Periksakan Mata 2 Kali Setahun


Anjuran pemeriksaan mata minimal 2 kali setahun yang selalu didengungkan oleh dokter atau paramedis, ternyata dapat mencegah hilangnya penglihatan dan mendeteksi dini penyakit sistemik seperti diabetes.  Kriteria kesehatan mata juga akan tetap terjaga.  Tapi memang harus diakui banyak orang yang mengabaikannya.

Hal ini sesuai dengan berdasarkan pada survei yang dilakukan American Optometric Association, yang diumumkan melalui Dr. Andrew Iwach, yang juga bertindak sebagai juru bicara. Orang yang memakai kacamata ataupun lensa kontak sebagai alat bantu penglihatan terbilang cukup banyak, yaitu 81 persen dari keseluruhan populasi. Ironisnya, 1 dari 5 orang mengaku sudah lebih dari 2 tahun tidak berkunjung kedokter mata. Ahli Optometri dari Brainerd Minn, Dr Kerry Beebe, mengungkapkan deteksi dini gangguan mata amatlah penting. Pasalnya, manakala seorang menyadari dirinya telah kehilangan ketajaman penglihatanya, biasanya sudah terlambat untuk mengejar kesempatan mendapatkan pengobatan. Sebagai contoh kasus adalah hilangnya penglihatan pada penderita glaukoma, suatu penyakit yang menyerang syaraf optik(saraf mata) dan mengakibatkan penyempitan lapang pandang. Umumnya penderita baru menyadari adanya blindspot (titik buta) saat kerusakan serabut syaraf sudah parah. Bila seluruh serabut syaraf rusak, kebutaan total tak terhindarkan.

Sejumlah gangguan mata dapat merupakan penanda awal dari diabetes. dalam dunia kedokteran dikenal istilah retinopati diabetika, dimana pembuluh darah retina yang rusak akibat diabetes akibat kebocoran dapat menyebabkan pembengkakan retina. Pada keadaan lebih lanjut bisa terjadi perdarahan dan pertumbuhan jaringan ikat didalam bola mata. Jika dibiarkan atau tidak ditangani segera dengan baik dapat menyebabkan gangguan penglihatan, bahkan kebutaan.

Comments
One Response to “Periksakan Mata 2 Kali Setahun”
  1. Haris Istanto berkata:

    Posting yang menarik, salam kompak dan semoga sukses.
    Silahkan kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru kami berjudul : “Sepeda motor hybrid, kenapa tidak?”, serta artikel lain yang bermanfaat, dan mohon diberi komentar.
    Terima kasih.

Tinggalkan komentar

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabung dengan 17 pelanggan lain
  • Increase Page Rank