Cara Stimulasi Permainan Tangan Yang Cerdaskan Bayi


Sebagai pelengkap bahasan sebelumnya tentang permainan telapak tangan dan kaki. Kini contoh permainan tangan sederhana yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan dan optimalisasi otak sikecil.

Lambaian

Lambaian satu tangan anda diatas wajah sikecil dengan jarak 20 – 30cm dengan gerakan lambat atau perlahan-lahan. Sambil bersuara dan tersenyum padanya akan bermanfaat baginya untuk memusatkan pandangan bayi.

Tangan Berputar

Putar telapak tangan anda diatas wajahnya kekiri dan kekanan perlahan – lahan. Jika anda mempunyai sarung tangan berwarna hitam putih atau abu – abu tentu lebih baik digunakan pada tangan anda guna membantu memusatkan pandangan dan daya penglihatan sikecil karena bayi baru lahir lebih tertarik pada warna hitam putih sesuai dengan perkembangan panca inderanya.

Menjentikan Jari

Jentikan jari anda hingga berbunyi diatas wajah sikecil diikuti dengan sebuah nyanyian riang. gerakan atau jentikan jari perlahan bergerak arah ketas-kebawah dan samping kanan – kiri. Sikecil akan berusaha merespon mengerakan wajah dan tubuhnya untuk mencari sumber suara tadi yang akan mengasah kemampuan panca inderanya.

Tepuk Tangan

Tepuk tangan anda tiga kali perlahan dikiri dan dikanan wajah sikecil sambil mengajaknya berbicara dan bercanda sambil anda tersenyum.

Gerakan jari – jemari

Gerakkan jari-jemari anda serta dengan memegang jari-jari sikecil sambil menggerak- gerakanya dengan irama pelan hingga kecepatan sedang sambil berbicara dengan sikecil. Hal ini bermanfaat untuk mengasah panca indera peraba bayi.

Ciluk Ba!!!

Permainan ciluk Ba! permainan yang paling sering dilakukan dengan rapatkan jari – jari tangan anda keseluruh wajah lalu singkap dan buka perlahan sambil berkata Ba!!! sambil terseyum akan sikecil pasti senang.

Mengusap

Usapkan tangan anda ke atas kepala bayi , jari-jarinya, bagian perut, paha hingga jemari kakinya. Jangan lupa sambil bernyanyi dan tersenyum. Ini adalah pelatihan kemampuan seluruh inderanya yang murah meriah tapi sangat bermanfaat untk perkembangan sikecil.(Dr.Gladys,m&k’09)

About these ads
Comments
One Response to “Cara Stimulasi Permainan Tangan Yang Cerdaskan Bayi”
  1. Ummu Fatih mengatakan:

    thank’s infonya bagus dan bermanfaat

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya.

  • Increase Page Rank
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: