Hati-Hati! Printer Laser bisa sebabkan Kanker


Dari benda tubuh manusia, sekarang kita beralih ke benda elektronik,.. dan yang jelas masih dengan pengaruhnya terhadap kesehatan. Seperti bahasan sebelumnya tentang komputer, Laptop dan Handphone(Hp). Ini tentang hati-hati memilih dan menggunakan printer dalam kerjaan sehari-hari. Sekarang memang sudah banyak digunakan printer laser yang memiliki berbagai keunggulan daripada printer biasa alias printer jadul!!. Namun menurut studi para peneliti dari Queensland Unversity of tehnology Australia, beberapa printer laser mengeluarkan polusi partikel polutan yang bisa bersarang pada paru-paru dan mengancam kesehatan manusia.

Beberapa merk printer terkenal juga dianggap mengeluarkan terlalu banyak  toner (bubuk untuk mencetak) ke udara sehingga jumlah polutan bisa meningkat sampai lima kali pada jam kerja. Dengan menghirup partikel polutan tersebut  dapat menyebabkan iritasi pada sistem pernafasan. Jika dalam jangka waktu lama dapat membuat kerja jantung semakin berat yang meningkatkan resiko penyakit jantung dan kanker. Sementara itu partikel pulutan yang lebih besar juga sangat berbahaya meskipun tidak sampai ke organ paru bagian dalam. Namun memiliki kandungan racun yang lebih banyak.

Penggunaan toner baru dan proses mencetak yang berat juga semakin meningkatkan kuantitas partikel polutan ini. Namun memang tidak semua printer laser beresiko terhadap kesehatan. Karena dari seluruh printer laser yang diteliti, 37 persen tidak mengeluarkan partikel yang berbahaya. Nah! untuk menjaga kesehatan keluarga sebaiknya anda berhati- hati dalam memilih dan menggunakan barang elektronik apapun termasuk printer utamanya yang digunakan dirumah. (BBC/m&k)7FHK24YNEDJG

Iklan
Comments
2 Responses to “Hati-Hati! Printer Laser bisa sebabkan Kanker”
  1. Devo Avidianto P berkata:

    wah bahaya juga ya printer laser tapi makasih nih infonya 😀
    bermanfaaat
    Salam Kenal 🙂

  2. rian berkata:

    makasih om,,wah baru tau nh,,nice info,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

  • Increase Page Rank
%d blogger menyukai ini: