Pentingnya Pap Smear Bagi Wanita


Pap smear atau pap test adalah tes spesifik yang digunakan dan ditujukan untuk mendeteksi dini kanker leher rahim/kanker serviks. Dan mengapa pap smear menjadi salah satu pemeriksaan yang penting adalah untuk perempuan  yang telah aktif secara seksual? Karena, aktivitas seksual merupakan salah satu predisposisi kanker serviks dengan jenis resiko tinggi ataupun rendah.  Pap smear memang hanya merupakan metode skrining yang fungsinya untuk menapis. Walau begitu, pap smear mampu mendeteksi lebih dari 90 persen kanker leher rahim tahap awal yang masih bisa disembuhkan.

Berikut beberapa kutipan pernyataan Dr.dwiana Ocviyanti.SpOG(K);

“kanker leher rahim pada stadium awal tidak ada gejala, apalagi lesi prakanker yang sama sekali tak bergejala”

“Pap smear PENTING pada semua perempuan yang sudah pernah melakukan hubungan seksual!”

Perempuan yang sudah pernah kontak hubungan seksual selama 3 tahun dari kontak seksual pertama kali, WAJIB melakukan Pap smear

“Perjalanan penyakit hingga disebut penyakit dapat diibaratkan seperti pergerakan siput karena pertumbuhanya yang lambat, membutuhkan waktu sekitar 10-20 yahun menuju kanker dan selama masa itu hampir tidak ada gejala yang timbulkan”

CARA KERJA

Pap smear dianjurkan dilakukan minimal 1 tahun sekali. Pap smear dapat dilakukan oleh dokter kandungan atau bidan terlatih baik dirumah sakit ataupun puskesmas. Dengan Harga bervariasi, jika dilakukan di RS atau PKM yang mendapatkan subsidi pemerintah biaya sekitar Rp50.000 – Rp 75.000.  Pemeriksaan dalam dilakukan menggunakan alat bernama spekulum yang berfungsi untuk membuka liang vagina – pemeriksa akan mengambil cairan/lendir leher rahim menggunakan alat spatula atau sikat kecil yang halus.- cairan kemudian dioles pada object glass dan dibawa ke laboratorium untuk proses dan membutuhkan waktu sekitar 3-7hari hingga ‘dibaca’ oleh ahli patologi. untuk diketahui apakah sel-sel leher rahim yang tampak itu normal atau sudah menunjukan tanda-tanda ketidaknormalan.

Anda tidak perlu takut!, Dan jika Sel yang terdeteksi tidak normal itu belum tentu kanker!.  Karena dari 80 persen sel yang tidak normal belum tentu kanker, bisa akibat virus yang terinfeksi atau peradangan sebablain. jika dilihat perbandingannya, mungkin hanya sekitar 10 persen hasil papsmear yang bermasalah. Yaitu dari dari hasil Pap smear bermasalah itu hanya 1 persen yang beresiko menjadi kanker serviks.

Faktor Resiko

Ya, yang harus dibuang jauh-jauh dari pikiran anda adalah bahwa bukan hanya perempuan beresiko tinggi saja yang harus di lakukan Pap Smear. Atau tidak memiliki keluhan tidak perlu melakukan Pap smear. Karena pada kenyataanya kanker serviks bisa menyerang perempuan mana saja. Jangan sampai mereka datang untuk melakukan Pap smear , saat stadium kankernya sudah lanjut. Sedangkan beberapa faktor yang meningkatkan resiko terkena kaker serviks atau dikenal dengan faktor resiko tinggi,yakni; Perempuan yang telah berhubungan seksual diusia muda (kurang dari umur 21 tahun), Melahirkan diusia muda, Berganti-ganti pasangan seksual, Perempuan perokok aktif maupun pasif.

Penting Saat akan Melakukan Pap smear

Ada beberapa hal yang perlu dihindari  agar tidak mempengaruhi keakuratan hasil pemeriksaan antara lain;

  • Tidak boleh sedang haid atau perdarahan, sebaiknya 3 hari setelah haid selesai,
  • Tidak boleh melakukan hubungan seksual walau dengan kondom minimal 3 hari sebelum pemeriksaan,
  • Tidak boleh memakai douch/cairan pembersih vagina atau sejenisnya yang dimasukan ke dalam vagina, bila sekedar membersihkan luar vagina atau cebok diperbolehkan,
  • Tidak sedang hamil. sebaiknya 2-3 bulan setelah melahirkan

Sumber; m&k

Baca Juga;
Macam imunisasi atau Vaksinasi Bagi Kaum Hawa
Vaksinasi HPV(human pappiloma virus)
Gejala awal untuk deteksi kanker

Keyword:
Pap smear, pap test, kanker seviks, pemeriksaan vagina, pemeriksaan kanker, cara mencegah kanker, kanker leher rahim, pengobatan kanker serviks, info tentang pap smear, masalah perempuan, wanita, masalah kewanitaan, biaya Pap smear,Tempat pap smear

About these ads
Comments
14 Responses to “Pentingnya Pap Smear Bagi Wanita”
  1. Lulu mengatakan:

    jd sekitar berapa donk biayanya…

    • Susant mengatakan:

      seperti yg dijelaskan diatas mbak! DiPKM&RS pemerintah sekitar 50-75 rb n di RS swasta beragam sesuai ketentuan masing2. jk didaerah jawa timur maksimal sampai 150rb /papsmer. makasih mbak

  2. Luh putu suci aryani mengatakan:

    Sya bru prtmakali mmbca tentang pap smear,kbtuln iparnya yg bkrja sbgai bidan menyarankn agr sya pap test,krna prut sya sring nyeri pdhal tdk jdwl haid,aplgi saat brhbungan dg suami, sya mrskn skit cmpur nyeri di tmpt rahim. Apa ya solusi utk skit yg sya almi?skitr 3bln sya almi ini. Tks

    • susant mengatakan:

      salm mbak luh!. jelas untk setiap keluhan apalagi pd sekitar organ inrim n gangguan adlh lebih baikmemriksakan dr k dokter kandungan.krn akan lebih jls apa n penyebab gguan mbak! mgkin nan ti slh satux adlh papsmear test! trims mbak1

  3. ARYA mengatakan:

    ALOW GAN KL DI SEKITAR JKRTA BARAT BIAYANYA BRP YA?

  4. bunda mengatakan:

    dr dl sy ingin papsmear tp takut ……bnyk ibu2 d tmpt sy blng kl sakit,

  5. starsheen20 mengatakan:

    Harus yg sudah prnah melakukan hubungan ya??
    Kalau yg belum pernah tapi mau cek bisa gak ya??

    Ad yg bilang pap smear bisa buat selaput dara (bagi yg belum pernah melakukan hubungan intim) pecah, apa itu juga benar, kak??

  6. boy situmorang mengatakan:

    berapa harga spaulla papsmear??

    Thanks.

  7. ayu rayashita mengatakan:

    sy ibu 2 anak, pngguna KB IUD sjk thn 2009,slm ini tdk prnh ada keluhan apa2. tp sjk 2 bln lalu sy kna keputihan,sblmx dr gadis blm prnh bgtu. awalx kluar putih2 kental ky susu basi,agak gatal. sy sdh prnh ke dokter,diks neo ginoxa per vagina & antibotik,ktx indikasi jamur.
    Mmg sdh brkurang,tp bln ini ada kluar lg kputihan,tp tdk gatal & tdk bau. cm modelx sprti kapas basah gt. saat brhubungan dg suami tdk ada keluhan sakit,tp rasax mngganggu krn ada yg nempel2 di suami :)
    pertanyaan sy :
    - apa blh beli & pke obat yg sama yg prnh diresep dokter itu? apa ada efek samping pnggunaan obat per vaginal jangka pjg?
    - apa sy hrs buka IUD krn mgkn ada gangguan/.tdk cocok?
    - apa keputihan sprti itu mrpkan gejala awal kanker serviks?
    Mohon jawabanx,trima ksh. GBU

    • Susant mengatakan:

      salm kenal mabk . obat yang anda pernah dapatkn itu memang biasa diresepkan dokter jika mengalami keputihan yg akibat jamur, namun bagi orang awan dilarang menggunakan oabt2 tsb secara bebas. harus dg pemeriksaan yang seksama. krn antibiotik apapun pasti ada efeksamping pd tubuh penggunanya. jika memng IUD anda mengganggu sebaiknya konsultrasikan dg dokter terdekat, dan keputihan tdk selalu mjd gejala CA. papsmear bisa anda dilakuan sedini mungkin untuk memastikanya.

  8. Quality posts is the crucial to attract the users to visit the web site,
    that’s what this website is providing.

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. [...] hamil ngga boleh bun, nih biar lebih lengkap baca artikelnya aja Pentingnya Pap Smear Bagi Wanita Herrysusant's Blog   semangat bikin dede [...]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya.

  • Increase Page Rank
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: