Bahayakah Anak Lebih Dari 2 Tahun Minum Susu Dari Botol?


Dari beberapa penelitian tentang cara anak minum susu dibawah ini, sedikitnya pasti membuat para ibu untuk waspada. Karena anak kurang dari 2 tahun yang masih minum dari botol pastilah tidak sedikit. Menilik dari sekitar tempat tinggal saya, hal tersebut sudah biasa dilakukan anak apalagi menjelang tidur. namun sebagai referensi para ibu ada baiknya saya memposting atikel tersebut.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa Anak yang minum dari botol susu hingga umur 2 tahun berisiko kegemukan 30 persen lebih tinggi pada usia 5 tahun daripada anak yang minum dari gelas. Penelitian yang dimuat dalam Journal of Pediatrics itu menganalisis 7.000 anak di seluruh Amerika Serikat. Rachel Gooze, salah satu peneliti dari Pusat Penelitian Obesitas dan Pendidikan, Universitas Temple, Philadelphia, mengatakan kepada BBC, 2011, anak perempuan berumur 2 tahun dengan berat dan tinggi badan seimbang yang menggunakan botol susu berkapasitas 8 ounce (sekitar 250 gram) akan menerima kelebihan kalori hingga 12 persen dari yang dibutuhkan dalam satu hari. (BBC/MZW)

Beberapa orangtua kadang memberikan balita susu melalui botol menjelang tidur. Tapi kebiasaan ini sebaiknya dihentikan karena nantinya bisa memicu anak menjadi obesitas atau kelebihan berat badan. Pemakaian botol susu mendorong konsumsi kalori berlebih. Karena itu, sejak anak berusia enam bulan perlu dikenalkan minum dari gelas dan penggunaan botol susu dihentikan sejak anak 1 tahun.

Studi menunjukkan bahwa balita yang diberi botol susu mendekati waktu tidurnya akan lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan. Jika balita usia 2 tahun secara terattur diberi susu sebelum tidur maka cenderung 30 persen menjadi gemuk pada usia 5,5 tahun.Memberikan susu botol baik yang full atau pun semi skim sesaat sebelum balita tidur memang bisa membantunya lebih ceat tidur, bahkan jika si kecil sudah mengonsumsi makanan padat. Tapi jika hal ini dilakuakn secara teratur akan sangat memungkinkan bagi anak untuk menjadi kelebihan berat badan.

Peneliti mengungkapkan dalam satu botol susu yang full fat (lemak penuh) mengandung 150 kalori atau sebesar 12 persen dari energi yang dibutuhkan oleh anak berusia 1-2 tahun, seperti dikutip dari Dailymail. Dalam studi ini melibatkan hampir 7.000 anak-anak yang dipantau saat ia berusia 9 bulan, 2 tahun, 4,5 tahun dan 5,5 tahun. Diketahui sekitar 22,9 persen anak yang masih diberi botol susu menjelang tidur pada usia 2 tahun menjadi obesitas ketika berusia 5,5 tahun.Sedangkan anak yang tidak diberi botol susu hanya sebesar 16 persen saja yang obesitas. Kondisi ini setelah memperhitungkan faktor lain seperti berat ibu dan berat anak ketika lahir. Hasil penelitian in itelah diterbitkan dalam jurnal Pediatrics.

Untuk itu peneliti menyarankan bagi para orangtua agar tidak memberikan susu pada balitanya menjelang waktu tidur, serta orangtua sebaiknya tidak menggunakan susu untuk mengganti asupan makanan si kecil karena ada beberapa nutrisi yang tidak bisa diddapatkan dari susu.

Selain itu obesitas yang terjadi sejak anak-anak bisa menimbulkan bahaya kesehatan bagi diri si kecil, seperti meningkatkan risiko jantung dan diabetes ketika dewasa serta membatasi aktivitas dan kegiatan anak nantinya.

Baca juga ;

resiko kematian dini akibat obesitas pada waktu kecil
Kurang tidur,obesitas bisa serang anak dan remaja

About these ads
Comments
4 Responses to “Bahayakah Anak Lebih Dari 2 Tahun Minum Susu Dari Botol?”
  1. cak-opiq mengatakan:

    ini chonto penyimpanan ASI dlm freezer. sangat efektif tidak menghabiskan tempat.
    http://www.facebook.com/photo.php?fbid=279426178761057&l=d9ed993e74

    Pilihan lain penyimpanan dengan botol kaca, seperti berikut:
    http://www.facebook.com/media/set/?set=a.160045457365797.28049.100000810322838&type=3&l=37c856e714

    Kelebihan botol kaca:
    - bisa langsung di hangatkan dgn steamer.
    - bisa langsung di pasangkan dengan pemerah ASI.
    - Bisa langsung dipasang dengan Dot..

  2. obat keputihan alami mengatakan:

    jika anak yang sudah lebih dari 2 tahun masih meminum susu dari botol dan harus begitu bagaimanakah mengatasinya..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya.

  • Increase Page Rank
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: