PANCA INDERA BAYI USIA 0 – 1 BULAN


Merespon Suara Dengan Gerakan

Saat bayi baru lahir Indera pendengaranlah yang paling awal berfungsi dengan baik. Bayi mulai mendengar suara dalam frekuensi dan desibel tertentu. Saat mendengarsuara ,bayi akan merespon dengan gerakan. Bayi bisa mengenali asal suara melalui beberapa tahapan, Yaitu gelombang suara ditangkap oleh daun telinga dan diteruskan melalui membran timpani. Lalu, membran ini mengubah gelombang suara menjadi getaran. Selanjutnya getaran melewati tulang pendengaran yang kemudian diteruskan menuju rumah siput( klokea). Di rumah siput ini terdapat reseptor berupa rambut – rambut halus sensoris dan pergerakan cairan yang menghantarkan getaran menuju sel syaraf sensoris menuju otak dalam bentuk impuls dan diubah menjadi informasi suara.

Mampu Mengenali Suara Ibu

Bila indera pendengarannya baik, bayi akan mampu mengenali suara ibu yang memanggil namanya sejak usia 3 hari. Sebenarnya dalam hal pendengaran, sejak dalam kandungan ia sudah bisa mendengar detak jantung, suara sistem pencernaan, bahkan suara dari luar kandungan. Dan yang paling unik, apapun yang ibu dan ayah lakukan dia akan mengetahuinya, termasuk menyanyikan lagu, membacakan cerita. Dan saat usianya bertambah ia akan mengingat lagu atau cerita yang pernah didengarkan. Mengagumkan!!!

Tertarik Melihat Benda Hitam Putih

Bayi baru lahir bisa melihat cukup baik dengan fokus yang jelas untuk benda jaraknya berkisar 20 – 25 cm. Jadi jika ia digendong , ia akan memandangi anda dengan sungguh – sungguh. Bayi baru lahir senang melihat wajah daripada benda lain, sehingga ia kan bisa mengenali garis dan bentuk wajah ibu di banding orang lain. Meski penglihatanya sudah berfungsi, namun pandangan bayi masih kabur atau gelap bila melihat benda dalam jarak lebih dari 25 cm. Karena otot dan syaraf mata bayi masih dalam proses berkembang. Minggu – minggu pertama, bayi tertarik melihat garis melengkung , benda tiga dimensi serta gambar hitam dan putih daripada benda berwarna.

Menyukai Rasa Manis

Penelitian menyebutkan bahwa bayi baru lahir cenderung menyukai rasa manis. Bisa membedakan bau ASI ibunya dan ASI ibu orang lain. dia akan menangis bila di beri rasa selain rasa manis seperti asin atau pahit.

Jangan Batasi Eksplorasi Sentuhan si kecil

Yang terpenting adalah Sentuhan terhadap bayi baru lahir. Melalui kulit dan kepekaan, dia mengenali dunia disekitarnya dengan sensasi seperti suhu udara,tekanan,tekstur. Dengan sentuhan ibu dan ayah membuat bayi merasa nyaman dan melekatkan kedekatan hubungan anak dan orang tua. Dengan menggendong, belaian, mengayun , menciumi dan sebagainya, niscaya bayi merasakan nyaman luar biasa. Disarankan bagi ibu , jangan menutup tangan bayi dengan sarung tangan. Memang itu bertujuan untuk menghangatkan atau khawatir ada kuku yang melukai wajahnya. Tetapi hari – hari selanjutnya lepaskan sarung tangan pada bayi, agar dia bisa membuka dan menutup tangan sesuai rangsangan serta merasakan sentuhan yang Ibu berikan.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya.

  • Increase Page Rank
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: