Kurang Tidur,Obesitas Bisa Serang Anak Dan Remaja


Memang sebagai orang tua penting kiranya bila sibuah hati waktunya tidur, sebisa mungkin biasakan dia menaati waktu tidurnya. Kalau perlu atur jadwal tidurnya, untuk melatih kedisiplinanya. Karena seperti penelitian dari National Center for Health Statistics(NCHS) pada tahun 2008,yang menyebut pola tidur tidak teratur menyebabkan kegemukan. Setelah juga penelitian tentang obesitas dini yang bisa  berakibat  fatal pada pembahasan sebelumnya. Untuk waktu tidur ini bahkan juga di bahas dalam pertemuan rutin tahunan Pediatric Academic Societies menyimpulkan hal yang sama; kurang tidur terkait dengan tinggi indeks masa tubuh atau BMI, yang menjadi salah satu ciri kegemukan/ obesitas.

Dan studi baru dari Seattle Children’s Research Institute, yang mengukur gerakan dan menilai pola tidur, dan asupan kalori terhadap anak praremaja dan remaja. Mereka mengunakan Accelerometer untuk menentukan tingkat aktifitas dan menjawab serangkaian pertanyaan mengenai asupan makanan, waktu tidur, selama seminggu dan akhir pekan. Ternyata, hasil penelitian menunjukan bahwa anak laki-laki sekolah menengah memiliki BMI tinggi akibat kurang tidur. Begitu pula dengan anak remaja perempuan, BMI-nya juga meningkat akibat kurang tidur pada akhir pekan. Disebutkan pula 33 persen dari mereka yang tidur kurang dari 6 jam, menderita kegemukan. Sementara mereka yang tidur teratur 7-8 jam permalam, sangat minim mengalami obesitas.

Parahnya, mereka yang kurang tidur itu juga beresiko terkena diabetes, tekanan darah tinggi, hingga depresi yang terjadi dalam pertambahan usianya. Resiko itu bisa juga diakibatkan tingkat stress, asupan kalori, serta aktifitas selama kurang tidur. Nah! jadi jangan remehkan jam tidur ya, Karena saya juga jago tidur ..hehe…(healthnews.m&k)

Iklan
Comments
21 Responses to “Kurang Tidur,Obesitas Bisa Serang Anak Dan Remaja”
  1. armouris berkata:

    info tentang kurang tidur di SIHAT SELALU Kanser Angkara Kurang Tidur

  2. cynthia berkata:

    selain kurang tidur kita juga harus menjaga asupan makanan juga ya jd ga semabrangan itu bahaya juga sie

  3. arienta berkata:

    iya sie sampai susu anak saya pun saya berikan yg ga manis tanpa gula tambahan ….saking takutnya anak saya jadi obesitas, ternyata dr kurang tidur juga bisa juga ya

  4. clara berkata:

    iya nyangkain karna kebanyakan makan aja anak bisa obesitas, ternyata kurang tdr juga bisa…

  5. sheila berkata:

    iya yah, kok kurang tdr juga bisa bikin gendut, padahal da larang anak ngemil yg manis2, eh ga taunya jadwal tidur juga harus diatur

  6. regina berkata:

    wah klo kebanyakan tdr bikin gendut juga ga yah??? Harus jaga makan, nolak ngemil ama olahraga nih…

  7. agni berkata:

    yang bener si sebenernya harus hidup seimbang…..makan teratur, tidur teratur, makan juga dijaga yg bergizi dgn sayur dan buah, banyakin minum air putih terakhir kurangi ngemil……

  8. ayu berkata:

    pantesan dulu aku sempet kegemukan gara” sering begadang dan palingan tidur sehari cuma 3-4 jam aja…..saking keasikan nonton dvd sambil ngemil chips dll….untungnya sejak punya anak dan banyak baca aku jadi tau klo ngemil kebanyakan itu ga baik krn kandungan bahan kimia spt msg, pengawet, gula buatan, pewarna…..itu kalo kebanyakan dkonsumsi ya itu bisa obesitas bahkan diabetes….

  9. Maya berkata:

    waduh pantesan aja suamiku obesitas… sering begadang toh penyebabnya.. hihihi…

  10. Sherly berkata:

    wow baru tahu kalau kurang tidur juga bisa menyebabkan anak obesitas ya. mesti atur pola makan dan juga tidur dong ya berarti untuk mencegah si buah hati obesitas.

  11. Cinta berkata:

    mesti pintar ya kira sebagai orang tua. jangan sampai salah memberikan makanan dan harus menjaga pola tidur anak.

  12. sitti nabilla berkata:

    info baru nih buat aku, baru tau kalau kurang tidur bisa memacu anak jadi obesitas..tapi anakku hampir setiap hari tidur siang tapi tetep aja badannya gemuk ( lebih gemuk untuk ukuran anak sepantarannya ) dan pola makannya juga sudah saya atur..apa ada pengaruh dari susu formulanya??

    • nuraini berkata:

      bisa jadi bunda..coba aja cek di keterangan kandungan nutrisi susu yg diminum anaknya..seberapa besar gulanya..?
      kalau kadar gulanya tinggi,ada kemungkinan anak gemuk karena konsumsi gulanya berlebih..
      kalau anakku sih minum susu anmum essential,yg gulanya 0 gram,jadi sejauh ini berat badannya normal2 aja..

  13. anissa zhafira berkata:

    berikan anak 4 sehat 5 sempurna setiap harinya dan jangan lupa berikan juga susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya..tapi jangan salah pilih loh dalam menentukan susu yang baik untuk anak bunda.

  14. linda tsuji berkata:

    anakku yang kecil kalau tidur itu malam sekali bisa jam 11 kadang 1/2 12..sudah dibujuk kaya apa juga susah sekali untuk tidur, begitu juga dengan tidur siang, biar udah cape pulang sekolah tetep aja ga mau tidur siang..fyuhhh..suka cape + sedih juga sih kadang2!! apa itu bsia menjadi penyebab anak jadi obesitas??

  15. graciasgrace berkata:

    wah.. pola tidur tidak teratur juga bisa menyebabkan kegemukan yah?
    gedean mana ya dampaknya sama pola makannya gak teratur?

    • linda berkata:

      kayaknya gedean dampak pola makan gak teratur deh bunda..
      apalagi kalo keseringan nyemilnya daripada makan sehatnya..
      pasti deh bakal bisa banget jadi obesitas..
      cemilan kan banyak zat2 tambahannya..kaya gula,msg,dll..

  16. puspa berkata:

    anakku baru mau tidur siang,kalo akunya ikutan tidur juga..jadilah aku harus pura2 tidur dulu biar dia mau tidur..
    lain lagi kebiasannya kalo malem..dia baru bisa tidur kalo ngedot susu n di setelin dvd kesayangannya..
    tapi aku suka gak bolehin dia ngedot susu lama2,soalnya takut giginya rusak..
    kan susu anak itu manis..

  17. HarLea Thomas berkata:

    Iya benar-benar…baru2 ini juga sih bacanya..gak nyangka banget deh. kirain kelebihan karbo ajah ^^

  18. Love Nyca berkata:

    penyakitnya itu akibat dari obesitasnya yah…ih seram yah…
    gak cuma makanan yang mesti dijaga, ternyata waktu tidur juga mesti dijaga yah

  19. Caroline Dhea berkata:

    Wah saya pikir cuma karna kebanyakan protein/karbo/gula yang bisa membuat obestias…ternyata kurang tidur juga yah…
    waduh mesti membiasakan anak tidur yang cukup nih
    makasih sharingnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

  • Increase Page Rank
%d blogger menyukai ini: