara berisik/ngorok dan adanya jeda nafas antara 10-30 detik atau cegukan saat tidur dan terjadi kurang lebih 400 kali setiap malamnya.(healthnews)

Biasanya anak-anak yang mengalami Obstruktif Sleep Apnea (OSA), terjadi sumbatan pada jalan nafas, seperti pembesaran amandel yang mengakibatkan anak mendengkur, gelisah saat tidur dan membuat anak sering terbangun. Seorang profesor dan ketua pediatri University of Chicago, Dr David Gozal, bersama rekannya mengevaluasi 90 anak untuk dievaluasi masalah tidur dan 30 anak tidak mendengkur di sebuah klinik tidur. Pada pagi harinya, mereka diambil sampel urinnya. Setelah dilakukan pemeriksaan penyaringan melalui tehnik elektroforesis, ditemukan sejumlah protein pada urin untuk anak-anak yang mengalami OSA dibanding dengan anak-anak yang bukan OSA.

Jika Sebelum ditemukannya tenhik ini, untuk pemeriksaan masalah tidur ini anak harus seharian menjalani pemeriksaan yang lumayan lama dan memakan biaya besar seperti gelombang otak anak, detak jantun, dan pernafasan kala tidur. Tapi sekarang, cukup mengambil sampel urin dapat mengidentifikasi adanya OSA. Sehingga, masalah OSA pada anak-anak segera dapat ditangani dan diobati. m&k

Iklan
Comments
2 Responses to “Tes Urine!, Temukan Penyebab Sleep Apneu/Mendengkur Pada Anak”
  1. roulette trick berkata:

    This is the greatest nonsenese I ever heared off.

  2. Sometimes it’s really that simple, isn’t it? I feel a little stupid for not thinking of this by myself.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

  • Increase Page Rank
%d blogger menyukai ini: