Makanan baik Selama Kehamilan Untuk Tumbuh Kembang Janin


Selama hamil, memperhatikan kualitas makanan adalah mutlak dibutuhkan. Karena makanan yang masuk kedalam tubuh menjadi bahan baku tumbuh kembang janin. Apalagi setelah masa – masa rasa mual hilang, selera makan ibu hamil akan kembali normal dan menginginkan semua makanan yang enak serta lezat. Padahal belum tentu makanan tersebut baik dan dibutuhkan janin. jadi, sebaiknya makanan seperti apa yang baik untuk pertumbuhan janin?.

Makanan Mengandung Omega 3

Pada trimester ke-2 dan seterusnya, proses pembentukan otak janin mulai berkembang menuju sempurna. Karena itu, ibu hamil sebaiknya banyak mengkonsumsi ikan laut. Karena dalam ikan laut terkandung Omega 3 yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan jaringan otak janin.

Bagi para ibu hamil yang alergi ikan atau salah satu ikan laut, sebaiknya pilihan pertama masih tetap mengkonsumsi makanan dari laut. Seperti Udang dan Kepiting atau ikan laut yang tidak membuat alergi.  Misal alergi ikan tongkol, bisa diganti ikan tuna atau aneka makanan seefood bisa menjadi alternatif. Karena kandungan makanan dari laut mempunyai protein yang tinggi, bagus untuk otak janin. Tapi Jika benar – benar alergi makanan laut, bisa dengan banyak makan putih telur yang juga kaya protein. Atau juga protein nabati segar lain seperti Kajang hijau, kacang kedelai, Tahu, tempe, kacang merah lain dan sayuran yang tinggi protein.

Pilih Ikan Segar

Sebelum memutuskan untuk tidak mengkonsumsi makanan laut karena alergi, sebaiknya lihat dulu penyebabnya. Misalnya biasanya tidak punya riwayat alergi ikan tapi tiba-tiba setelah makan alergi. Hal ini bisa karena ikan yang sudah terkontaminasi atau kandungan proteinnya jelek. Sehingga sangat penting untuk mengkonsumsi ikan segar. Caranya perhatikan mata dan insang ikan apakah masih segar atau tidak.

Banyak Makan Sayur dan Buah serta Minum Susu

Selain protein, kehamilan membutuhan vitamin dan mineral. Seperti vitamin B kompleks, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D dan Vitamin E yang berfungsi untuk meningkatkan kebugaran Bumil. Serta sebagai pelengkap nutrisi yang dibutuhkan oleh janin dalam masa perkembangan sel-sel tubuh didalam kandungan

Vitamin B kompleks; berguna menjaga sistem syaraf, otot dan jantung berfungsi baik. Dapat diperoleh dari serealia, biji-bijian,kacang-kacangan, sauran hijau, ragi, telur dan produk susu.
Vitamin D;berguna untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang janin. bisa dari minyak hati ikan, kuning telur, dan susu.
Vitamin E; berguna bagi pembentukan sel darah merah yang sehat dan juga sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. bisa diperoleh dari biji-bijian terutama gandum, kacang-kacangan seperti kacang hijau, minyak sayur, sayuran hijau
Vitamin A dan C; banyak diperoleh dari buah – buahan, dan sayuran seperti wortel. Karena itu untuk pemenuhan vitamin dan mineral yang optimal bumil bisa menkonsumsi mixed jus, seperti jus pisang dan jeruk.

Sedangkan untuk konsumsi susu adalah utamanya untuk pemenuhan kebutuhan kalsium bagi ibu hamil. Susu ibu hamil yang dijual dalam kemasan yang memenuhi nutrisi janin terutama Asam Folat.  Jika tidak suka susu yang berdasar susu sapi bisa susu soya.

Kurangi Minyak

Dalam kenyataanya, ibu hamil sering tidak memperhatikan pola makan yang sehat dan benar. Karena mungkin mitos hamil bahwa ibu hamil makan untuk 2 orang maka, bumil makan banyak tanpa melihat kualitas gizi. Sebaiknya Ibu hamil mengurangi penggunaan minyak saat mengolah makanan. Ibu hamil hanya butuh 12,5 – 15gram minyak secara keseluruhan. Jangan gabungkan makanan yang banyak santan dengan goreng. Sebaiknya dalam satu piring ada variasi lauk. Seperti pepes ikan dengan sayur tumis,atau tahu tempe bacem dengan sayur lodeh dan sebagainya. (dr.inayah.B/m&k)

About these ads
Comments
8 Responses to “Makanan baik Selama Kehamilan Untuk Tumbuh Kembang Janin”
  1. Blog Peluang Bisnis mengatakan:

    Ada yang bilang jangan makan ayam terlalu banyak pada masa kehamilan. kenapa ya ? apa betul ya ?

    Blog Peluang Bisnis |Luxury Perfume, Jual Parfum Original dan Murah

    • Susant mengatakan:

      salam kenal mas , !!sebenarnya tidak ada masalah dengan konsumsi ayam, makan sesuai kebutuhan tapi yang perlu diingat seperti pada artikel diatas bahwa pengolahan ayam yang banyak minyak , berlemak atau bersantan dan atau terlalu pedas memang harus dikurangi untuk menjaga asupan gizi dalam pencernaan tercukupi dan tidak terganggu karena hal tersebut,

  2. na- mengatakan:

    suamiku bilang kalau aku harus menghindari makanan yang cara pengolahannya dengan cara di panggang/ di bakar seperti ikan P yang di panggang yang banyak dijual dipasaran atau contoh yang lain lagi adalah ikan sembilang yang katanya dapat menggugurkan kandungan…apa itu benar ya

  3. Susant mengatakan:

    salam kenal mbak! kalu dari nutrisi sebenarnya tidak ada ikan pantangan saat hamil, kecuali punya alergi,hanya dokter akan menyarnkan pilih ikan yang bernutrisi seperti omega3 n vitamin yg tinggi. seperti ikan diatasselain resiko alergi memang sering /jrng dijual dlm keadaan segar namun sdh melalui tahap2 tertentu dlm penjualaanya,jika mengandung bakteri atau protein yg jelek itu mang beresiko kearah situ , terims mbak?

  4. Ika mengatakan:

    Saya kurang kalsium pd msa kehamilan,apa yg dbutuhkan?

  5. Syadah mengatakan:

    Kehamilan saya ini slalu buat perut saya sakit,knp ya?rasa xslesa dan kadang2 rasa nak pitam pun ada,knp ya?sesiapa yg tau tlong jelas kan ya…

  6. nurwanti mengatakan:

    ass. saya bingung bingung tux memilih mkanan yg harus sya konsumsi karena saya punya alergi sama daging dan ikan…

  7. Aneka Laris mengatakan:

    makanan dan gisi memang harus diperhatikan untuk tumbuh kembang bayi dan janin agar mereka kelak bisa kuat dan sehat sesuai harapan orang tua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya.

  • Increase Page Rank
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: