MANFAAT KUACI BAGI KESEHATAN & IBU HAMIL


KUACI

KUACI BAGI KESEHATAN

Siapa yang tidak mengetahui kuaci? Hampir semua pernah makan cemilan ringan satu ini. Ternyata, walaupun bentuknya kecil, namun banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Zat-zat gizi yang ada di dalam kuaci mampu menangkal kanker, memperbaiki dan/atau mencegah penyakit kardiovaskuler, hipertensi, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kuaci berasal dari biji tanaman bunga matahari. Tanaman yang berasal dari Meksiko dan Peru ini kemudian menyebar sejak tahun 1700 ke banyak negara. Tanaman bunga tersebut kemudian dibudidayakan secara besar-besaran di Jerman, Perancis, Rumania, Bulgaria, Rusia, Hongaria dan Amerika Serikat.

BUNGA MATAHARI

Mulanya tanaman bunga matahari dibudidayakan sebagai tanaman hias. Belakangan bijinya dimanfaatkan sebagai kuaci dan sumber minyak untuk produk kosmetika. Sentra tanaman bunga matahari berada di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kuaci merupakan sumber lemak sehat (tak jenuh) hampir 90%, vitamin, antioksidan, mineral, protein dan fitokimia yang sangat baik. Selain itu, biji bunga matahari mengandung lemak tak jenuh ganda (asam linoleat) dan tunggal (asam oleat), jenis lemak yang melindungi jantung. Studi klinis menunjukkan, makanan tinggi lemak tak jenuh lebih baik daripada makanan rendah lemak, karena meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan menurunkan LDL (kolesterol jahat).

Biji bunga matahari juga merupakan sumber vitamin E terkaya; seperempat gelas biji bunga matahari memberikan 90,5% dari kebutuhan harian vitamin E. Vitamin E adalah antioksidan dan anti radang; mengurangi gejala asma, osteoartritis dan rematoid arthritis, yang utamanya dipengaruhi oleh radikal bebas dan radang.

Asupan vitamin E yang cukup dapat menurunkan risiko berkembangnya plak pada pembuluh darah dan kanker kolon. Juga dapat mengurangi keparahan dan frekuensi rasa panas (hot flush) yang dialami wanita menopause dan komplikasi diabetes. Selain itu, kuaci juga banyak mengandung mineral bermanfaat; seperti fosfor (705-755 mg/l00 g), kalium (648-689 mg/100 g), kalsium (54-116 mg/100 g), natrium (3-99 mg/100 g), besi (6,77-7,28 mg/100 g), dan tembaga (0,69-1,75 mg/100 g).

Mineral kalsium dan fosfor sangat penting perannya dalam pembentukan massa tulang dan gigi, sehingga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. Keberadaan mineral kalium sangat penting untuk mengimbangi natrium. Kalium bersifat hipotensif, yaitu memiliki efek penurunan tekanan darah.

Nutrisi yang tidak kalah pentingnya dalam kuaci bunga matahari adalah fitosterol, salah satu fitokimia. Jika dikonsumsi dalam jumlah memadai, terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menyehatkan jantung, meningkatkan respon imun dan menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Sebuah penelitian menunjukkan, dari 27 kacang-kacangan dan biji-bijian yang paling sering dikonsumsi di AS, biji bunga matahari dan pistachio memiliki fitosterol tertinggi (270-289 mg/100 gr).

Biji bunga matahari juga kaya akan folat (sangat baik bagi ibu hamil) dan berbagai mineral seperti magnesium, selenium, tembaga, zinc, kalsium, dan zat besi.

Namun, walaupun kandungan kimia kuaci berperan besar bagi kesehatan, jumlah konsumsinya yang masih rendah dan tidak kontinyu menyebabkan sumbangan gizinya tidak berarti banyak bagi masyarakat. Menyadari pentingnya minyak pada biji bunga matahari, saat ini biji tersebut telah diolah menjadi sunbutter.

Sunbutter merupakan mentega dari biji bunga matahari yang dapat digunakan untuk memasak dan membuat salad. Pembuatan produk dari biji bunga itu telah dilakukan di Cina, Rusia, Eropa, dan juga Amerika Serikat. Saat ini biji bunga matahari banyak diolah menjadi minyak. Kelebihan minyak biji bunga matahari dibandingkan dengan minyak zaitun adalah minyak biji bunga matahari memiliki asam oleat (omega-9) yang lebih tinggi.(innk)

Comments
21 Responses to “MANFAAT KUACI BAGI KESEHATAN & IBU HAMIL”
  1. Griya Utama berkata:

    Asswrwb,
    Mengenai Bunga Matahari ini kami mempunyai Produk Olahannya, selengkapnya ada di http://sunflowerproduct.wordpress.com

    Salam Kenal dari Kami
    Griya Utama
    Pemasaran Produk Bunga Matahari
    di Jakarta utk Seluruh Indonesia
    021-84994277

  2. Utup32 berkata:

    Wah maksih ya mba susant, sy jd tambah pengetahuan nih….

  3. Riska berkata:

    Trim’s buat informasinya mba… ^_^ ternyata banyak banget manfaat dari Kuaci…

  4. Prince_yankee berkata:

    Wah baru tau aku nich 😀

  5. Dina berkata:

    wah,hbat yua mnfaat’y..sya bru tw bgtu bsar’y..info yg brmnfaat..

  6. nova berkata:

    thanks..infonya..

  7. Abu Ayaz berkata:

    wah, maaf ya,
    Tulisan diatas, sepintas bagi orang awwam, nampaknya bagus dan lmiyah.
    TAPI karena tidak disertakan sumber rujukan ilmiyah bahan tulisannya, maka tulisan ini benar2 tidak ilmiyah, dan boleh jadi jadi hanya karangan si pemosting di blog ini.

    Maka dari itu, dalam menulis sebuah artikel ilmiyah, JANGAN LUPA mencantumkan sumber rujukannya, dari buku apa?, halaman berapa? atau jika copas, sertakan alamat url link sumbernya.

    Mari kita menjadi orang yang mengemban amanah ilmiyah.
    Sebab, jika tidak amanah, maka boleh jadi kita hanyalah seorang pendusta.
    Allahul musta’an….

  8. boy pradana berkata:

    Sy ingin bertanya, apakahorg yg mengidap asam urat boleh mengkonsumsi kwaci bunga matahari? Krn tetangga sy yg mengidap asam urat stlh mengkonsumsi kwaci tsb, tidak lama kemudian jari-jari tangannya menhalami pembengkakakkan!

    • noven purba berkata:

      boleh tahu , siapa yg meneliti kuaci itu?

    • Susant berkata:

      hl tersebut bs terjadi mas., kuaci adlh masih terdolong kacang-kacangan yg didllmnya past banyak kandungan asam lemak jenuh n tak jenuh. Jika ad org yang mempunyai resiko kdar asm urat tinggi. mengkonsumsinya sedikitnyak akan mempengaruhinya. meski hal tersbut jrang terjadi.dan jg hrs dicari apa orang itu asam urat tinggi itu hanya karna konsumsi kuaci atau juga bersamaan makanan lain yg mbuat resiko asam urat naik..trims…

  9. noven purba berkata:

    adakah efek samping kuaci? karna saya konsumen berat kuaci
    mohon petunjuk jelasnya. thanks

  10. umi choirun nisa berkata:

    heheeeeeeeeeeee 😀
    bagus banget nih infonya …………. 😛
    thank’s ya infonya
    bisa bwt mom,,,,,,,,,, 🙂

  11. luar bisasa..!!! ternyata kuaci baxk banget y manfaatnya

  12. Rafik Tuasikal berkata:

    makasih infonya.. sangat bermanfaat. 😉

  13. whysooserious berkata:

    hmmm menarik… *sambil makan kuaci*

  14. Pod Zastaw berkata:

    I’m amazed, I must say. Rarely do I come across a blog that’s both
    equally educative and entertaining, and without a
    doubt, you’ve hit the nail on the head. The issue is something which not enough folks are speaking intelligently about. I am very happy I found this during my hunt for something relating to this.

  15. The process of acrylic nails French manicure
    is lengthy and it requires proper cleansing, mixing, sculpting and at last finishing touch.
    For this design you will need a light colored nail polish.
    This style is ideal for moderate or short-length nails.

  16. Juliane berkata:

    I am curious to find out what blog platform you’re using?

    I’m experiencing some minor security problems with my latest blog and
    I would like to find something more secure. Do you have any solutions?

  17. Hector Collins berkata:

    Hey! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that would be okay.
    I’m definitely enjoying your blog and look forward to new posts.

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] MANFAAT KUACI BAGI KESEHATAN & IBU HAMIL Pentingnya imunisasi tetanus toxoid bagi ibu hamil, Mengapa ibu hamil dianjurkan imunisasi tt(tetanus toxoid)? ya! mencegah penyakit tetanus bayi dilahirkan !. jadi bumil janganlah malas. […]



Tinggalkan komentar

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabung dengan 17 pelanggan lain
  • Increase Page Rank