6 LANGKAH PERSIAPAN BERSALIN


Beberapa hari lagi mungkin waktunya anda bersalin/melahirkan untuk kehamilan pertama. Lalu apa sebenarnya yang mesti dihindari dan diwaspadai saat hendak melahirkan?… Biasanya perasaan was – was dan ketakutan yang berlebihan sering menghantui pikiran ibu yang hendak melahirkan, apalagi kelahiran anak pertama. Jika ibu ingin persalinan berjalan lancar, sebaiknya buang jauh – jauh semua perasaan itu. Hadapilah persalinan dengan persaan tenang dan berpikir positif bahwa segala sesuatu akan berjalan lancar dan baik. Bila perlu mintalah dukungan suami atau anggota keluarga untuk mengurangi rasa cemas dan khawatir saat bersalin nanti. Selain itu ada beberapa hal yang mesti diperhatikan , antara lain:

  • Kenali tanda – tanda akan melahirkan seperti frekwensi kontraksi semakin sering terjadi, setiap 5 menit sekali dan disertai perut terasa nyeri, kaku dan tegang, juga mulas seperti ingin buang air besar. Perhatikan apakah keluar cairan yang lazimnya tidak berbau,tidak berwarna,seperti air beras. Jika cairan ketuban yang keluar semakin banyak sebaiknya hindari seperti jalan – jalan agar jumlah cairan ketuban yang keluar tidak bertambah banyak. Sebaliknya sangat dianjurkan untuk jalan – jalan jika belum pecah ketubannya.
  • Makanlah makanan yang tinggi karbohidrat seperti nasi , kentang atau roti seperti yang penulis postingkan beberapa waktu lalu
  • Kurangi makanan yang rendah serat seperti snak, makanan dari tepung atau kanji. Makanan rendah serat mengakibatkan kesulitan persalinan karena kontipasi/banyaknya tinja yang menumpuk diusus bagian bawah. Bila itu terjadi menjelang persalinan maka kepala bayi sulit turun kebawah dan pembukaan terlambat.
  • Hindari pakaian terlalu ketat
  • Perhatikan gerakan janin , jika gerakan janin semakin sering segera pergi keklinik atau rumah sakit terdekat
  • Agar tidak ada sesuatu yang ketinggalan sebaiknya persiapkan perlengkapan bersalin jauh hari / satu – dua minggu sebelumnya seperti makanan , perlengkapan ibu( baju ganti berkancing depan untuk memudahkan menyusui dan baju ganti lainya), perlengkapan bayi. (m&k’09).
Comments
8 Responses to “6 LANGKAH PERSIAPAN BERSALIN”
  1. Lane Zima berkata:

    Many thanks for this post. You are the best.

  2. Armida Ventresca berkata:

    You are right with your points. Good job.

  3. copper pots berkata:

    Of course, what a great site and informative posts, I will add backlink – bookmark this site? Regards,

  4. Dora berkata:

    Thanks bgt tuk infonya. Berguna bgt tuk sy yg akn mlahirkn ank pertama.

  5. burak blog berkata:

    Hands down, Apple’s app store wins by a mile. It’s a huge selection of all sorts of apps vs a rather sad selection of a handful for Zune. Microsoft has plans, especially in the realm of games, but I’m not sure I’d want to bet on the future if this aspect is important to you. The iPod is a much better choice in that case.

  6. smg tingkat keselamatan ibu dan bayi dlm kelahiran meningkat..

  7. I really enjoy examining on this site, it has got superb articles . “For Brutus is an honourable man So are they all, all honourable men.” by William Shakespeare.

  8. Paulette berkata:

    Hi, of course thiss post is reaally good and I have learned lot of things from it regarding blogging.
    thanks.

Tinggalkan komentar

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabung dengan 17 pelanggan lain
  • Increase Page Rank