Bahaya Produk Bayi Yang Mengandung Phthalate


Untuk keperluan buah hati anda apalagi yang masih bayi pasti memerlukan banyak produk-produk bayi utamanya seperti bedak, shampo, dan produk pelembab . Dan akhir-akhir ini bahwa banyak produk-produk bayi tersebut ditenggarai mengandung bahan kimia buatan yang dikenal dengan Phthalate.  Phthalate sendiri merupakan bahan kimia yang ditambahkan kedalam adonan plastik untuk memperhalus tekstur. namun beberapa diantaranya digunakan pada produk kecantikan temasuk bedak, berfungsi mempertahankan keharuman.

Seperti dikatakan  pada sebuah penelitian di Universitas Washington, Seattle, USA ‘ bayi yang menggunakan ketiga jenis produk diatas terpapar phthalate 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak menggunakanya’. Dan Juga mengungkapkan bahwa bayi yang yang menjadi partisipan penelitian menunjukan setidaknya ditemukan satu metabolit phthalate dalam urinya, walaupun bayi tersebut tidak menggunakanya secara langsung ketiga produk-produk tersebut. Selain itu Phthalate disinyalir dapat menjadi pemicu kanker karena bersifat karsiogenik, gangguan sistem saraf, liver, dan gangguan sistem reproduksi. Bahkan pada manusia yang terpapar phthalate sehak dini dan dalam waktu jangka lama, akan mengalami keterlambatan pubertas. Komisi UNI Eropa juga telah memasukan Phthalate termasuk zat-zat yang berbahaya sehingga diklasifikasikan sebagai racun.

Seperti produk Non parfum juga tidak bebas phthalate, karena bahan kosmetik apapun akan menggunakan tabi pengharum yang juga menggunakan bahan kimia lain. Meski penelitian tersebut masih perlu dikaji ulang dengan penelitian-penelitian lanjutan, namun alangkah sebaiknya kurangi pemakaian dari ketiga jenis ‘produk perawatan’ tersebut. karena sebenarnya bayi baru lahir belum sama sekali memerlukan shampo, bedak dan pelembab, terutama untuk bayi yang mempunyai kulit normal.

Penting juga diperhatikan oleh orang tua, jangan menggunakan kosmetik hanya karena ikut-ikutan saja. Kenali jenis kulit anak sesuaikan dengan kebutuhanya dan akan lebih baik jika kita berkonsultasi dengan dokter mengenai kesehatan bayi dan penggunaan produk bayi kosmetik dalam keseharianya.(m&k)

Baca Juga;
1. ada Baby monitor untuk mengenali perasaan bayi
2. Cara stimulasi permainan tangan yang cerdaskan bayi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

  • Increase Page Rank
%d blogger menyukai ini: