Hati-hati! Vitamin Bisa Buat Anak Tambah kurus


Pasti kalau menyangkut soal vitamin untuk anak, kebanyakan jawabnya para ibu-ibu itu bisa menambah nafsu makan!. Dan tak heran kalau berobat ke klinik atau rumah sakit dokternya belum memeriksa penyakit sikecil, banyak si ibu langsung berkata’ nanti dikasih vitamin juga ya dok!… Ironisnya karena kurang pengetahuan, banyak para orang tua menggantungkan kondisi nafsu makan sikecil dengan memberinya vitamin setiap saat. Yang tidak diketahui bahwa Justru vitamin bisa bikin anak makin kurus kalau kelebihan. berikut penjelasan dari Dr. Najib Advani, SpAK, MMed, Paed ;

Hati-hati, pemberian vitamin secara berlebih dapat menimbun vitamin tersebut dalam tubuh si kecil hingga timbul efek samping, terutama golongan vitamin yang tidak larut dalam air, seperti vitamin A, D, E, dan K.  “Kelebihan vitamin A bisa mengakibatkan kepala jadi pusing-pusing,” kata nya.  Bahkan, vitamin yang larut dalam air pun, semisal vitamin C, juga tidak boleh diberikan dalam dosis tinggi. karena Kelebihan vitamin C menimbulkan batu pada ginjal, di samping mengakibatkan iritasi lambung hingga lambung terasa perih. Apalagi, jika pemberiannya dalam jangka waktu lama, anak jadi memiliki ketergantungan pada vitamin C. Istilah kedokterannya, rebound. Itulah mengapa, dokter sangat “pelit” kala dimintai resep vitamin sekalipun vitamin si kecil yang dulu ia resepkan sudah habis. Soalnya, pemberian vitamin untuk bayi dan anak memang tidak dianjurkan buat seumur hidup.

Tidak menambah nafsu makan
Umumnya, orangtua memberikan vitamin bagi bayi dan anak untuk tujuan menambah berat badan karena vitamin dipercaya bisa menambah nafsu makan. Bahkan, saking vitamin dianggap mujarab mengatasi anak sulit makan, Orang tua juga setengah memaksa dokter agar memberikan vitamin sekalipun pola makan anaknya sudah bagus dan badannya juga gemuk. Padahal, tidak ada satu pun vitamin yang berkhasiat menambah nafsu makan secara langsung sekalipun saat si kecil tidak mau makan lantaran sakit dan dokter memberinya vitamin. Selain itu, juga bukan karena vitamin tersebut bisa menambah nafsu makan, melainkan agar asupan gizi si kecil tidak kurang. Kecuali jika bayi kekurangan vitamin B kompleks karena dampaknya memang bikin orang jadi kurang nafsu makan. Jadi, jangan percaya omong kosong yang mengatakan vitamin dapat menambah nafsu makan. Jangan pula menganggap, semakin gemuk bayi berarti semakin bagus. Justru bila si kecil yang sudah kurus kerap dikasih vitamin, sementara tubuhnya enggak kekurangan vitamin, barulah kita boleh merasa malu. Efeknya juga kelebihan vitamin bisa menyebabkan iritasi lambung. Akibatnya, si kecil malah jadi tidak mau makan. Bila sudah begitu, bukan berat badan bertambah, melainkan tubuh menjadi semakin kurus. Nah, ini,kan, sama saja kita merawatnya dengan tidak baik. Bukan begitu, kata najib.

Lagi pula, sebagai orang awam, agak sulit buat kita mendeteksi si kecil kekurangan vitamin atau tidak, apalagi pada kasus yang tidak terlalu berat (marjinal). Selain itu, ciri kekurangan vitamin harus pula dilihat kasus per kasus. Kekurangan vitamin A, misalnya, “biasanya di bagian putih mata akan terlihat keruh. Bila didiamkan, lama-lama akan timbul bercak,” kata Najib.Soal berat badan juga bukan ukuran mutlak anak kekurangan vitamin. “Memang, sering berat badan anak yang kurang vitamin juga kurang. Namun, enggak bisa dibalik bahwa anak yang kurus berarti kurang vitamin,” katanya. Metabolisme tubuh anak-anak yang kekurangan vitamin, kata Najib, juga kurang baik hingga berat badannya berkurang. Jadi, yang terbaik tentulah berkonsultasi lebih dulu dengan dokter, apakah si kecil memang perlu vitamin. “Biasanya dokter akan melihat dulu pola makannya. Jika sudah bagus, ya, enggak perlu vitamin,” katanya. Misalnya, bayi yang mengonsumsi ASI. “Bila gizi ibu cukup dan asupan vitaminnya pun baik, berarti bayinya tak mutlak perlu vitamin tambahan. Diharapkan, dari ASI kebutuhan bayi sudah terpenuhi,” ucapnya.

Begitu pula bayi yang mengonsumsi susu formula, “bila susu formulanya sudah mengandung vitamin dengan kadar yang cukup berdasarkan recommended daily allowances atau kebutuhan tiap hari bayi, bayi tidak perlu tambahan vitamin,” katanya. “Namun, dengan catatan, pola menyusunya juga baik, lho,” katanya lagi. Jikapun si kecil kurus dan sulit makan, dokter juga tidak akan langsung memberi vitamin, tetapi melihat kasusnya dulu. Si kecil yang tidak suka makan sayur dan buah, misalnya, berarti ia butuh vitamin C. Nah, vitamin C inilah yang diberikan.

Umumnya, dokter akan memberikan vitamin kepada bayi dan anak bila mengalami salah satu atau lebih dari empat kondisi seperti berikut:

1. Pola makannya tidak bagus.

Kadang bayi mau makan atau minum susu, tapi kadang tidak. Misalnya, bayi usia empat bulan tak menyusu dengan baik, padahal di usia ini ia belum memperoleh makanan tambahan. Jelas ia butuh vitamin. Namun, vitamin apa yang dibutuhkannya, dokterlah yang lebih tahu.

2. Saat sakit atau baru sembuh dari sakit.

Dalam kondisi ini, bayi perlu vitamin. Biasanya bayi yang baru sakit kurang nafsu makan dan kebutuhan vitaminnya pun meningkat. Jadi, agar asupan gizinya cukup, ia boleh menerima vitamin. Setelah sehat kembali, pemberian vitamin dihentikan.

3. Berat badan rendah.

Bayi dengan berat badan rendah atau kurang dari 2,5 kilogram juga perlu tambahan vitamin. Berat badan rendah bisa disebabkan bayi lahir prematur (belum cukup bulan). Biasanya bayi prematur kekurangan zat besi hingga yang dibutuhkan adalah suplemen zat besi. Di pasaran sebenarnya ada formula khusus untuk bayi prematur. Ini bisa diberikan hingga vitamin tidak mutlak perlu. Lain hal pada bayi lahir cukup bulan tapi kecil. Bayi ini jelas perlu tambahan vitamin. Biasanya bayi kecil yang lahir cukup bulan tapi kecil ini disebabkan ada masalah di plasenta ketika bayi masih di kandungan, hingga suplai makanan dari ibu ke janin kurang bagus. Maka, ia lahir dengan berat badan rendah.

4. Tak terkena sinar matahari.

Bayi yang tak terkena sinar matahari butuh vitamin, khususnya suplemen vitamin D. Namun, kasus ini biasanya terjadi di negara empat musim. Ketika musim dingin tiba, bayi tidak bisa dibawa keluar karena bisa kedinginan dan matahari pun jarang ada. Di dalam kulit, kata Najib, ada bahan untuk membuat vitamin D. Namun, untuk memproduksi vitamin D, kulit perlu terkena sinar matahari dulu. “Jadi, bila tak ada sinar matahari, proses tersebut tak bisa berlangsung,” katanya. Di negeri kita tentulah jarang sekali terjadi bayi kekurangan vitamin D. Bukankah negeri kita kaya akan sinar matahari? Terlebih lagi, ibu-ibu Indonesia biasanya kerap menjemur bayinya di waktu pagi kala mentari baru menampakkan dirinya. (kompas.com)

About these ads
Comments
59 Responses to “Hati-hati! Vitamin Bisa Buat Anak Tambah kurus”
  1. ochie flowery mengatakan:

    wah untung bgt Flo ga usah pake vitamin, rakus bgt ama susu
    and untungnya susunya Flo bs diantar ke rumah, hemat deh

  2. Sadarmadi mengatakan:

    iya yah… anakku juga suka banget minum susu untungnya…
    tapi.. susu yang baik itu yang seperti apa sih?

  3. lilian mengatakan:

    anakku agak rewel nih kalau disuruh minum susu..
    sering banget dimuntahin lagi.. :(
    koq anak2nya pada suka minum susu sih?
    apa mungkin karna pengaruh rasanya juga yah???
    mohon infonya donk..

  4. tance mengatakan:

    bisa juga pengaruh rasa bun..
    tapi yang paling penting kan harus ada AA DHA nya kalau sufor untuk si kecil..
    serem ah kalau gak ada vitamin2 yang dibutuhin sama si kecil….

  5. grace mengatakan:

    untung anakku gak terlalu banyak minum vitamin..
    soalnya di susu nya sudah ada kandungan vitamin A, C, dan E.. :)

  6. jenny homer mengatakan:

    anakku susunya udh mengandung vitamin tuuu jd ga aku ksh vit tambahan lagi… sepertinya nutrisi d susu nya udh ckp lgkp dehhh kaya nutrivit AADHA GA dan vit ACE

  7. anjani prasetyo mengatakan:

    iya aku pake anmum buat susu anakku.. skrg udh thn ke 2 dia mnm anmum.. smua sk anmum ga susah nyuru mnm susunya

  8. mamamommy mengatakan:

    Waduh kyknya ini ibu2 yg anaknya minum susu Anmum semua ya lg ngumpul :)) Anakku jg minum Anmum kok, bu. Udah 2 thn. Anakku itu kan susah makan, tp krn dia rajin dan suka susu nya, makanya dia jarang sakit dan gizinya pun tetap terpenuhi krn memang Anmum vitaminnya komplit. Jd saya udah gak perlu kuatir lg deh :))

  9. azzahra putri mengatakan:

    ngeri jg yah baca artikel ini. ga nyangka klo vitamin malah bisa buat anak jd kurus. sy itu ibu yg rajin memberikan vitamin buat anak sy. segala macem vitamin deh sy kasih dgn harapan anak sy cepet gemuk dan sehat krn anak sy itu lumayan aktif dan makannya milih2 (picky eater). untungnya anak sy dibantu sufor nya yg nutrivitnya tinggi jd emang jd ga mudah sakit siy. terima kasih dah share artikel ini =)

  10. hestimamativani mengatakan:

    ikutan nimbrung ah..
    kl baby saya 6bln prtm cm ASI aja tanpa vitamin, stlh 6 bln lebih saya kasih prolacta DHA dan kalo si kecil sakit baru saya kasih vitamin. meski badannya kecil dan ngga sering minum sufor smoga ngga kekurangan vitamin karna bubur yang saya bikin insya Allah bergizi (^,^)..

  11. susande mengatakan:

    untung anakku jarang aku kasih vitamin …diberikan susu itu sdh cukup tp susunyapun aku juga milih yg tdk terlalu manis

    • Jingga mengatakan:

      yah susu memang baik y mba..asal dilihat/dibaca labelnya jg…gak semua susu nutrisinya cukup, kadang ada yang ebrlebih jadi bisa menyebabkan obesitas

  12. irene mengatakan:

    iya susu nya anakku jg ga terlalu manis juga sie takut cepet gemuk :)

  13. dian mengatakan:

    bener bgt ni artikel, anak kurus selalu dibilang kurang vitamin, akhirnya dijejeli macam2 vitamin A-Z, uurrgghh…padahal anakku aktif aja, tp ortu mana mau ngerti…pokoknya cucunya harus gemuk biar lucu

  14. rebeca mengatakan:

    kupingku sih da tebal sama ortu yg selalu suruh anakku dikasih vitamin ini itu. Aku pikir anakku asi, dia juga aktif, ga usa resah kekurangan vitamin, bb dll, lah… Toh ga selalu gemuk itu sehat, buktinya klo da obesitas bisa kena diabetes…

  15. ricka su mengatakan:

    waduh?
    baru tau nih.. ada vitamin yang bisa bikin anak jadi makin kurus??
    kalo gitu harus makin hati2 donk yah?
    sebenernya anak2 itu perlu gak sih minum vitamin?

  16. tantan mengatakan:

    kalau minum susunya sudah pintar, dan susunya juga sudah menutupi kebutuhan vitaminnya, apakah anak harus tetap minum vitamin lagi? kalau double2 gitu, apa tidak terjadi over? mohon infonya.. :)

  17. debby mengatakan:

    dokter anakku menyarankan kalo vitamin itu lebi baik ga dkonsumsi setiap hari krn bisa mengganggu kekebalan tubuhnya lebi baik anak dberi vitamin pas waktu sakit untuk membantu dan memperbaiki daya tahan tubuhnya yg sedang lemah

    • himawari mengatakan:

      Oww..baru tau nih ada cara seperti ini. walaupun itu multivitamin yah?
      Bis suka serem juga, kalau masakan yang saya masak tidak baik, sehingga nutrisinya kurang

  18. dinda mengatakan:

    anakku ga aku kasi vitamin kan di dalam vitamin kadang ada zat” kimianya dan bersifat adiktif jadi kalo ga minum vitamin itu lagi anak kita takutnya jd ga napsu makan dll lagipula kalo setiap harinya uda makan bergizi cukuplah rasanya

  19. vina mengatakan:

    ya kasi makan anak mencakup 4 sehat 5 sempurna uda cukup dan ga perlu lagi vitamin

  20. Oww, ternyata klo kebanyakan vitamin juga bisa membahayakan yah. memang sih semuanya kalo berlebih memang bahaya yah..seperti MSG dan gula tambahan

  21. Nindya mengatakan:

    Sebenarnya paling baik memang nutrisi dan vitamin alami dari makanan dan susu nya sih. asal kita bisa membuatnya dengan baik, sehingga kandungannya tidak rusak

  22. Lilywati mengatakan:

    Memang kalau vitamin lebih baik berikan secara seimbang sesuai dengan kebutuhan si kecil, dan berikan vitamin yang alami saja, seperti pada buah dan sayuran. jangan sampai mengkonsumsi terlalu banyak vitamin yang telah diolah, karena memang tidak baik.

  23. Nia mengatakan:

    Aku juga ga pernah percaya dengan yang instan2 atau yang olahan, lebih baik aku berikan buah yangh sebenernya ke anak yang telah terbukti memang banyak mengandung vitaminnya, seperti sayuran juga banyak yang mengandung vitamin, jika anaknya tidak bisa makan begitu saja bisa kita olah dengan cara di jus.

  24. tiaradwi mengatakan:

    segala sesuatu memang harus seimbang apa yg kita berikan buat anak, terutama makanan… penting menjaga keseimbangan asupan gizinya… terutama yg dibutuhkan pada masa pertumbuhan… baik otak maupun tubuhnya…

  25. tinasuroso mengatakan:

    tumbuh kembang secara optimal adalah dambaan orang tua terhadap pertumbuhan anak… pola makan dan lingkungan sosial yg baik akan menjadikan anak tumbuh kembang secaa optimal

  26. sintatania mengatakan:

    cukupi saja pada masa balita anak dengan pola 4 sehat 5 sempurna serta aktivitas fisik harus diberikan agar gerak motoriknya terlatih dengan baik

  27. amarilis mengatakan:

    kalau kesehatan anak sudah bagus memang tidak seharusnya anak konsumsi vitamin..tapi kalau kondisi kesehatan sedang menurun atau sedang sakit, biasanya saya beri anak vit.c untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya..

  28. endah mengatakan:

    anakku nggak terbiasa aku kasi vitamin..selama ini selalu kontrol rutin ke dokter dan kesehatannya baik2 aja tuh..
    asalkan kita perhatikan pola makan anak..berikan konsumsi 4sehat 5sempurna..
    susunya juga aku kasihnya yang tanpa gula tambahan, biar anakku nggak sampai beresiko obesitas..
    maklum,mama papanya badannya pada subur2..

  29. baby mengatakan:

    agar daya tahan tubuh anak baik, penuhi saja kebuutuhan gizinya dengan memberi konsumsi 4sehat 5sempurna.. tapi juga jangan sampai berlebih..dan hindari konsumsi manis,terutama rasa manis yang berasal dari gula tambahan..karena bisa menimbulkan resiko obesitas dan diabetes.
    untuk info lebih lanjut tentang gula tambahan, bisa dilihat di http://www.sugarlabinta.com/about.php?id=12#content

  30. riany anche mengatakan:

    oya? kok bisa ya minum vitamin malah jadi kurus?? kenapa ya??? anakku suka soalnya minum vitamin.. infonya dong.

  31. sitti nabilla mengatakan:

    makanya usahakan untuk mencukupi segala sesuatunya dari makanan dulu vitamin itu kan hanya pendukungnya saja tetep balik lagi ke pola makan anak.. jangan lupa berikan juga susu untuk pelengkap nutrisinya..

  32. winnie mengatakan:

    susu no added sugar itu banyak yg bilang sih bantu bgt ngurangin gula berlebih buat anak, jd yg diutamain ya nutrisinya bukan gulanya

  33. anissa zhafira mengatakan:

    kalau anaknya masih balita yang paling penting diperhatikan ya susunya sebagai asupan utama mereka, ga prioritas untuk berikan vitamin..tapi juga jangan berikan susu yang banyak kandungan gulanya ya, yang ada malah bisa bikin anak jadi obesitas lagi..

  34. yossy rachma.y mengatakan:

    anak saya hampir setiap hari di beri vitamin (suplemen makanan),itu saya berikan karena anak saya hanya mendapat kan ASI sampai usia 3 bln karena air susu saya kering. saya beri vitamin karena takut daya tahan tubuh nya lemah,setelah membaca artikel ini saya jadi ngeri memberikan vitamin terus menerus,hal apa yang harus saya lakukan agar daya tahan tubuh anak saya tidak lemah?..mohon info nya dong….

    • Susant mengatakan:

      salam kenl mabk yossi! salah satu tujuan dari adanya SUSU formula mungkin bisa untuk jwban apa yg dialami mbak!. krn dlm sufor vitamin n nutrisi penting lainya. konsultasikan ke dokter n memilih sufor dg cermat . InsaALLAH akan membantu anak mabk yossi.

  35. Baju Bali mengatakan:

    salam kenal mbk,
    dr artikel yang sudah saya baca diatas , saya baru tahu kalau pemberian vit yang berlebih pada anak ternyata bisa bikin anak menjadi kurus.selama ini saya sering memberikan anak saya vitamin mbk, dengan tujuan supaya nafsu makannya bgs dan g gampang sakit..
    thanks bgt infonya ya mbk
    jadi nambah pengetahuan…
    salam,

  36. Mei Tanjung mengatakan:

    Saya punya ana da 2 tahun cuma berat badanya masih 10 kg, gimana ya, padahal kadang da saya kasih vitamin,, ga tiap hari sih, makannya pun aduh minta ampun, ga mw makan,’
    oleh tahu solusinya ga

    Terimakasih.

    • Susant mengatakan:

      slm mbak mei/. permasalah seperti mbak, hampir mendera dari ibu2 pd umumnya. yg terpenting dikethuidl adlah kesehatan anak. meski bb anak tergolong kecil. nmun jk tidak ada mslah dlm kesehatanya . mungkin ibu hnya harus fokus pd asupan nutrisinya. konsultasi pd dokter, bidan ataupun tenaga medis lain nya dg seksama ttg penyebab n solusi makan sikecil akan lbih membantu anda tuk sharing nmengatasi hl tersebut. krn anak mepunyai pola kebiasaan makan masing2 yg pastinya ibu lebih memahami keinginan sikecil. trims y mom!!

    • ayah tata mengatakan:

      appeton lysin dah terbukti sama anakku

  37. relin marselina mengatakan:

    anakku udah 1 thn lbh, tpi msh gk bs mkn nasi… minum susu pun gk bnyak. beratnya br 7kg… gmn solusinya biar dia mau mkn? susunya udah diganti tp msh gk mau jg…..

    • Susant mengatakan:

      salam mbak dwi. seperti maslah mbak mei. kesabaran n kreativitas ibu dibutuhkan untk hal ini. cr mkanan2 n waktu yag disenangi anak saat makan. kenalkan makanan /disni nasi scr bertahap. susu ttp diberikan selama dia mau. n jg konsultasi pd dokter n tenaga kesehatan lain dg kondisi fisik n lain2 anak sangat penting. semoga ini bisa membantu mom!! trimakasih

  38. ummi sashikirana mengatakan:

    gemuk itu gk berarti sehat kq….baby q termasuk yg byk mkn n nyusu v g gemuk.yg trpenting,anak sehat,aktif n cerdas

  39. Istiqomah Bintang mengatakan:

    si kecil g suka banget makan buah dan sayur….
    lok g pake vitamin,,solusina apa dong…
    thx..

  40. irena zulaikha mengatakan:

    Anak saya waktu 0 bulan 3.8 kilo pas mulai dari 5 bln ke atas sampai sekarang 11 bln berat bdnnya nggak begitu cpat ,dikasih vitamin nggak gemuk2,makannya 3 kali sehari asi nya sangat cukup,geraknya lincah, tp bdn nya tetap kurus,kenapa yaa?sa jd binggung apa vitamin nya jgn di minum lagi??tp vitamin itu untuk daya tahan tubuh jd bayiku jarang sakit,apa nggak apa2 di kosumsi tiap hari???

  41. bidanku.com mengatakan:

    yup sepakat, jangan jejali anak kita dengan sebetulnya sesuatu yang tidak perlu, selama kondisi yang disarankan dokter tidak dialami oleh anak kita. salam kenal, kee on posting

  42. Juwi athiya mengatakan:

    Anak sy jg susah makan minum susu jg… Makanya beratnya cm 7kg umurnya 15 bln.. Gmn ya solusinya?

    • Susant mengatakan:

      salm mbak juwita!sepeti ap yg sdh tertulis pd artkel, bhwa perkembnagn anak mmmng bs dikiht dr pertumbuhn fisik, nmun jg harus pada perkembangan mental ataupun motorik yg sesuai standar pd usia terseut.jd jika dlm usia itu anak mbakaktifitas n perkembangan motorik masih tergolong normal, mk solusinya mbak cukup dg memnuhi makanan harianya dg gizi yg cukup. trims mbak!

  43. oktaria mengatakan:

    jadi serba salah dksh vitamin mlh g mau mkn.g dksh mlh susah juga.anaku sdh hampir 3thn.masih susah makan.aplg kl liat nasi.mndgn tidur deh.ampun.gmana dng solusinya.ksh vitamin atw tdk y.

  44. Nasya mengatakan:

    Terimakasih ya,semua sgt berguna sekali bg saya sbg ibu br. Ank saya 10 bln,dia kdg mau mkn kdg enggak,berat badannya udah 4 bln ga naek2,9 kg dr umur 7 bln,gmn ya caranya agar anak saya mau makan dan brt badannya bertambah.dia udah g mau d ks bubur maunya ns biasa tp kdg pg mau mkn siangnya enggak trus sore br mau lg,mknnya jg cm sdkt. Thx

  45. Mevi mengatakan:

    bicara ini itu soal vitamin, duh saya gmn ya…. nuha tuh semua susu oke, makan teratur sejak lahir, tapi sayur sm buah ampun susahnya maaakkk, sayur kuahnya aja, jadinya tak kasih tuh vitamin C 1x sehari.apa ada yang bisa kasih tau… kira2 saya salah? nuha juga ndak gemuk, tapi menurut standart kesehatan katanya cukup. 4 tahun tinggi 105 berat badan 15 kg sekian dan anaknya aktif sampai menyebalkan, he..he..share donk infonya.

    • Susant mengatakan:

      salam mbak mevi .asalah seperti pasti bnyak diaami oleh ibu@. makan teratur dan susu dah pzti baik untuk pertumbuhanya. peneganalan berbgai jenis makanan memang diperukan sejak didni. tp pemebrian vit C tiap untuk anak ibu sepertinyakurang tepat, pemberian vitamin bisa dilakukan jika memang diperlukan. sedangkan kandungan susu sdah pzti lengkap denganberbabagai vit. maka yg dibutuhkn kreativitas ktntuk terus mengenalkan sayur pd anak@ tanks mbak!!

  46. Echi mengatakan:

    Gimana ya anak saya ega 1 th,semuanya serba gak mau,makan susah,minum susu jg,saya jd bingung…gm y solusinya??

  47. muslimah mengatakan:

    info vitamin anak yang aman dan halal like https://www.facebook.com/cerdasehat

  48. kalo anak2 ga mau makan memang bikin panik, takut tambah sakit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya.

  • Increase Page Rank
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: