Jika Bayi Lecet, Diberi Bedak,Baby Oil atau Baby Lotion ya?


Mungkin banyak Ibu – ibu dan para pengasuh sering bertanya – tanya seperti judul diatas, bagaimana baiknya menangani sikecil jika beberapa bagian tubuhnya memerah dan lecet terutama selangkangan.Pasti banyak yang menyarankan untuk mengatasi kulit tersebut dengan menggunakan bedak, ada juga dengan baby oil, lalu ada juga yang menyarankan menggunakan babylotion. Lalu yang Betul yang mana??.Tenang Bu! ada baiknya ibu coba baca penjelasan dibawah berikut ini:

Kulit bayi memang sangat sensitif. Apabila bayi berkeringat sebaiknya harus segera dikeringkan. karena kulit bayi itu banyak terdapat lipatan, seperti leher, lengan, paha. Atau juga jika bayi ngompol dan tidak segera dibersihkan maka kulit bayi jadi basah dan lembab yang mudah lecet sehingga untuk itu, kulit bayi harus selalu dalam keadan kering, bila tidak kering , jadi mudah lecet kemudian terbuka dan secara otomatis bakteri akan mudah masuk dan menginfeksi. Sehingga bisa saja timbul masalah baru seperti jamur kulit, infeksi kulit, atau bahkan eksim.

Pada kondisi kulit yang dialami sikecil, harus dilihat dulu sejauh man tingkat keparahanya. Bila kulit bayi memerah dan kulit masih bagus dan mulus, bisa menggunakan bedak setelah dimandikan. perlu diingat, keadaan kulit harus kering benar, karena bila kulit dalam keadan basah dan berkeringat kan menjadi media yang baik untuk pertumbuhan bakteri.Kalau dalam kasusnya sudah ada luka / lecet terutama selangkangan pada bayi, ini memang harus ekstra perhatian.

Fungsi Bedak, Baby Oil, Baby dan Baby Lotion

Fungsi bedak atau talcum itu sebagai pelicin,anti gesekan atau anti slip. Sehingga apabila lipatan kulit bergesek maka tidak menyebabkan lecet.Namun bila kulit sudah mulai ada peradangan dan terlihat disertai dengan lecet, maka tidak menyebabkan lecet. Namun bila ada peradangan dan terlihat merah disertai lecet, maka tidak disarankan untuk menggunakan bedak. karena penggunaan bedak pada kulit bayi yang mengalami radang akan menimbulkan kerak, sehingga dapat menyebabkan infeksi. Biasanya apabila kulit sudah ada peradangan disarankan untuk menggunakan healing cream. Krim ini berfungsi untuk membantu tumbuhnya kulit (regenerasi kulit )agar kulit bayi menjadi bagus.Dalam proses penyembuhan luka pada kulit akan menjadi bagus bila kulit dalam keadaan lembab. tapi lembab yang terlalu basah juga tidak disarankan. Sehingga perlu diperhatikan benar kondisi kulit bayi. Begitu juga dengan baby Oil dan baby lotion. masing – masing mempunyai fungsi yang sama seperti oli/ minyak yaitu sebagi pelumas. dalam kulit baby oil dan baby lotion berfungsi untuk melembabkan kulit. biasanya dipakai untuk lipatan , selangkangan dll. perlu diperhatikan,Apabila kulit sudah lecet sebaiknya tidak menggunakn baby oil atau baby lotion agar kulit bayi tidak semakin meradang.

Tergantung Tingkat Keparahannya
Namun apabila masalah kulit tersebut menjadi penyakit serius seperti dermatitis intergriti yang disebabkan penggunaan diapers dalam jangka waktu yang panjang bisa diatasi dengan pemberian healing cream atau baby cream. Dan apabila terjadi pada bagian leher atau bagian lain dengan tingkatan yang lebih berat, lecet misalnya. Sebaiknya dilihat kulitnya apakah sudah terjadi bruntusan , bersisik , atau bahkan melebar. Kondisi tersebut bisa dikategorikan tingkat berat. maka segera dibawa ke dokter, untuk mendapatkan pengobatan yang tepat
Sementara untuk perawatan sehari – hari seperti sesudah BAK/BAB cukup dengan cara yang sederhana tapi penting bisa dilakukan dirumah. Ibu bisa membersihkan bagian bokong atau bagian lipatan kulit lainnya yang berkeringat dengan menggunakan handuk kering/ waslab/ kapas /tissue kering. Hindari penggunan tissue basah karena mengguankan anti septik yang dikhawatirkan bayi alergi. dan segeralah mengganti Popok bayi pabila sudah basah, jangan biarkan bagian selangkangan ini basah karena akan menimbulkan bakteri

Iklan
Comments
One Response to “Jika Bayi Lecet, Diberi Bedak,Baby Oil atau Baby Lotion ya?”
  1. teoringeblog berkata:

    kunjungan balik nih gan…..
    wah..thanks gan….dah mau tukeran link…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

  • Increase Page Rank
%d blogger menyukai ini: