Sabun Antibakteri Dan Bahaya bagi Kehidupan lingkungan


sabun antibakteri

Beberapa hari lalu email dari INNAK yang bersumber dari detikhealth.com mengemukakan hasil penelitian tentang Sabun antibakteri yang banyak beredar dipasaran. Bahwa sabun antibakteri yang mengandung triclosan dan triclocarban ini dapat membahayakan kesehatan manusia dan juga lingkungan terutama menyebabkan polusi air dan tanah. Sebuah sisi lain dari keuntungan penggunaan sabun yang menjanjikan dapat membunuh kuman tersebut. Dan sebagai bahan referensi kita berikut kurang lebih isi dari artikel tersebut.

seperti Dilansir Medindia, Senin lalu, limbah triclosan dan triclocarban yang terbawa oleh air akan bercampur dengan tanah dan lingkungan air alami. Limbah triclosan dan triclocarban ini berbahaya karena tidak dapat terurai selama berbulan-bulan bahkan hingga tahunan. Bahan kimia dari senyawa ini terdiri dari struktur cincin benzena yang terklorinasi, sehingga membuatnya sangat sulit untuk dipecah atau terurai. Selain itu, kedua senyawa ini juga menolak air atau hidrofobik, cenderung menempel pada partikel, sehingga mengakibatkan penurunan ketersediaan proses dan merusak fasilitasi transportasi jangka panjang dalam air dan udara.Bahkan sebuah studi menemukan bahwa akumulasi triclosan di air menyebabkan pencemaran di pantai yang akhirnya mengancam kehidupan lumba-lumba.

Selain hal diatas penelitian -penelitian sebelumnya tentang efek sabun anti bakteri juga sudah banyak dilakukan dan hasilnya mengatakan ;

  • Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sabun antibakteri yang mengandung Triclosan dan Triclocarban diduga dapat merusak organ reproduksi, menurunkan kualitas sperma, sertaproduksi tiroid dan hormon seks. Kedua zat tersebut telah dikaitkan dengan gangguan endokrin, dengan dampak potensial yang merugikan perkembangan seksual dan saraf.
  • Triclosan juga sering dipakai dalam pasta gigi dan kosmetik. Bahkan saat pertama kali ditemukan 50 tahun lalu, senyawa ini juga digunakan untuk membersihkan permukaan kulit saat operasi. Dan Penelitian lain menemukan bahwa kandungan triclosan pada pasta gigi yang seharusnya dapat mencegah pertumbuhan bakteri, malah dapat menyebabkan kuman-kuman makin kebal terhadap antibiotik. Yang diperkuat dari Penelitian laboratorium menunjukkan senyawa ini dapat menyebabkan mutasi gen pada beberapa jenis bakteri, di antaranya E coli, salmonella dan listeria.  Sehingga dikhawatirkan mutasi itu akan membuat pengobatan infeksi menjadi tidak efektif.
Iklan
Comments
One Response to “Sabun Antibakteri Dan Bahaya bagi Kehidupan lingkungan”
  1. Alfa Rahmah berkata:

    artikel bagus,
    Izin share di page kami di facebook ya
    Silakan kunjungi page kami [Shopie Green] atau blog Shopie Green di http://produkperawatanorganik.blogdetik.com

    Terima kasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

  • Increase Page Rank
%d blogger menyukai ini: