Coklat Hitam bersahabat Dengan Darah


satu lagi artikel tentang “daya magis” coklat. Pada pembahasan kemarin yang telah mengungkap penelitian tentang manfaat coklat bagi kesehatan, seperti pada ibu hamil dan kesehatan jantung. Disini kita akan membahas lebih ke kandungan yang ada pada coklat dan hubunganya dengan kesehatan tubuh.

coklat (chocolate)

Sekeping coklat hitam terbukti mampu menambah lancarnya peredaran darah pada tubuh kita. Ya,dengan kandungan theobromine, phenethilamine, dan kafeinnya jika dikonsumsi secara seimbang dapat membantu fungsi pembuluh darah dengan baik. Bahkan pada penelitian lain pun coklat dikenal sebagai sumber zat bioaktif anti oksidan polifenol ( khususnya flavanoid ) yang memiliki bermacam manfaat untuk kesehatan terutama sebagai penangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan kanker.

Flavanoid pada coklat itu akan bekerja sebagai anti oksidan yang melalui mekanisme penangkapan senyawa radikal bebas dan menghambat enzim-enzim seperti lipoxigenase. Dengan kandungan bernama procyanidin yang sebagai penangkap senyawa-senyawa berbahaya yang paling efektif. Selain antioksidan, coklat juga mampu merangsang kekebalan tubuh dengan memproduksi lebih banyak sitokinin (protein yang diproduksi sebaai bagian dari sistim imunitas tubuh). Memang! , coklat hitam ini mempunyai daya magis yang luar biasa!.

Nah! tapi salah satu yang penting untuk diperhatikan. Meski coklat terbukti bagaikan makanan dewa seperti nama latinnya theobroma cacao (food of the gods), namun jangan berlebihan dalam konsumsi perharinya. Kandungan gula yang tingi dan berlebihan bisa berbahaya terutama pada pasien obesitas, glaukoma, dan kencing manis.(JP/m&k)

Iklan
Comments
One Response to “Coklat Hitam bersahabat Dengan Darah”
  1. ulasannya lengkap…dan bagus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

  • Increase Page Rank
%d blogger menyukai ini: