Kopi Bersahabat Dengan Jantung!


Anggapan awam seperti ‘ jangan minum kopi ntar sakit jantung lo!’ ternyata tidak sepenuhnya benar. Karena ternyata kopi bisa bersahabat dengan jantung.

Dalam konferensi American Heart Association (AHA) di San Farancisco, mendata sejumlah nilai plus peminum kopi. Peminum kopi memiliki resiko rendah untuk penyakit ritme jantung abnormal. Dan tidak ada indikasi meneguk beberapa cangkir kopi bisa meningkatkan resiko Asteroklerosis, yaitu penebalan pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung. Dan kandungan lain kopi selain kafein dapat mengurangi resiko diabetes bagi perempuan yang teratur meminumnya. Meski ada salah satu laporan menemukan potensi hubungan antara minum kopi dengan tekanan darah tinggi, tapi jangan khawatir efeknya masih bisa ditoleransi.

‘Studi tentang ritme jantung ini meneliti 130.054 anggota Kaiser Permanente Medical Care Program yang dirawat akibat gangguan ritme jantung, yang sekitar 2% nya mengalami Atrial Fibrilation. Bagi peminum kopi 4 cangkir atau lebih perhari mempunyai resiko lebih rendah 18 % terkena serangan jantung dibanding mereka yang tidak minum kopi”  kata Dr Arthur Klatsky,konsultan jantung senior.

Studi lain diikuti 3000 pria dan wanita usia 20 tahun, tidak menemukan hubungan antara konsumsi kopi dengan Asteroklerosis baik laki- laki maupun wanita, kulit hitam atau putih, perokok atau bukan perokok.
Ahli epidemiologi Jared Reis dari US National Heart, lung and Blood Institute juga menyatakan tidak ada hubungan substansial antara minum kopi dan peningkatan atau penurunan asterosklerosis.

Tidak hanya itu Women’s Health Study menjelaskan bahwa tipe diabetes tipe 2 ( diabetes karena gaya hidup ) lebih sedikit dialami oleh peminum kopi. Peneliti membandingkan 359 perempuan postmenapause yang menderita diabetes tipe 2 dan 359 wanita tanpa penyakit. Ditemukan wanita yang minum empat cangkir kopi berkafein sehari, memiliki resiko 56 % lebih rendah dari pada mereka yang tidak minum kopi.” Kopi mengurangi resiko dari efek kafein karena pengikat kafein hormon. Ujar Dr.Liwei chen,asisten profesor university of california, Los Angeles. (healthdaynews/m&k’10)

Iklan
Comments
2 Responses to “Kopi Bersahabat Dengan Jantung!”
  1. pasien berkata:

    aku nggak boleh minum kopi tubruk karena penyakit maag, jd kopinya mesti yang halus, padahal mantap sekali kalo bisa minum kopi hitam tubruk…aaah tinggal kenangan, pantangan harus dijalani, jangan nekat melanggar…

  2. Kalao orang awam bisa mengerti nggak ya, bagaimana menjelaskannya ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

  • Increase Page Rank
%d blogger menyukai ini: