vaksinasi Tetanus,Diphtheria Dan Acellular Pertusis (Td/Tdap)


Pada tahun 2005, Tetanus Toksoid pertusis-Dipthteria-Acellular (Td/Tdap) diperkenalkan untuk usia >7 tahun.Dr.Aru.S SpPD,CHOM,FACP , juga mengatakan dengan serius “Booster Tdap adalah vaksin untuk mencegah tetanus,difteri dan batuk pertusis, tiga penyakit yang bisa membuat kita harus dirawat intensif di rumah sakit bahkan bisa menimbulkan kematian. Vaksin ini disuntikan di daerah otot, individu dewasa usia 19 – 64 tahun sebaiknya mendapatkan vaksin ini.  Pastikan anda dalam range usia tersebut mendapatkan vaksin Tdap bukan hanya Td!”

Jika seseorang belum pernah mendapatkan vaksin tetanus dan difteri sebelumnya, orang tersebut harus mendapat vaksinasi lengkap 3 (tiga) dosis seri primer dari difteri dan toksoid tetanus (Td), dengan 2 dosis awal diberikan paling tidak dengan jarak 4 minggu dan dosis ketiga diberikan 6 sampai 12 bulan setelah dosis kedua. Satu dosis Td dapat diganti dengan Tdap pada salah satu dari 3 dosis primer. Setelah itu dapat dilanjutkan dengan penguat (booster) yaitu suntikan ulang  setiap 10 tahun sekali. Vaksin atau Td dapat diberikan pada dosis penguat (booster), katanya menegaskan.(m&k)

 

Iklan
Comments
3 Responses to “vaksinasi Tetanus,Diphtheria Dan Acellular Pertusis (Td/Tdap)”
  1. DWi CUmi berkata:

    tapi efek sampinge macem2 ni vaksin….

    • Susant berkata:

      sal kenal mabak! efek samping vaksinasi/imunisasi hampir semua sama . dari bebrapa kasus mungkin panas badan, gatal pd tempat penyuntikaan , stelh pemberian bs terjadi. tp hanya beberapa waktu sj. Jk terjadi efeksmping yg lebih seperti reaksi alergi hebat/anafilaktik(jarang terjadi) bs segera periksa n konsultasikan kedokter/tempat imunisasi tersebut/ trims mbak!!!

  2. Yustia berkata:

    Saya akan mengunjungi anak saya yang akan melahirkan di AS dan saya diminta untuk vaksinasi Tdap di Indonesia… tanya beberapa RS (termasuk RS Ibu dan Anak) kelihatannya masih asing jenis vaksin ini … 1)dimana saya bisa vaksinasi.. . 2) adakah efek samping vaksinasi ini untuk saya.. usia 58 tahun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

  • Increase Page Rank
%d blogger menyukai ini: