Cara Mencegah Pembengkakan Payudara Saat Menyusui


Seorang ibu setelah melahirkan Wajib kiranya ASI ekslusif diberikan pada buah hatinya.  Namun dalam perkembangan jaman saat ini, banyak ibu karier yang harus terbatas menyusui bayinya secara langsung. Dan salah satu masalah yang sering timbul pada ibu adalah terkadang payudara mengalami pembengkakan ringan maupun berat dan menyakitkan. Pada keadaan seperti ini, pembengkakan payudara biasanya disertai pula dengan demam ringan dan bahkan bisa juga  terjadi infeksi. Pembengkakan umumnya terjadi selama hari ketiga sampai kelima setelah melahirkan, tetapi bisa juga terjadi setiap saat. Sehingga proses pemberian ASI pada bayi akan menjadi tidak maksimal.

Nah! kalau menilik Secara umum, payudara seorang ibu akan menjadi lebih besar dan berat ketika dalam masa menyusui,karena produksi ASI umumnya akan cenderung meningkat. tetapi hal itu masih wajar jika ibu tidak mengalami masalah seperti ulasan diatas. Oleh karena itu, penting Untuk para ibu-ibu agar mencegah dan mengatasinya sebelum hal ini benar-benar terjadi. Dan dibawah ini beberapa cara sederhana untuk mencegah pembengkakan payudara, kutipan KOmpas.com (from situs womenshealth.gov, salah satu bagian dari Departemen Kesehatan Amerika Serikat yang memfokuskan pada pelayanan kesehatan perempuan:

  1. sering-seringlah menyusui bayi ASI setelah proses persalinan. Biarkan bayi menyusu selama yang dia suka, sepanjang bayi Anda minum ASI dengan baik dan mengisap secara efektif. Dalam minggu-minggu pertama pasca melahirkan, Dan bisa diberkan setiap empat jam secara rutin
  2. Bekerjasama atau meminta bantuan konsultan laktasi untuk memperbaiki cara menyusui yang tepat.
  3. Lebih baik menyusui lebih sering pada payudara yang terasa sakit untuk mengeluarkan ASI.  Agar metabolisme payudara efektif dan mencegah penumpukan ASI pada payudara tersebut.
  4. Pegang payudara dengan tangan secara lembut dan pompalah sedikit ASI untuk melunakkan sedikit bagian payudara, areola dan puting sebelum proses menyusui.
  5. Pijatlah payudara secara lembut minimal pagi dan sore.
  6. Gunakan kompres air dingin di antara waktu menyusui untuk membantu meringankan rasa sakit.
  7. Jika Anda harus bekerja, dan harus memberikan ASI dalam botol, cobalah untuk memompa ASI pada jadwal yang sama ketika Anda memberikan ASI di rumah, atau Anda dapat memompa ASI setidaknya setiap empat jam.
  8. Istirahat yang cukup dan pemenuhan makanan dengan nutrisi yang tepat, serta penuhi kebutuhan cairan.
  9. Kenakan pakaian yang nyaman dan gunakan bra yang tidak terlalu ketat.
  10. Jika harus menggunakan dot untuk memberikan ASI perahan, pilih secara cermat dot khusus bagi bayi serta Hindari  penggunaan dot yang terlalu berlebihan, karena akan membuat bayi ‘bingung puting’ sehingga mengurangi bayi menyusui secara langsung.

Baca juga:
Asi mengusir stres pada anak
10 trips dan trik seputar nutrisi anak

About these ads
Comments
2 Responses to “Cara Mencegah Pembengkakan Payudara Saat Menyusui”
  1. info yang bermanfaat.. terima kasih

  2. toko aksesoris wanita mengatakan:

    sepertinya poin yang no. 5 yang belum saya lakukan nih, karena kesibukan yang bikin lupa. makasih admin sudah mengingatkan lewat artikel ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya.

  • Increase Page Rank
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: