30 Penyakit Akibat Pemanasan Global, Waspadalah!


Berdasarkan data organisasi kesehatan dunia (WHO) tercatat ada sebanyak 30 penyakit baru yang muncul sepanjang tahun 1976 – 2008 akibat perubahan iklim dan pemanasan global.

Munculnya penyakit ini akibat temperatur suhu panas bumi yang terus meningkat. Penyakit yang paling jelas kelihatan adalah demam berdarah, Kolera, Diare, Dan Virus Ebola yang sangat mematikan. Menurut WHO masalah kesehatan akibat pemanasan global ini lebih dirasakan oleh negara – negara berkembang yang sebagian masih miskin karena minimnya dana. Sehingga tidak mampu melaksanakan berbagai program persiapan dan tanggap darurat. Untuk mengatasi dampak buruk perubahan iklim terhadap kesehatan manusia itu, tidak bisa dilakukan sendiri oleh masing – masing negara. Upaya itu baru akan berhasil jika dilakukan melalui kerja sama gobal, seperti misalnya meningkatkan pengawasan dan pengendalian penyakit-penyakit infeksi, memastikan penghematan air tanah yang kian surut, dan menkoordinasikan tindakan kesehatan darurat. Itu semua itu penting dilakukan karena perubahan iklim ini jelas – jelas akibat dari kegiatan manusia yang tak peduli terhadap keseimbangan alam, yang kemudian berefek serius terhadap kesehatan publik. Selain menyebabkan gangguan kesehatan, perubahan iklim dunia  juga banyak menimbulkan berbagai bencana alam yang sangat besar.

Jadi, ayo! jangan ragu, selamatkan bumi sekarang juga! Mulailah dari hal sederhana yang bisa kita dan keluarga lakukan. Misalnya menghemat listrik dan air, mengurangi penggunaan kantong plastik, memilah – milah sampah sesuai jenisnya dan sebagainya.(m&k’09)

Comments
One Response to “30 Penyakit Akibat Pemanasan Global, Waspadalah!”
  1. pasien berkata:

    harus ada gerakan penyadaran dan kelompok 2 kegiatan,…misalnya kelompok kebersihan, kelompok penghijauan, dll

Tinggalkan komentar

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabung dengan 17 pelanggan lain
  • Increase Page Rank