TIP KURANGI BAHAYA IBU HAMIL PEROKOK PASIF BAGI BAYI


Hasil penelitian terbaru dari journal of the college of Cardiology edisi 2008 , mengungkapkan bahwa berada 30 menit lamanya dalam ruangan penuh asapa rokok dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang cukup berat. sehingga akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Dampak Negatif

Pengaruh yang paling sering adalah bayi dengan berat badan lahir rendah, kelahiran prematur, keguguran ,gangguan pembuluh darah janin, sampai kecacatan permanen.

Dari terlalu seringnya terpapar asap rokok yang berkepanjangan membuat kondisi suplai oksigen yang kurang baik serta berat badan yang rendah, otomatis dapat mempengaruhi perkembangan organ (maturitas). Dan jika penyaluran oksigen ke otak terhambat, kemungkinan terjadinya gangguan pada kecerdasan si anak kelak.

Asap Rokok Beracun

Lalu apa saja kandungan asap rokok? ternyata asap rokok mengandung 4000 bahan kimia beracun, 43 diantaranya bersifat karsinogen (penyebab kanker). Zat – zat berbahaya itu antara lain; nikotin, tar, CO, dan sebagainya. Nikotin dapat merusak jantung dan sirkulasi darah. Selain itu , nikotin juga membuat kecandun , tar membuat rusaknya sel – sel dari paru – paru dan menyebabkan kanker.Sedangkan CO(karbonmonoksida) mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen.

TIP Mengurangi resiko bahaya rokok bagi janin

Kandungan asap rokok merupakan polutan yang terbanyak disekitar ibu hamil, oleh karenya alangkah baiknya bumil melakukan tip kurangi bahaya rokok bagi janin berikut ini;

  • Menghindari ! sebisa mungkin untuk berusaha menjauh jika melihat orang yang sedang merokok
  • Jika sedang berada diarea umum dan sudah jelas ada larangan merokok , tak perlu ragu dan sungkan untuk menegur orang yang tengah merokok!
  • Jika perlu gunakan masker untuk mengurangi jumlah asapa rokok yang terhirup
  • Tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi
  • Selama kehamilan , pantau terus perkembangan janin, misal apakah berat badan nya sesuai dengan umur kehamiln. Sehingga ,gangguan yang terjdi dapt dideteksi dan ditangani sejak dini.
  • Jika perlu bentengi diri dengan asupan vitamin anti oksidan seperti vitamin C dan E yang banyak di dalam sayuran atau buh atau tablet.
Iklan
Comments
2 Responses to “TIP KURANGI BAHAYA IBU HAMIL PEROKOK PASIF BAGI BAYI”
  1. APRILLIAN PRAVITA SARI berkata:

    memang menjaga kesehatan untuk bayi sangat penting!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

  • Increase Page Rank
%d blogger menyukai ini: