Cara Memijat Dan menstimulasi Agar ASI Optimal


Menilik dari beberapa pertanyaan dari email tentang kesulitan pengeluaran ASI setelah melahirkan dan bagaimana agar  ASI keluar secara optimal , berikut penjelasan dan bahasan dari Dr Mulya, Rk tentang cara stimulai ASI dengan menggunakan cara yang biasa disebut Tehnik marmet. Yaitu suatu metode memijat dan menstimulasi agar keluarnya ASI menjadi optimal. Jika dilakukan dengan efektif dan tepat, maka tidak akan terjadi masalah kerusakan jaringan produksi ASI atau pengeluaran ASI. Tehnik ini dapat dipelajari dengan mudah sesuai instruksi dibawah ini.

  • Persiapan Memerah ASI Gunakan wadah yang bersih,bisa terbuat dari plastik atau bahan metal (paling baik karena lemak ASi tidak menempel pada sisi wadah).
  • Cuci tangan lalu duduk dengan santai.
  • Posisi tubuh agak condong kedepan. Anda bisa duduk dengan wadah ASI yang agak lebar didepan anda.
  • Pilihlah lokasi yang bersih dan tenang agar tidak terganggu.
  • Berusaha untuk santai dan tidak tegang saat memerah. Asi akan lebih mudah keluar jika perasan ibu baik dan stabil. Kondisi santai akan melepaskan hormon oksitosin, yang akan melancarkan pengeluaran ASI

  1. Langkah Memerah ASI Pertama, letakan ibu jari dan dua jari lainnya telunjuk dan jari tengah) sekitar 1 cm hingga 1,5 cm dari areola. Usahakan ukuran tersebut sebagai panduan karena mengingat ukuran areola tiap ibu bervariasi.
  2. Bagi yang berpayudara besar, angkat payudara dan dorong kearah dada menggunakan ibu jari dan jari lainnya secara bersamaan. hindari posisi jari melingkari areola kearah jam 12 dan jam 4.
  3. Pijat lembut dari dasar payudara ke arah puting untuk merangsang hormon oksitosin. rangsang puting susu dengan jari telunjuk atau gunakan kompres hangat agar ASI mudah keluar Letakan ibu jari di bagian luar atas reola ( arah jam 12) dan jari telunjuk serta jari lainnya di bagian bawah areola (jam 6) atau membentuk huruf C Tekan jari -jari anda kebelakang kearah dada kemudian pencet dan tekan payudara anda diantara jari -jari anda,dan lepaskan. dorong kearah puting susu seperti mengikuti gerakan menghisap bayi.
  4. Ulangi berulang-ulang Ketika ASI mengalir lambat, gerakan jari anda disekitar areola dengan berpindah-pindah tempat, kemudian mulai memerah lagi sampai ASI keluar. putar jari – jari ketempat yang jika dipijat ASI keluar lancar.
  5. Terus pindahkan posisi berputar searah jarum jam atau berlawanan. pindah posisi ibu jari dan jari lain pada jam 12 dan jam 6, lalu jam 11 dan jam 5, kemudian jam 2 dan jam 8, jam 3 dan jam 9.

  1.  Ulangi prosedur ini secara teratur(rytmically) hingga payudara menjadi lembek.
  2. Hindari gerakan memencet payudara dan menarik-narik puting karena dapat membuat payudara lecet dan rusaknya lapisan lemak pada areola.
  3. Kesulitan pasti ada, tapi hal – hal dibawah ini dapat membantu keluarnya ASI; Pijatlah sel -sel produksi ASI, mulai dari bagian atas payudara dengan gerakan memutar, pijat dengan menekan kearah dada. Tekan lembut daerah payudara dari bagian atas hingga sekitar puting menggunakan jari seperti gerakan menggelitiki Guncang payudara dengan arah memutar , gerakan gravitasi akan membantu ASI keluar. (,m&k’)
About these ads
Comments
4 Responses to “Cara Memijat Dan menstimulasi Agar ASI Optimal”
  1. cantik alami mengatakan:

    Info yang sangat berguna sekali nih terutama untuk ibu menyusui.

  2. syifa'ul karimah mengatakan:

    bolehkah memencet payudara saat hamil 7 bulan.

  3. adia puspita mengatakan:

    trimakasih untuk saran”nya ini sgt brguna untuk saya kn usia khamilan saya dah memasuki minggu ke 35..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya.

  • Increase Page Rank
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: