Penggunaan Pospak Bisa Jadi Berbahaya


Ditengah banyaknya saling klaim isu lingkungan antara pengunaan pospak dan popok kain,  kini banyak bermunculan merek-merek pospak dengan promosi berbagai kelebihanya.  Memang hingga kini, pospak atau popok sekali pakai masih diperdebatkan yang seperti dua mata pisau,bermanfaat tapi sekalius merugikan lingkungan. Disini penulis ingin membahas tentang fakta dan teori pospak dalam beberapa tahun. Hal dibawah ini bisa sebagai pertimbangkan dalam penggunaan pospak yaitu sebagai berikut:

BOROS UANG

Dibandingan dengan popok kain, harga pospak lebih mahal. Bayi akan membutuhkan pospak sampai 6000 buah dalam jangka waktu 2,5 tahun. Sedangkan, dengan menggunakan popok kain hanya sekitar 20-50 buah saja.

BAHAYA UNTUK BAYI

  • Pospak gampang mengiritasi kulit, terjadi kemerahan dan reaksi alergi lain karena kurangnya sirkulasi udara dan tertahanya amonia dari pecahan bakterial urin yang menyebabkan iritasi berlanjut.
  • Penggunaan bahan kimia pada pospak masih banyak diluar kontrol pemerintah dan badan uji. Sehingga tidak tahu efek jangka panjang pada kulit untuk 2,5 tahun kedepan
  • Pospak bekerja sangat baik,yakni berdaya serap tinggi. sehingga, bayi nyaman karena kering. Sayangnya, bagi bayi yang agak besar menjadi malas diajarkan toilet training sejak dini.
  • Tahun 2000, BBC melaporkan bahwa ada sebuah studi di Jerman mengatakan pospak dikaitkan dengan ketidak suburan lelaki dan kanker testis. panelitian itu menyebutkan bahwa bahan plastik pelapis pospak itu melemahkan testis dan meningkatkan temperatur skrotum satu derajat. Hal inilah yan mempengaruhi perkembangan sistem reproduksi anak laki-laki kelak.
  • Berdasarkan jurnal medis inggris menyebutkan bahwa bayi yang menggunakan pospak mempunyai masalah pinggul utamanya masalah merangkak dan berjalan
  • Penelitian di Amerika tahun 1999 bahwa pospak berhubungan dengan asma. Karena dalam pospak terdapat ditemukan zat alergen yang berhubungan dengan masalah iritasi mata,hidung,tenggorokan termasuk asma.

BAHAYA UNTUK IBU

Karena pospak ini lama mengurai dalam tanah, maka bagi ibu utamanya yang sedang hamil dan tinggal kurang lebih 3 KM dari daerah kontaminasi pospak, bisa melahirkan bayi abnormal seperti bayi gangguan spina bifida dan serangan jantung

BAHAYA UNTUK LINGKUNGAN

Pospak menggunakan 90 kali dari sumber yang bisa diperbaharui, misal bubur kayu, dan 8 kali sumber yang bisa diperbaharui misal satu cangkir minyak mentah. Tidak ada satupun yang tahu kapan pospak akan terurai dalam tanah. Dicurigai bisa ratusan hingga ribuan tahun bisa membusuk. Sedangkan ada 6000 pospak digunakan setiap bayi, apa itu bagus untuk lingkungan? bayangkanlah!

Iklan
Comments
4 Responses to “Penggunaan Pospak Bisa Jadi Berbahaya”
  1. julianusginting berkata:

    mengamankan pertamax….(blm py baby sih…tp perlu dipertimbangkan.. 🙂 )

  2. Have you recently experienced the end of your relationship.
    Instead act against your feelings and allow them the space they need.
    One of the signs that your ex boyfriend is still in love with you
    is if he often contacts you.

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] lemak yang dapat diturunkan dari minyak atau lemak dengan direaksikan dengan alkali (seperti natrium atau kalium hidroksida) pada suhu 80–100 °C melalui suatu proses yang dikenal […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

  • Increase Page Rank
%d blogger menyukai ini: