Pengaruh Jus terhadap Gigi Anak


Perlu diketahui dulu apa alasan biasanya orang tua memberikan buah dam bentuk jus. Apakah memang susah makan buah atau mengalami sakit tertentu sehingga hanya bisa makan buah dalam bentuk jus?. jika kondisi anak anda dalam keadaan normal – normal saja hendaknya pemberian buah dalam bentuk jus sebaiknya dihindari! Kenapa?.

Fakta Seputar Jus

Penelitian terbaru Assosiasi Dokter Gigi Inggris Dr.Phillip Stemmer menunjukan bahwa jus buah meskipun asli dan tidak ada tambahan gula namun dapat merusak email gigi pada anak – anak. Karena kandungan asam dalam jus buah itu sendiri. Dr.Nigel Carter,Chief Executive dri british Dental Health Foundation mengemukakan setiap kali anda meminum jus buah, berarti anda membuka peluang gigi anda diserang zat asam selama sejam.

The American Academy of Peditrics (AAP) Committee on Nutrition telah melakukan penelitian konsumsi jus buah pada bayi, balita, anak dan remaja. Jus buah didefinisikan sebagai jus murni yang pada umumnya terdiri dari air dan juga karbohidrat ( gula ) yng besar, sedikit sekali kandungan protein dan mineral, serta vitamin dan kalsium. Selain itu kebanyakan jus tidak memiliki serat. Jadi jus buah tidak memberikan keuntungan nutrisi yang berarti dibandingkan buah segar asli. Dan dapat mengganggu anak untuk mengembangkan makan buah – buahan segar, karena dengan gerakan menggigit yang melibatkan gerakan otot rahang yang menstimulasi produksi liur meningkat. Air liur terbukti mengandung antibodi, mineral, antioksidan dan berbagai zat lain yang berguna untuk membunuh kuman. kondisi kekurangan air liur ini berdampak buruk terhadap kerusakan gigi karena tidak adanya mineral yang melindungi

Tinggalkan komentar

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabung dengan 17 pelanggan lain
  • Increase Page Rank