Vaksinasi Hepatitis B Dan Vaksinasi varicella


Seperti yang dijelaskan pada vaksinasi Hepatitis A, vaksin ini bertujuan mencegah penularan Hepatitis B. Penyakit yang menyerang hati dan bisa mengakibatkan penyakit kuning dan kanker hati. Semua orang khusunya yang telah aktif secara seksual perlu mendapatkan vaksinasi ini. Banyak orang yang tidak menyadari sebenarnya penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual, atau dari jarum suntik dan penularan ibu ke bayinya saat dikandungan.

Masih menurut Dr.ARU.S bahwa satu syarat utama sebelum dilakukan vaksinasi Hepatitis B adalah melakukan pemeriksaan darah untuk  nmengetahui positif atau tidaknya kita menderita Hepatitis B. Kalau sudah positif menderita penyakit ini maka vaksinasi tersebut tidak berguna.

Test pack untuk pemeriksaan Hepatitis B mirip dengan test pack kehamilan. Bedanya jika tes kehamilan menggunakan urine, sedang tes untuk Hepatitis menggunakan darah yang diambil dari ujung jari tengah. Jika timbul dua garis merah pada test pack, maka dikatakan positif Hepatitis B. Vaksinasi Hepatitis B dilakukan 3 kali penyuntikan. Antara penyuntikan pertama dan kedua dibutuhkan selang waktu satu bulan. Untuk penyuntikan ketiga, dilakukan enam bulan kemudian dan vaksin ketiga ini sebagai booster(penguat) sehingga akan dilakukan pemeriksaan dahulu apakah titer penyuntikan dulu masih tinggi atau tidak.(m&k)

Vaksinasi Varicella

Varicella atau yang lebih dikenal dengan chicken pox atau cacar air dapat diberikan pada perempuan > usia 14 tahun yang belum pernah terkena cacar air.  Dengan pernah terkena cacar air saat balita, sebenarnya tubuh sudah kebal terhadap penyakit ini dan tidak perlu vaksinasi kembali. Jika hingga usia tersebut masih belum pernah terkena cacar air,  Bisa dicegah dengan vaksinasi varicella. Yang juga dikatakan oleh Dr.Aru bahwa sebelum dilakukan vaksinasi sebaiknya terlebih dahulu cek darah dilaboratorium rumah sakit untuk memastikan  kekebalan. Karena bisa juga bila individu dewasa sampai umur segitu  belum pernah terkena cacar air itu sebenarnya kebal terhadap virus tersebut. (m&k)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya.

  • Increase Page Rank
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: