Minum Kopi Tekan Kanker Hati


Seperti bahasan sebelumnya yaitu tentang kopi yang bersahabat dengan jantung. Kali ini artikel bahasan tentang nilai plus dari konsumsi kopi. Yaitu penyakit Kanker hati tampaknya lebih jarang ditemui pada peminum kopi dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi. Demikian laporan yang dipublikasikan dalam jurnal Hepatology Agustus lalu, yang menampilkan temuan dari 10 studi tentang hubungan antara kopi dan kanker hati.

Studi -studi itu dikaji ulang oleh para peneliti, termasuk Francesca Bravi dari Instuto di Ricerce Farmacologiche di Milan. Studi keseluruhan mencakup 2.260 orang dengan kanker hati dan 240.000 orang tanpa kanker hati. Para partisipan tinggal di negara Italia, Yunani dan Jepang. Partisipan melaporkan tentang kebiasaan mereka minum kopi. Data menunjukan bahwa peminum kopi tampaknya 41 % lebih sedikit didiagnosis menderita kanker hati dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi. Setiap cangkir kopi yang diminum, angka kemungkinan didiagnosis kanker hati menurun 23 %!

Beberapa studi mendefinisikan konsumsi kopi sebanyak 3 cankir atau lebih perhari. Yang lain mendefinisikan angka minum yang lebih rendah, tidak lebih dari 1 cangir perhari. Namun, Tim Bravi Tidak menjanjikan bahwa minum kopi dijamin mencegah kanker hati. Tapi Faktanya kanker hati lebih jarang ditemui pada peminum kopi disemua negara ( yunani,italia,jepang). Peneliti juga mengatakan bahwa temuan ini bukan kebetulan atau fenomena lokal. Mereka berspekulasi bahwa kopi memperbaiki enzim hati dan memotong sirosis dan kanker hati. Jadi, apakah minum kopi akan mencegah terjadinya kanker hati?, Penelitian – penelitian lebih mendalam harus terus dilakukan(BBC/m&k’09)

Tinggalkan komentar

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabung dengan 17 pelanggan lain
  • Increase Page Rank