5 VAKSIN IMUNISASI DASAR BAYI


Pemerintah setiap tahun terus berupaya untuk menurunkan angka kejadian penyakit seperti Poliomyelitis (kelumpuhan), Campak (measles), Difteri (indrak), Pertusis (batuk rejan / batuk seratus hari), Tetanus, Tuberculosis (TBC) dan Hepatitis B dengan menggalakan program pencegahan penyakit yaitu imunisasi pada bayi dan anak. Imunisasi bisa diartikan suatu usaha untuk membuat seseorang menjadi kebal terhadap penyakit tertentu dengan menyuntikan vaksin. Yakni kuman hidup yang dilemahkan / kuman mati / zat yang bila dimasukkan ke tubuh akan merangsang menciptakan kekebalan terhadap penyakit tertentu.

5 macam Vaksin imunisasi dasar

Untuk imunisasi dasar yang harus diberikan pada bayi antara lain.

  • Vaksin Polio; Bibit penyakit yang menyebabkan polio adalah virus, vaksin yang digunakan oleh banyak negara termasuk Indonesia adalah vaksin hidup (yang telah diselamatkan) vaksin berbentuk cairan. pemberian pada anak dengan meneteskan pada mulut. Kemasan sebanyak 1 cc / 2 cc dalam 1 ampul.
  • Vaksin Campak; Bibit penyakit yang menyebabkan campak adalah virus. Vaksin yang digunakan adalah vaksin hidup. Kemasan dalam flacon berbentuk gumpalan yang beku dan kering untuk dilarutkan dalam 5 cc pelarut. Sebelum menyuntikkan vaksin ini, harus terlebih dahulu dilarutkan dengan pelarut vaksin (aqua bidest). Disebut beku kering oleh karena pabrik pembuatan vaksin ini pertama kali membekukan vaksin tersebut kemudian mengeringkannya. Vaksin yang telah dilarutkan potensinya cepat menurun dan hanya bertahan selama 8 jam.
  • Vaksin BCG; Vaksin BCG adalah vaksin hidup yang berasal dari bakteri. Bentuknya vaksin beku kering seperti vaksin campak berbentuk bubuk yang berfungsi melindungi anak terhadap penyakit tuberculosis (TBC). Dibuat dari bibit penyakit hidup yang telah dilemahkan, ditemukan oleh Calmett Guerint. Sebelum menyuntikkan BCG, vaksin harus lebih dulu dilarutkan dengan 4 cc cairan pelarut (NaCl 0,9%). Vaksin yang sudah dilarutkan harus digunakan dalam waktu 3 jam. Vaksin akan mudah rusak bila kena sinar matahari langsung. Tempat penyuntikan adalah sepertinya bagian lengan kanan atas.
  • Vaksin Hepatitis B; Bibit penyakit yang menyebabkan hepatitis B adalah virus. Vaksin hepatitis B dibuat dari bagian virus yaitu lapisan paling luar (mantel virus) yang telah mengalami proses pemurnian. Vaksin hepatitis B akan rusak karena pembekuan dan pemanasan. Vaksin hepatitis B paling baik disimpan pada temperatur 2,8°C. Biasanya tempat penyuntikan di paha 1/3 bagian atas luar.
  • Vaksin DPT; Terdiri toxoid difteri, bakteri pertusis dan tetanus toxoid, kadang disebut “triple vaksin”. Berisi vasin DPT, TT dan DT. Vaksin DPT disimpan pada suhu 2,8°C kemasan yang digunakan : Dalam –    5 cc untuk DPT,   5 cc untuk TT,   5 cc untuk DT. Pemberian imunisasi DPT, DT, TT dosisnya adalah 0,5 cc. Dalam pemberiannya biasanya berupa suntikan pada lengan atau paha.

Nah! itu tadi ke-5 vaksin dasar untuk program imunisasi bayi dan anak diindonesia. Untuk Indikasi, efek samping dan jadwal pemberian vaksin akan kita bahas pada tulisan selanjutnya.

About these ads
Comments
15 Responses to “5 VAKSIN IMUNISASI DASAR BAYI”
  1. muhammmad aripin mengatakan:

    maaf progam tersebut jangan dikasihkan ke masyarakat yaa bu,.soalnya Vaksi itu adalah rencana kejahatan besar yg di lakukan oleh yahudi.,.,.,maka dari itujangan dzolimi anak2 dan bayi dengan obat2 imunisasi yg jelas2 memasukkan barang penyakit kedalam tubuh si munil yg jelas2 sehat/./..
    Al hasil para pelaku vasksin atau imunisasi sebaiknya ditanya ” apakah untuk melindungi tikus dari rumah kita dari tikus, kita harus memasukkan dan memelihara tikus dirumah?” atau apakah bila kita ingin melindungi kamar dari ular kita simpan ular ganas di kamar?..atau apakah nila kita ingin melindungi diri dari godaan dan tipu daya syetan, lantas kita harus memasukkan setan ketubuh kita? nah, berikutnya, ” apakh bila kita ingin menlindungi diri dari penyakit, lantas kita harus meelan dan disuntukkan bibit penyakit? untuk itu sangat meustahil menghindari keburukan dengan keburukan baru.,.hnetiakn,.yaa bu .,semua yg di lakuakn akan ada pertyanggung jawabannya nanti di akhirat,.,.

    • ajay mengatakan:

      maaf mas sblmnya y,sya cman mau ngsh tahu,jadi orng jangn sok tau klau emang blm tau,crilah tau klau anda ingn tau.

    • Merdeka mengatakan:

      Den mas muhammmad aripin Yth.
      1. Imunisasi telah ada dan dilaksanakan sejak lebih dari 30 tahun yang lalu … Dan apakah semua orang berumur 30 tahun yang telah diimunisasi sekarang jadi anthek Yahudi (atau kalau bukan itu apakah efeknya pada kehidupan ini) ?
      2. Seharusnya anda malu menggunakan nama Muhammad, karena Beliau yang telah dahulu menggunakan nama Muhhamad adalah insan yang sangat mulia (bukan orang yang berpandangan picik)

    • richky mengatakan:

      orang-orang seperti inilah yang bikin indonesia ga maju2. kalo ga mau pake imunisasi ya ga usah pake. ga usah bilang2 konspirasi yahudi. gampang kann!! stupid fuck!!!

  2. susant mengatakan:

    untuk mas arifin , salam kenal mas ! apa benar sma sperti itu. ?!!! ALLah tlh mentakdirkan segala sesuatunya dg baik! maka dengan niat yg baik n tujuan yang baik. semoga kita selalu menjadi hamba 2 yang selalu dirahmati ALLAH . Amin..

  3. tsenli mengatakan:

    saya garis bawahi bahwa kata mas arifin bahwa “vaksin itu adalah rencana kejahatan besar yg di lakukan oleh yahudi”
    apa buktinya mas !!
    kalo emang kejahatan besar kenapa MUI membolehkan imunisasi !!!!!
    menurut saya, imunisasi wajib demi kebaikan kita semua. kalo gak salah denger, ada ungkapan “ambillah kebaikan itu walaupun dari nonmuslim”.
    So… jahatnya imunisasi apa?
    Gara-gara virus asalnya ???
    virus bukan berarti jahat selalu. darimana sudut pandang yang kita lihat. Kalo kita lihat sebelah mata, ya jelas virus masuk ke tubuh disebutnya kejahatan masuk ke tubuh. tapi kan,,,virus yang jadi imunisasi yang dimasukkan itu baik (kalau versi manusianya “orang kafir dah di islam kan”pen”. virus tetep ciptaan Allah.
    maacih.

  4. Eny mengatakan:

    Agama islam begitu mulia….paling mulia di dunia dan kekal di akhirat.
    Vaksin tercipta melalui manusia tapi semua itu terwujud karena kuasa dan kehendak Allah SWT….kalau Allah SWT tidak mengizinkan…tidak akan muncul program imunisasi.
    Allah akan memberi cobaan kepada umatnya….Insya Allah…. Allah juga akan memberi kemampuan kepada umatnya untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah.
    Begitu juga vaksin diciptakan Allah…tapi atas kuasa dan kehendaknya diberi ilmu kepada umatnya untuk menaggulanginya….seperti adanya vaksin. Subhanalllah…..Allahu Akbar.

