Stimulasi Telapak Tangan dan Kaki, Cerdaskan Bayi baru Lahir


Anda pasti sering melihat Sikecil menggenggam tangan ibu atau ayah, Semua tangan yang menyentuhnya,segera saja ia akan genggam juga, ternyata ,bermain dengan telapak tangan dan kakinya dapat membuat kecerdasannya semakin meningkat. Bagaimana hubunganya dengan kecerdasan?. Saat anda bermain – main dengan telapak tangan serta kakinya bermanfaat pada rangsangan taktilnya (sentuhan). Anda merangsang maturitas otaknya melalui gerakan tangan dan kakinya. Serta meningkatkan kepandaianya karena rangsangan penglihatan ,pendengaran dan kedekatan sosial yang anda berikan selama berinteraksi dengan sikecil.

Refleks menggenggam pada tangan dan kaki bayi
Secara fisiologis gerakan ini telah ada sejak dalam  kandungan dan terjadi pada bayi baru lahir normal. Refleks – refleks ini merupakan pemekanisme proteksi bagi bayi dan persiapan untuk koordinasi gerakan yang lebih kompleks dikemudian hari sejalan dengan perkembangan usianya. Jika refleks ini tidak ada pada bayi, maka kemungkinan besar terjadi gangguan syaraf atau otot pada bayi. Refleks ini juga dikenal dengan palmar grasp. dan akan menghilang pada usia 5 -6 bulan.

Cara stimulasi telapak tangan dan kaki

  • Berikan stimulasi dengan rasa cinta dan kasih sayang sambil bermain, berbicara, bernyanyi, memandang matanya, bercanda dan tertawa.
  • Gunakan tangan atau jari – jari anda atau alat bantu /mainan yang sederhana, aman dan ada disekitar sikecil.
  • Letakan benda /mainan kecil yang berbunyi atau berwarna cerah misalnya rattless).di tangan atau disentuhkan benda tersebut pada punggung jari – jarinya.
  • Jaga agar benda tersebut tidak melukai bayi atau tertelan
  • Upayakan ia dapat meraba dan merasakan berbagai bentuk mainan/benda

Mengapa stimulasi pada bayi penting.

  1. Semakin sering di stimulasi maka semakin banyak sinaps atau sambungan sel- sel syaraf didalam otaknya. Bila stimulasi yang sesuai umurnya diberikan secara rutin sedini mungkin, maka sinaps akan semakin kuat dan sikecil akan semakin pintar dan cerdas.
  2. Kurang stimualsi akan memperlambat sambungan sinaps, yang akan menyebabkan lambatnya perkembangan sikecil
  3. Seringnya sikecil di stimulasi dalam suasana yang menyenangkan menyebabkan hubungan anda dan sikecil akan semakin kuat dan dekat
  4. Banyaknya variasi stimulus yang anda berikan akan membuat perkembangan otak kiri dan kanannya seimbang sehingga kecerdasannya pun akan semakin baik.(m&k).
Iklan
Comments
One Response to “Stimulasi Telapak Tangan dan Kaki, Cerdaskan Bayi baru Lahir”
Trackbacks
Check out what others are saying...


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

  • Increase Page Rank
%d blogger menyukai ini: