4 Fakta Penting Tentang Pap Smear Dan Tes IVA!


Setelah mengenal lebih dekat pada bahasan lalu tentang pentingnya pap smear bagi wanita, kini berikut ini hanya menambahkan fakta penting yang harus dilakukan berhubungan dengan pemeriksaan Pap Smear.;

  1. Perempuan yang termasuk faktor resiko tinggi tetap hanya dianjurkan melakukan pap smear satu tahun sekali. Kecuali bila pernah Pap smear dan didapatkan hasil sebelumnya ada pemeriksaan abnormal, maka dianjurkan untuk melakukan pap smear lebih sering atau sesuai petunjuk dokter
  2. Wanita yang sudah diangkat kandungannya tanpa disetai pengangkatan mulut rahim tetap disarankan melakukan pap smear setahun sekali.
  3. Wanita yang menopause tetap beresiko menderita kanker serviks/leher rahim, sedangkan mereka yang menopause masih memiliki leher rahim di haruskan tetap melakukan papsmear seperti wanita lainnya.
  4. Mereka yang sudah berusia diatas 67 tahun baru boleh berhenti pap smear jika dalam 2 test sebelumnya berturut- turut hasilnya normal.



TES IVA

Ada jenis tes lain yang bisa digunakan untuk mendeteksi keabnormalan sel-sel pada mulut rahim yang terangkum pada pernyataan dibawah ini;

  • Test  IVA menyerupai tes pap smear, namanya yaitu tes IVA ( Inspeksi Visual dengan Asam Asetat).
  • Tujuanya sama; Pemeriksaan penpisan/skrining terhadap kelainan prakanker dimulut rahim. perbedaanya terletal pada metode yang lebih sederhana dan keakuratannya. Pemeriksaan IVA bisa dilakukan kapan saja, dalam keadaan haid ataupun sedang minum obat-obat tertentu.
  • Tes IVA dapat dilakukan oleh bidan terlatih. Pemeriksaan dilakukan dengan memoles mulut rahum menggunakan asam cuka, kemudian dilihat apakah ada kelainan seperti perubahan warna yang berwarna pink berunah menjadi putih. Perubahan warna seperti ini bisa dilihat dengan kasat mata.
  • Umumnya Tes IVA dilakukan dinegara yang sedang berkembang atau didaerah terpencil yang jauh dari laboratorium (m&k)

Other Keywords;
asam asetat, fakta tentang pap smear, fakta tentang tes IVA, inspeksi visual, IVA, jenis pemeriksaan kanker serviks, jenis tes, jenis tes prakanker, Pap smear, pemeriksaan IVA, tes serviks, tes untuk perempuan, tes wanita

Comments
One Response to “4 Fakta Penting Tentang Pap Smear Dan Tes IVA!”
  1. wah ini artikel untuk cewek nih. 😀

Tinggalkan komentar

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabung dengan 17 pelanggan lain
  • Increase Page Rank