Sering Menonton Televisi Bisa Memicu Asma


Biasanya menjadi kebiasaan anak – Anak ibu akan teriak “Ma, ma, aku mau nonton kartun” dengan sigap dia mengambil remote tv dan menyalakan benda kotak berwarna tersebut. Tapi setelah 3 jam berlalu, ia belum beranjak dari tempat duduknya! Wah! para Ibu jangan sampai ia keseringan menonton tv terlalu lama loh! Lalu kenapa?’

Penelitian terbaru dinggris menunjukan bahwa rutinitas menonton televisi sebanyak 2 jam sehari atau lebih dapat memicu serangan asma. Resikonya dua kali lipat dibandingkan dari anak – anak yang jarang nonton televisi.

Andrea Sherrift dari Unversitas Glasgow dan koleganya meneliti 3000 anak dari lahir hingga hampir berusia 12 tahun. Hasil studi tersebut menunjukan bahwa 6 persen anak tanpa gejala asma pada awalnya , ketika berusia 12 tahun tumbuh dengn gejala asma. Pada anak – anak yang menonton tv lebih dari 2 jam sehari, ditemui gejala asma dua kali lipatnya. ” temuan terkini menunjukan bahwa pola bernafas yang berasosiasi dengan kebiasaan duduk terus – menerus mengarah pada gangguan paru – paru dan nafas anak – anak.” kata Sherrift.

Jadi , Ibu! dari pada duduk didepan televisi, ajak anak main dan bersosialisasi dengan bermain diluar rumah, dengan berbagai permainan. Pasti menyenangkan!!!

Tinggalkan komentar

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabung dengan 17 pelanggan lain
  • Increase Page Rank