Persalinan Prematur Bisa Akibat Sakit Gigi Saat hamil!


Untuk para ibu-ibu yang pernah menjalani kehamilan, pasti banyak merasakan keluhan-keluhan wajar didalamnya. Dari gejala populer; mual,muntah,ngidam,badan tersa pegal-pegal,malas makan,kadang susah tidur atau sampai sering buang air kecil. Keluhan lainnya yang juga sering ada pada beberapa bumil adalah peradangan gusi (ginggivitis) yang kadang timbul mendadak akibat perubahan kondisi hormonal selama kehamilan. dari keluhan gusi bengkak,mudah berdarah dan timbul nyeri. Namun siapa sangka akibat masalah gigi atau peradangan gusi jika tidak ditangani dengan baik bisa sebabkan persalinan prematur bayi. Nah untuk menilik lebih lanjut kita lihat sedikit penjelasan dari Dr.Iskandar.M,SpOG. berikut ini;

Masalah gusi ini sering terjadi dimulai pada trimester pertama, dan Kondisi yang paling buruk peradangan biasanya terjadi pada trimester ketiga (sekitar UK 8 bulan). Dan saat usia kehamilan 9 bulan, biasanya masalah gusi akan berkurang seiring penurunan hormon bumil. Selain pengaruh hormonal, kebiasaan ngemil dan frekuensi makan yang lebih sering bisa menyebabkan penumpukan plak lebih cepat sehingga mudah terjadi lubang gigi (karies). Tingkat keasaman rongga mulut akibat muntah-muntah yang biasa disebut morning sicness juga mengakibatkan rentan erosi email gigi. Jika sudah sampai pada kesulitan menelan dan susah makan, resiko bayi lahir rendah juga tinggi.

Atau jika sebelum hamil ibu sudah mempunyai gigi berlubang yang tidak segera ditambal, dampaknya bisa lebih berat saat kehamilan. karena lubang gigi disebabkan kuman streptoccocus mutans yang dapat menyebar melalui aliran darah dan menuju jantung, disini gangguan jantung juga bisa terjadi. Pada masalah peradangan/masalah pada gigi dan gusi tersebut juga dapat merangsang tubuh meningkatkan hormon prostaglandin (semacam hormon sensor reaksi radang pada tubuh). Dan parahnya efek hormon ini pada rahim adalah penyebab kontraksi. Sehingga resiko kelahiran/persalinan prematur pada trimester pertama dan kedua bisa terjadi (usia kehamilan dibawah 28 minggu).

Dan Untuk pencegahan, pada artikel mendatang kita bahas tip merawat gigi untuk ibu hamil. (m&k)

Baca juga;
Cara nikmat tingkatkan kesehatan gigi dan gusi
Malas gogok gigi=penyakit stroke dan jantung
resiko penggunaan pasta gigi pada otak janin

Iklan
Comments
2 Responses to “Persalinan Prematur Bisa Akibat Sakit Gigi Saat hamil!”
  1. Andi Wanty Arass berkata:

    rasa nyeri yg dirasakan pda BUMIL sehingga mnyebabkan kontraksi bayi lahir PREMATUR.

  2. emmahulk berkata:

    aku hamil 6 bulan nih, baru sakit gigi skrg gara2 ada yang bolong, trus dikasih obatnya sanmol gtu. agak ngeri yaa klo kaya gini…
    oh yaa salam kenal, boleh liat juga wp aku yaa…
    http://bit.ly/2wfKmcf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

  • Increase Page Rank
%d blogger menyukai ini: