Tonsilitis Atau Amandel, Haruskah Operasi?


Dimasyarakat pada umumnya, sering kita mendengar jika seorang anak diketahui kena amandel, pasti banyak yang menyarankan untuk operasi. Tapi Sebenarnya pertimbangan apa saja yang harus dipikirkan sebelum dilakukan operasi amandel dan dampak dari operasi tersebut?. Berikut sedikit pengenalan lebih dekat tentang amandel ini dari dr.Junita E,SpA;

Amandel dalam bahasa kedokteran dikenal sebagai tonsil palatina. Tonsil palatina adalah salah satu jaringan limfoid yang terletak pada lekukan tonsil dikedua sudut rongga mulut. Jaringan ini terdiri dari sel-sel darah putih limfosit dan sel-sel lain yang berperan dalam sistem imun (kekebalan tubuh). Oleh karena itu, amandel atau tonsil berfungsi sebagai penangkap dan mengumpulkan benda asing/kotoran dan kuman, serta berperan sebagai benda yang memproduksi antibodi. Dan yang seperti kita ketahui bahwa rongga mulut merupakan rongga yang terbuka terhadap dunia luar dan berhubungan dengan saluran pernafasan dan saluran pecernaan. Kuman, baik Bakteri atau virus serta benda asing lainnya dapat masuk melalui mulut kemudian dapat menyebabkan amandel/tonsil meradang, yang disebut Tonsilitis. Yang terjadi pada tonsil yaitu kemerahan, bengkak, berbenjol,benjol terasa tidak nyaman sampai nyeri, bahkan nyeri tersebut dapat menjalar ke telinga. Dalam keadaan lebih berat, bisa menyebabkan tersumbatnya jalan nafas akibat pembengkakan tonsil. sedangkan kondisi paling umum jika tonsil meradang adalah penderita akan merasakan gejala demam dan kadang disertai nyeri saat menelan. Kekerapan atau seringnya kontak dengan bahan atau kuman yang menimbulkan peradangan dan perubahan daya tahan tubuh tentunya sangat mempengaruhi seringnya terjadi peradangan pada tonsil dan gejala demam.

Kapan Boleh Operasi?

Pemeriksaan tentang tanda dan gejala yang diakibatkan tonsilitis atau amandel meradang sangat menentukan tindakan penanganan yang akan dilakukan. Keputusan pengangkatan amandel melalui operasi (tonsilektomi) pada seorang anak mutlak diperlukan bila terjadi kegawatdaruratan. Yaitu berupa pembengkakan tonsil yang menyebabkan sumbatan jalan nafas, gejala nyeri menelan yang berat, gangguan tidur dan komplikasi jantung-paru, abses pad tonsil dan sekitarnya yang tidak membaik dengan pengobatan medis, timbulnya komplikasi berupa kejang demam atau kondisi yang membutuhkan pemeriksaan jaringan seperti dugaan tumor dan keganasan. Petimbangan lain dilakukan tonsilektomi;

  • Jika terjadi 3 kali atau lebih infeksi pada tonsil dalam satu tahun dengan terapi antibiotika yang sesuai oleh dokter
  • Peradangan menahun yang tidak membaik dengan pemberian tindakan medis non bedah
  • Perdangan tonsil menahun atau berulang pada pembawa bakteri streptococcus yang tidak membaik akibat kebal terhadap antibiotika.
  • Sedangkan batasan usia untuk dilakukan operasi amandel masih merupakan perdebatan dikalangan medis. Ada juga literatur yang menyebutkan bahwa usia tidak menentukan boleh tidaknya dilakukan tonsilektomi.

Dampak Operasi amandel

Tonsil memang berperan dalam kekebalan tubuh. Namun, bukan berarti setelah dilakukan tonsilektomi, lantas daya tahan tubuh anak menurun. Sebab berdasarkan riset pada tahun 2003 yang dimuat dalam International jornal Of Pediatric otorhinolaryngology tertulis tdak terdapat perbedaan bermakna pada kekebalan tubuh antara kelompok yang menalani tonsilektomi dibandingkan dengan yang tidak dilakukan tonsilektomi. Pengamatan tersebut dilakukan selama 20 tahun.

About these ads
Comments
20 Responses to “Tonsilitis Atau Amandel, Haruskah Operasi?”
  1. camera mengatakan:

    tapi katanya pas baru di ambil gk bisa makan ya???

    katanya sakit banget…

  2. mel mengatakan:

    wuiihhh… waktu kecil saya pernah kena amandel… untung gak nyampe operasi..

  3. ijux....revo mengatakan:

    adik saya setelah operasi demam kenapa ya ?

  4. ijux....revo mengatakan:

    adik saya setelah operasi amandel terkenan demam …kenapa ya ?

    • Susant mengatakan:

      maaf ya mas baru bisa jawab, mungkin saya boleh bertanya berapa hari setelah operasi adik anda demam, jika memang setelah 1-3 hari adik anda setelah dioperasi tidak demam lalu muncul demam pada hari ke3,4,5 dan strusnya, maka biasanya ada infeksi lain bisa mungkin dari luka bekas operasi atau dari daerah tubuh lain, maka sebaiknya konsultasikan pada dokter yang menanganinya, karena biasanya dalam waktu 1-4 minggu stlh operasi sipenderita harus terus rutin kontrol jika ada keluhan atau obat habis

    • Susant mengatakan:

      wah sory sampai tany 2 kali, siempunya baru bisa online,hehe,,

  5. umi aqilla mengatakan:

    anak sy usia 20 bulan kena amandel…bgm penanganannya ya pak?sy termasuk ibu bekerja sampai jam 15.30 sore,,dia dirumah sama yg momong…

    • Susant mengatakan:

      Salam kenal mbaK! seperti yang telah saya bahas dlm artikel diatas,penyakit ini apalgi pd anak2 harus diidentifikasi dg signifikan. apakah amandel yang diderita anak ibu mengalami pertimbangan kegawatan seperti yang disebutkan diatas dan seberapa pengaruhnya terhadap aktifitas dan kesehatan sikecil, atau sudahkah pernah berkonsultasi/diperiksakan ke dokter spesialis THT untuk lebih jelas ttg kondisi penyakitnya. Jika perdangan yg trjadi belum menimbulkan kegawatdaruratan, biasanya pilihan terbaik untuk anak2 seusia anak ibu adlah pengobatan oral/jalan untuk mengurangi peradangan/pembesaran amandel. karena pilihan operasi pengangkatan amandel harus benar2 dlm keadaan dibutuhkan dengan tidak adanya kontra indikasi. trims !!

  6. IRHA mengatakan:

    SAY AMENGALAMI TONSIL PADA SAAT INI …………TAPI KADANG KADANG TONSIL SAYA KAMBUH SEHINGGA SAYA MENJADI MALAS BELAJAR DAN SAYA LEBIH CENDRUNG TIDUR ……….

    APAKAN TONSIL SAYA INI HARUS DI OPERASI???

  7. salsabilarahdany mengatakan:

    mas , sya terkena amandel nah di amandel sya ada putih putuh ! kata dokter itu klo hilang hrs di operasi yah ?

    • Susant mengatakan:

      salam kenal mas! beberapa gejala peradangan amandel bisa disertai seperti itu dan menurut saya seperti artikel diatas, operasi dilakukan jika benar-benar keluhan mendesak dan gawat jika dipertahankan.

  8. riri mengatakan:

    Mas aq umur 23thn dari kecil sudah kena amandel nahh di amandel saya ada putih2 n semacam sariawan gtuu klo lg kambuh sampe gak bisa nelen air,apa oprasi ttp jln yg terbaik? Oprasi apa yg bagus ya?

    • Susant mengatakan:

      salam kenal y mbak riri. begini mbak! apa amandel pernah diperiksakan ke Dr spesialis THT. kalau pernah pasti dokter lebih tahu. bagaimana keadaan, ukuran atau efek dari amandel mbak!. dan menurut saya sebenarnya ada cara lain pengecilan amandel didunia medis, tnp operasi dg alat radiasi tertentu.namun memang masih relatif mahal. jika amandel mbak hanya mengganggu saat terjadi infeksi saja, berarti masih tergolong belum indikasi operasi. tiap harinya sebaiknya mbak banyak mngkonsumsi buah2 yg kaya anti oksidan misalnya nanas atau anggur yg bs bermanfaat untk mncegah pembesaran n mengecilkan amandel.trims mbak.

  9. M.Agus Efendy mengatakan:

    ini anak saya mau menjalani TONSILEKTOMI,apa yang harus perhatian pasca oprasinya???

  10. T.Atmojo Widodo mengatakan:

    Apakah amandel bisa menyebabkan kurangnya daya ingat pada anak

    • Susant mengatakan:

      salm mas! seperti artikel tentang ngorok akibat tonsilitis! /amandel, ketidakefektifan jaln nafa sakibt pembesran amndel dpt menimbulkn beberapa ganguan kedepnx yg salh satux kurng lancarx alirn oksigen ke otak n menggaggu prose berpikir terutma ank2 yng sdg berkembang Terims

  11. putusudi mengatakan:

    ada yang mengatakan,, klo setelah oprasi amandel,, berdampak terhadap daya ingat.. bener ga?? thx..

  12. yuni mengatakan:

    mb.. saya sering melihat di dkt amandel saya ada biji kecil berwarna putih, tp terkadang bisa saya ambil pakai tangan.sebenarnya itu apa ya??apa itu berbahaya?

    • Susant mengatakan:

      salam mbak yun. hal tersebut dapay akibat infeksi jamur atau pun baktri yg sering terjadi ppd tempat tersebut. maka untuk itu segera periksa dan konsultasikan pda dokter terdekat ataupun Dr Spesialis THT untutk ,mencegah dini hal2 berbahaya lainnya. trims mbak!!!

  13. Efek pengaruh operasi dari Amandel (Tonsil palatina ) selain gak bisa makan dan demam apah yah ini dialami oleh adeik sepupu saya kelas 3 SD .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya.

  • Increase Page Rank
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: