CARA MENGEJAN YANG BAIK SAAT MELAHIRKAN


Menunggu Setelah Pembukaan Lengkap

  • Mengejan baru boleh dilakukan setelah pembukaan lengkap; yaitu mulut rahim sudah membuka kira – kira 10 cm .Jika para calon ibu mengejan sebelum pembukaan lengkap, bisa – bisa mulut rahim mengalami pembengkakan dan bisa menghambat proses pembukaan dan berujung pada lamanya proses persalinan.Juga agar para ibu tidak kehabisan tenaga karena kelelahan pada waktu tiba sebenarnya waktu untuk mengejan. Jika memang belum terjadi pembukaan lengkap, pada setiap kontraksi para ibu harus menarik nafas panjang untuk menghindari rasa ingin mengejan dan mengurangi rasa nyeri kontraksi

Ikuti Aba – aba Dokter

  • Untuk itu para Ibu harus mengikuti komando dari dokter kandungan atau bidan. Setelah pembukaan lengkap,saat inilah ibu diijinkan mengejan. Pada saat terjadi kontraksi ,ibu disuruh mengejan untuk menambah daya dorong. Begitu mendengar aba -aba mengejan, Tarik nafas panjang, mengejanlah dengan kuat sambil menghembuskan nafas, Setelah itu istirahat sambil bernafas pendek – pendek lewat mulut. Dengan mengejan efektif, dibutuhkan kurang dari lima kali mengejan untuk melahirkan bayi.

Hal -Hal yang perlu diperhatikan saat mengejan yaitu:

  • Menunggu waktu yang tepat
  • Simpanlah tenaga pada saat pembukaan 10
  • Aturlah nafas yang baik sesuai aba – aba dokter atau bidan
  • Untuk persiapan mengejan,hirup sebanyak – banyaknya udara agar dapat mengejan dalam waktu lama.
  • Jika dirasa kontraksi/mulas sudah cukup kuat , maka barulah mengejan
  • Pikiran harus rileks. Jangan tegang atau panik, karena akan sulit berkosentrasi dan membuat sulit mengejan hingga merasa proses persalinan terasa sakit 2 kali lipat
  • Arah mengejan harus benar. Arah mengejannya kedubur seperti pada saat buang air besar,karena disana tempat otot-otot panggul yang berfungsi untuk mendorong.
  • Mata tidak boleh terpejam. Selain untuk melihat dan mengontrol apa yang harus dilakukan juga agar pembuluh darah disekitar mata tidak pecah.Usahakan selalu melihat ke perut
  • Jangan pernah mengangkat pantat saat mengejan karena dapat merobek vagina   (m&k)

 

artikel sebelumnya;

  1. Cara Atasi kaki bengkak saat hamil
  2. Kegagalan kehamilan & persalinan karena lemahnya leher rahim
  3. Cara hilangkan strechmark setelah melahirkan
  4. Bahaya Keputihan akibat infeksi bagi kehamilan
Comments
17 Responses to “CARA MENGEJAN YANG BAIK SAAT MELAHIRKAN”
  1. detisudito berkata:

    thx…

    • teti berkata:

      Waktu melahirkan anak pertama saya belum mengetahui informasi seperti ini.Sehingga saya kehabisan tenaga waktu melahirkan. Smoga untuk anak kedua saya bisa mempraktekkannya. Terimakasih ya….!

    • agung fitri berkata:

      semoga anak kami yang pertama di lahirkan dengan alami.lancar,sehat dan ibunya bisa menjalani persalinan dengan lancar sehat dan kuat,,terima kasih atas tips yg sgt berharga bagi kami..

  2. Lhea Mirza berkata:

    sangat bermanfaat….makasih

  3. Ahmad Ghozali berkata:

    makasih infonya sangat bermanfaat buat saya dan istri.saat ini saya dan istri sedang menunggu kehamilan anak pertama.

  4. mojang sunda berkata:

    nga ada cara melahirkan nya ya

  5. Deno berkata:

    Tambah info lagi.

  6. lina nender berkata:

    thanx atas infonya,,info ini sangat bermanfaat buat saya,karna 2 bulan lagi saya akan menjalani persalinan,mudah-mudahan saya bisa melakukanya dengan baik dan sama seperti infonya,agar tidak terjadi hal-hal yg tidak di inginkan…
    Tolong doakan saya ya,biar semuanya lancar dan Tuhan selalu menyertai.

  7. Nur Aini berkata:

    alhamdulillah akhirnya dapat jg artikel ini…dan membantu untuk qu………….

  8. ulfa berkata:

    terima kasih banyak infonya,,saya sudah 9 bulan dan menunggu hari persalinan itu datang … semoga dengan informasi ini menjadi banyak manfaatnya untk saya jadi lebih siap …

  9. May berkata:

    info yang sangat bermanfaat,,,buat yg dh ngasih artikel ini trimakasih banyak,insyaallah bulan depan saya melahirkan,minta doanya yaaa

  10. eyang sepuh berkata:

    infonya bagus..mudah2an nnti pada sa’at proses itu terjadi bisa mempermudah proses melahirkan.,insya allah dua bulan lgi istri saya melahirkan.,smoga allah menjaga anak dan istri saya..amiien…mohon do’anya,.dan untuk sipembuat blog ini..smoga didekap oleh tangan2 tuhan yg maha kasih..,amiien.,thanksz.,

  11. makasih ats imponxa yah semoga saya doa kan persalinan nxa lebih baik dan lancar amin

  12. makasii infonya.. uda masuk 37 minggu mau ke 38,, tanda2 lahirannya uda mulai muncul.. mudah2an pas melahirkan masih ingat tipsnya aminn

  13. anis berkata:

    Terima kasih infonya…smg persalinan yang ketiga saya nanti lancar dan normal…agak deg”an soalny yang pertama saya cesar tp syukur yg kedua normal.skr nunggu kelahiran anak ke tiga…minta doanya buat semua yg baca artikel ini…trima kasih…

Tinggalkan komentar

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabung dengan 17 pelanggan lain
  • Increase Page Rank