Penyakit Cikungunya Dan Pengobatannya


Penyakit yang disebabkan virus cikungunya juga penyebaranya melalui nyamuk, antara lain Aedes Aegypti. Perbedaanya dari DBD adalah cikungunya tidak menimbulkan perdarahan hebat, syok dan kematian. Gejala utama penyakit cikungunya adalah tiba – tiba tubuh terasa demam diikuti dengan nyeri / linu dipersendian. bahkan, salah satu gejala yang khas adalah timbul rasa pegal – pegal, ngilu, juga timbul rasa sakit pada tulang dan sendi dan bisa menimbulkan kelumpuhan sementara sehingga, penyakit ini juga disebut demam tulang.

Virus ini menyerang semua umur baik anak – anak maupun dewasa didaerah endemis. Pada Anak kecil dimulai dengan demam mendadak, kulit kemerahan serta sering disertai gejala flu. Bahkan ada anak dijumpai dengan demam tinggi yang mengakibatkan kejang demam. Pada anak yang lebih besar dan orang dewasa, demam diikuti rasa sdakit pada otot dan sendi sehingga sulit untuk berjalan dan pembesara kelenjar getah bening. Mual dan muntah juga bisa menyertai. Demam ini biasanya hanya 3 hari tanpa perdarahan

Langkah Pengobatan

Masa inkubasi 2 – 4 hari dan manifestasi penyakit berlangsung 3 – 10 hari. Virus ini termasuk self limiting disease alias hilang dengan sendirinya. Jadi, usahakan jangan panik jika anggota keluarga mengalami penyakit ini karena tidak sampai menimbulkan kematian. Tapi rasa nyeri masih akan tertinggal dalam hitungan minggu sampai bulan. Dan harus waspada pada anak yang punya riwayat kejang demam.

Tidak ada vaksin atau obat khusus untuk penyakit ini . Cukup minum obat penurun panas dan penghilang nyeri serta istirahat dan asupan makan dan minum bergizi yang cukup. Untuk anak berikan obat penurun panas dan kompres untuk antisipasi demam tinggi yang mengakibatkan kejang demam.  Dokter biasanya memberikan golongan obat penurun panas / flu dan analgesik serta vitamin penguat daya tahan tubuh. Perbanyak air putih, asupan karbohidrat dan protein, makan buah -buahan segar terutama setelah melewati lima hari demam untuk memulihkan kondisi seperti semula (m&k’08)

About these ads
Comments
28 Responses to “Penyakit Cikungunya Dan Pengobatannya”
  1. pasien mengatakan:

    sebenarnya cikungunya ini apa jenis penyakit yg berasal dr indonesia atau khususnya jawabarat? apa diluar negeri nggak ada kok namanya mirip2 bahasa sunda

  2. rina mengatakan:

    Saya ingin bertanya,apakah seluruh anggota keluarga bisa terkena apabila salah satu nya terkena penyakit ini?

  3. chikow mengatakan:

    apa benar bahwa bila terjangkit, persendian yang nyeri tersebut tidak boleh dipijat…??
    matur tengkyu sblumx..^^

    • Susant mengatakan:

      cory baru bisa jawab ,biasa banyak job., jhehe, memang nyeri pada persendian akibat cikung sebaiknya jangan dipijat karena, nyeri tersebut adalah akibat mekanisme efek yang bisa dikatakan secara awam adalah racun dari gigitan nyamuk, pijtan hanya kan menambah pengumpulan zat2 tersebut yang akan menambah nyeri karena mekanisme tubuh imunitas untuk melawanya.trims semoga bermanfaat

  4. ry shafa mengatakan:

    terima kasih :)

  5. ummi mengatakan:

    rasa pegal dan linu pada penyakit cikung boleh diolesi balsem ga? trims sebelumnya.

    • Susant mengatakan:

      Sebenarnya g maslah kalau hanya diolesi balsem,tapi jangan dengan dengan diurut, sebenarnya lebih baik jangan pakai balsem , untuk mengurangi sedikit nyerinya bisa pakai krimdan salep analgesik. /penghilang nyeri.trims juga mbak!!

  6. kuntarto mengatakan:

    terima kasih telah berbagi pengetahuan

  7. ambar mengatakan:

    maaf mau tanya..apakah benar cikungunya bisa menyebabkan bengkak? saya tinggal di semarang..tetapi keluarga besar saya tinggal di desa kalibogor kecamatan sukorejo kabupaten kendal jawa tengah.
    saya mendapat kabar disana sedang mewabah cikungunya(kata orang2 kampung)
    waktu saya pulang,saya mendapat kabar kalau nenek saya baru membaik dari sakit cikungunya.tadinya sampai tidak bisa jalan,lalu saya minta kalau nenek jadwal kontrol ke poliklinik tempat berobat tanyakan pada dokternya apa penyebabnya biar jelas. hari ini saya dapat kabar, kalau ibu kakak ipar saya juga baru saja sembuh dari cikungunya.lalu saya hub adik saya utk menanyakan kabar nenek dan hasil periksa ulang.ternyata dokter disana menyatakan kalau nenek saya kena cikungunya dan sekarang malah tangan ikut bengkak(dulu kaki).
    ibu kakak ipar saya juga bengkak kakinya hingga tidak bisa jalan.
    kalau boleh tahu apa saja penanggulangannya dan bagaimana pemulihannya.kenapa rata2 orang manula yang terkena cikungunya?
    sekedar informasi..di daerah saya termasuk daerah dingin

    termakasih

    • Susant mengatakan:

      O.ya sy maafkan he.. . sperti kt ketahui cikungunya layaknya DBD(dememberdarah) jd bisa mewabah pd tempat2 resiko tinggi adanya nyamuk pada tempat itu. Penanggulanganya sepertijuga pd DBD,bisa 3m,fogging dsb. untuk pemulihan cikungunya memang relatif berbeda antara penderita. Jika memang memungkinkan kontrol rutin pd instnsi medis,PKM,RS memang harus dilakukan pasca terkena cikungunya. Sehingga proses penyakit n penyembuhanya bisa terkontrol sepenuhnya, trim mbak ambar

    • Angger Swandana CoPit mengatakan:

      sm sprty org tuaku”sdh hmpir se bln tp blm ada prubahan”malah brtmbah parah”yg tdny tangan dan kaki msh bs digerakan kini sdh tak lg bs”MAU TANYA?GMN SIH CARA PENGOBAN PASTINYA?

  8. Transferfactorformula mengatakan:

    Virus yang saya ketahui tidak bisa dimatikan hanya bisa dikristalkan apa benar yaa..?

    • Susant mengatakan:

      mksudnya dikristalkan dimana nih! saat diluar tubuh atau didalam tubuh.apa jg maksud kristal seperti dilemahkan begitu? pasti mas thu sifat virus hanya hidup dalam tubuh makluk hidup. dan virus pun dapat mati atau lemah dg bermacam tehnik sterilisasi !

  9. ephiex mengatakan:

    aku denger2 penyakit cikungunya itu dapat menyebabkan kematian..
    dan sdah ada korbannya…..
    menurut anda apakah hal itu tidak penting tha untuk dibahas???????

    • Susant mengatakan:

      trim atas masukanya! mungkin akan sy bahas maslah penderita yang ‘terdiagnosa, cikungunya sampai mengakibatkan kematian secara detail. mendatang!

  10. rina mengatakan:

    kenapa setelah sembuh dari cikungunya kaki menjadi bengkak tapi tidak nyeri..apa rasional x?

    • susant mengatakan:

      sebenarnya tidak sma saat terkena cukungunya atau stlah smbuh dr cikungunya akan mengalami bengkak. hal tersbt bs diakibatkan dr kualitas serangan dan efek pertahabab tubuh, atau jg penyakit penyerta lain dan efek sementra obat-obatan. trims mbak!

  11. ayu mengatakan:

    setelah terserang cikungunya, jari-jari tangan gak bs digerakan< kata dokter terkena syaraf< apakah penyakit ini bs menyerang syaraf? dan bgmana pengobatanya, trims

    • susant mengatakan:

      Penyakit cikungunya adlah virus yg terbw nyamuk. mk serangan yg mengenai saraf itu jelas nmungkin terjdi. Namun dengan pemeriksaan n pengobatan secra rutin n berthap. InsaALLah hal tersebut bisa sembuh.

  12. yanti mengatakan:

    Boleh tanya, apa perbedaan gejala dengan lupus tulang, solanya gejala lupus tulang jg dimulai dengan demam dan tulang terasa nyeri, bisa tolong di jalasin lbh lanjut

  13. likha mengatakan:

    lega deh . makasih ya:D

  14. bahsenda sinaga mengatakan:

    agus war………….

    apa penyakit saya ne cikingunya…?
    nyeri sendi, demam, dan pusing…………

  15. Diki mengatakan:

    terimakasih. informasinya sangat bermanfaat. karena baru-baru ini di Desa palinggihan kecamatan Plered Purwakarta sepertinya terjadi wabah cikungunya……

  16. awin mengatakan:

    apa bnr pnykit cikumunya itu obt .a dgn mnum spirit ????

    bls ya ! ! :-/

  17. pijei mengatakan:

    sya lgi skit itu mkin sekrng,krna semua persendian dan pergelangn kaki tangn saya saat ini nyri dan bengkk memerh,sehingga saya tidakbisa berjalan……..tolong dong saya hrus gimana,skit sekali rasanya

  18. rieby mengatakan:

    saya barusaja sembuh dari sakit itu….kira2 sy alami 3 minggu lebih,
    awalx badan lemes, tiba2 kaki kaku ,sama tangan kanan sakit kalo di gerakkan….sampai kepangkal leher sakit sekali, sy demam 3 hari, pd hari ke 4 baru priksa dokter…katax typus…trs sy di kasih antibiotik dan minum air madu terus….demam sy cepet sembuh tp rasa nyeri sendi yg lama sembuhx….sy sampai gk bisa jalan….nyeri pd sendi sy olesi dg crem untuk sendi….mmg belum begitu kuat tulang sy yg sakit….tp ya mendinglah….

  19. Atik Agustina mengatakan:

    pertama kali sih saya tidak merasa kalau terserang cikumunya, saya kira hanya kecapaian karena aktifitas akhir-akhir ini terlalu padat jadi saya pijat, tapi setelah pijat keesokan harinya sih sufah tidak capek. tetapi selang 2 hari badan saya panas dan kemudian hari berikutnya gatal-gatal, panas hanya berlangsung 2 hari kemudian setelah itu tidak panas tapi muncul merah merah seperti biduren.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya.

  • Increase Page Rank
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: