Konsumsi Kol Saat Menyusui Dapat Memperlancar Asi


Saat meyusui para ibu dianjurkan makan berbagai sayuran karena mengandung berbagai vitamin seperti  asam folat, vitamin C, provitamin A, dan mineral seperti Calsium, Natrium, Chlore, dsb. Kandungan vitamin dan mineral di dalam sayuran dapat memperbaiki kualitas dan kuantitas ASI.

Salah satunya adalah sayuran Kol, baik Kol putih, hijau, maupun kol ungu. Sayuran ini kaya zat gizi. Didalam setuiap 100 mg kol terkandung energi (28kal), Air (92.5g), Protein (1.4g), Lemak (0.2g), Karbohidrat (5.2g), Mineral (0.7g), Kalsium (46 mg), Fosfor (31 mg), Besi ( 0.5 mg), Aktivasi Retinol-vitamin A (24 mg) dan vitamin C ( 50 mg).

Bagi Ibu yang baru saja melahirkan, kol bisa menjadi pilihan asupan makanan karena kadar karbohidratnya rendah, sehingga tidak membuat gemuk. Tidak hanya itu , kadar air dala kol yang mencapai 82.5 g bisa membantu memperlancar ASI. bahkan ada pula yang menyebutkan bahwa konsumsi Kol bisa mengurangi bengkak akibat menyusui. Kol termasuk sayuran yang mengandung antioksidan tinggi sebagai penangkal kanker.

Tapi , bagi ibu yang mengalami gangguan pencernaan , Kol bisa menyebabkan kembung akibat gas yang dihasilkan. Perut ibu akan terasa tidak nyaman. Saat ibu menyusui mengkonsumsi Kol berlebih, bisa membuat bayi kembung. sama halnya, bila ibu makan makanan pedas, sibayi bisa terkena diare. nah , pada kasus bayi kembung, biasanya terjadi pada bayi yang gampang kolik/kejang perut.

Nah , sekali untuk makan sayuran Kol ini Ibu bisa variasikan dalam menu makanan tiap hari dan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Comments
3 Responses to “Konsumsi Kol Saat Menyusui Dapat Memperlancar Asi”
  1. tuti berkata:

    terimakasih artikelnya.menambah ilmu u saya.

  2. gafuri46 berkata:

    kalau boleh tau, antioksidan apa bro yg ada pada kol?

    • susant berkata:

      seperti yg tertulis diatas, selain kandungan vit c,e dan k yg tinggi ada studi yg menmukan kndungan anthocianin pholifenol yg dpt menurunkn resiko penyakit jntung dan kanker. salam kenbal bro!!

Tinggalkan komentar

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabung dengan 17 pelanggan lain
  • Increase Page Rank