  5. nuraisah mengatakan:

    menurutku imunisasi itu penting …darimana asal muasalnya yg penting itu untuk kebaikan buah hati……dan yg penting lg sdh ada izinnya dari lembaga terkait…apalagi skarang banyak macam penyakit kalo memang imunisasi dapat melindungi anak …knapa tidak….
    aku setuju dengan jeng ENY ALLAH menciptakan semua mahluk hidup itu manfaatnya

  6. Aliefia. QA mengatakan:

    gak usah jauh2 dengan yahudi or embel2 apapun. saya sangat setuju dengan nalar nya mas Muhammad. coba fikirkan lagi untuk smuanya. gak usah ribut.
    bayi terlahir dengan memiliki imun nya sendiri.
    ASI sudah lebih dr cukup. bukannya para ibu tau sendiri masa bayi mendapat makan tambahan di usia 6 bulan, sebelum dr itu hny ASI or SUFOR.
    makanan sehat aja kagak boleh… laaaa opo maning virus….!!! pikir deh pikiiiiirrr……..!!!!
    apa pun bahasanya. “virus yg dilemahkan” kek, virus yg ini virus yg itu.
    tetap mengerikan rasanya…. virus kok malah sengaja di masukkan ke tubuh. bayi lagi.
    sampai kapan kita mau terus BODOH….??!!!!

    • dian mengatakan:

      buat mbk aliefia yth…
      sebelum ngomong seperti itu…kaji dan telaah dulu apa dan manfaat apa yang didapat dr imunisasi…jangan asal bicara yang gak sopan seperti itu….

    • Zahra mengatakan:

      Re:Mbk Aliefia
      Owhh gt ya mbk???? Klo gt anak,cucu,sdra mbk g usah n jangan sampe pakai vaksin aja mbk,,, yah “mudah2 an kedepannya gag kena penyakit yg mematikan deh mbk”
      Helloooo,,,ni jaman modern mbaakkk,,penyakit jg udah macem2,,,jaman dolo mah namanya flu burung, AIDS, Hepatitis kagak ada,,ya aman2 aja klo gag di vaksin.
      jaman dah maju pikiran juga harus maju dong,,, :D
      Mbk ati2 loh klo dkt2 orang,,rentan banget ketularan penyakit menular,klo yg udah di vaksin mah its ok ajaaa,,,aman2 hhhhoooo

      Orang yang BODOH adalah orang yang tidak mengikuti perkembangan jaman, dan berpikiran mundur kebelakang, “kyk undur2 :p”

  7. amrozi mengatakan:

    Sepengetahuan ku MUI blm menyatakan halal buat imunisasi… Kalo seminar memang ada dg tema imunisai itu halal dan baik.. Itu yg dilakukan oleh produsen vaksin bio farma.. Boleh tny buat ANSIL info yg menghalalkan vaksin di mana ya?

    • deti mengatakan:

      bwt mas amrozi ,,
      maaf y mas sy mmang tdk tahu info klo MUI sdh menghalalkan VAKSIN ,, tp kalo MUI mengharamkan pasti sudah dilakukan gerakan2 yg menentang dilakukanya VAKSIN ,, toh hingga saat ini MUI sj hanya diam dan mendukung jalanya VAKSIN kenapa anda yg sewot ??

      • wahida muin mengatakan:

        lakukan lah sesuatu sesuai dg kapasitas ilmu kita masing2 asalkan sesuatu itu sdh kita ilmui mk masalah penerapannya terserah kpd individu masing2 gak prlu terlalu berpolemik kita menghargai sj pendapat yg berbeda dg kita,wajar lah masing2 py sudut pandang yg berbeda2 ndak usah terlalau menjelek2 kan pendapat org lain toh pada dasarnya semua org menghendaki kebaikan pd dirinya , keluarganya dan anak anaknya. bersikap dewasa ajalah dg perbedaan pendapat, simple kan

  8. ira sintcy mengatakan:

    Banyak Ilmu kesehatan yang datang dari yahudi,ilmu kedokteran ,kebiadanan,termasuk juga imunisasi,toh sampai sekarang kita telah merasakan banyak manfaat nya.jd kita tdak perlu mengklaim yahudi punya tujuan jahat ttg imunisasi,karna bukan negara kita saja yang menerimanya,ilmu jika bermanfaat tidak penting datang dari siapa,kita juga tidak boleh memungkiri “mereka” lebih pintar dan cepat berkembang dari pada kita,karena mereka gigih belajar dan mencari..ini juga contoh yg baik juga kan dari mereka,tapi sebagai muslim harusnya kita bangga,mereka banyak menggali ilmu dari AL-QURAN lho,yang jelas2 adalah kitab kita..jd isu2 sprti itu hanya bertujuan merugikan diri kita sendiri…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya.

  • Increase Page Rank
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: