Prestasi Melorot Pada Anak Akibat TIdur Ngorok


Orang tua pasti begitu senang memandangi sibuah hatinya terbuai dalam mimpi. Ia begitu nyenyak sampai terdengar suara dengkuran halusnya. Namun kini para orangtua harus waspada bila sibuah hatinya selalu mendengkur / mengorok dalam setiap tidurnya.Karena hal itu menyebabkan penurunan kadar oksigen dalam darah dan mengganggu perkembangan otak sikecil. Sehinga membuat anak sering cepat merasa lelah dan kesulitan belajar.

Menurut Jodi mindell, Direktur Sleep Center Children’s Hospital Philadelphia,AS ,”mendengkur terjadi karena waktu tidur otot – otot lidah bagian belakang menutup saluran pernafasan. Kondisi ini selain menyebabkan tidur mendengkur/ngorok , juga bisa menyebabkan anak berhenti bernafas untuk beberapa detik. Akibatnya terjadi penurunan kadar oksigen dalam darah. Anak yang kerap mendengkur memiliki gejala gelisah saat tidur , sering terbangun , mengompol, susah dibangunkan , mengantuk sepanjang hari, bahkan bisa terjadi anak sulit menelan dan mulunya berbau”.

Selain keletihan, sleep apneu pada anak menyebabkan prestasinya disekolah tergangu. Hal tersebut sudah dibuktikan dalam sebuah studi di AS yang dipublikasikan dalam Journal Public Library of Science Medicine 2006.
Dari data tersebut diketahui anak yang menderita sleep apneu memiliki nilai IQ yang rendah jika dibandingkan dengan anak yang tidurnya nyenyak anak yang pada usia 2- 6 tahun mendengkur , beresiko tiga kali lebih besar mendapat masalah perilaku dan intelektual serta prestasi rendah di sekolah menengah jika dibandingkan dengan anak yang tidak mendengkur.

Menurut para peneliti, pada saat masa tidur aktif, aliran darah ke sel otak akan meningkat tajam. Inilah saatnya dimana sel – sel otak tumbuh dengan cepat dan terjadi pembentukan sel – sel syaraf . oleh karena itu, sebaiknya bawa sikecil ke dokter jika ditemui gejala sleep apneu

About these ads
Comments
17 Responses to “Prestasi Melorot Pada Anak Akibat TIdur Ngorok”
  1. dini farid mengatakan:

    salam kenal
    ada kah kriteria buat liat ngorok yang patologisdan ngorok yang normal normal saja,coz anak saya kalo kecapaian biasanya ngorok,tapi kalo normal ya ngak.

  2. pasien mengatakan:

    gimana ngilangin ngorok ya?

  3. christina mengatakan:

    mau tanya,anak saya dari bayi sudah mengorok,saya kira kesalahan sedot pd hidungnya wkt bayi.sampai sekarang msh ngorok.dokter anak mengatakan anak saya alergi.bagaimana caranya untuk menghilangkan ngorok tsb?harus dibawa ke rumah sakit mana?thanx.

    • Susant mengatakan:

      Tanks atas pertanyaanya!mbak cristin. ngorok pada anak banyak penyebab, pemeriksaan secara detail hrs dilakukan. bisa disebabkan genetik ataupun penyakit. dokter pasti akan memberi acuan tentang pengobatan. Tapi sbg referensi mbak!lebih lanjut akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

  4. nancy nurdin mengatakan:

    anak saya laki-laki umur 5 tahun,kalau tidur ngoroknya kayak orang dewasa dan di amandelnya kayak ada daging nempel,untuk kegiatan makan,minum seperti biasa,konsentrasinya yang kurang,yang ingin saya tanyakan apakah anak saya harus di operasi amandel?

  5. Tony mengatakan:

    Salam Susan
    Bayi saya baru berumur 50 hari. Setahu saya dari awal (sejak dibawa pulang dari RS) tidurnya ngorok. Awalnya masih gak terlalu sering tapi sekarng ini setiap kali tidur langsung ngorok bahkan terkadang matanya belum pejam udah ngorok duluan.
    Dan ini sangat menganggunya minum susu.
    Pertanyaan saya:
    1. Apa penyebabnya dan apakah ini merupakan sejenis penyakit
    2. Apakah ini bisa sembuh sendiri seiring pertumbuhannya
    Terima kasih
    Tony

    • Susant mengatakan:

      Ini kembali lagi pada permasalahnya saat anak anad ngorok, apakah sewaktu dirumah sakit belum/tidak diketahui penyebab dari ngorok tersebut, karena jika hanya masalah posisi tidur mungkin tdk jdi maslah krn mudah mengatasinya, tapi jika memang karena adanya penyakit atau kelainan fisik sianak itu sendiri maslah ngorok ini akn menjadi lebih kompleks, mas toni bisa periksakan anaknya pad Dr spesialis THT, untuk mengetahui lebih lanjut, semakin dini teratasi maka semakin baik., trims mas salam kenal

  6. Dewangga mengatakan:

    Salam kenal buat semua. Anak saya berumur 15 hari, tidurnya ngorok seperti ada cairan di leher. Apakah berbahaya? Thx

    • Susant mengatakan:

      sebelum saya menjawab, mungkin perlu diketahui dulu cairan yang ada dileher tersebut apakah hanya air ludah yang mengumpul, atau adanya sekret/lendir akibat infeksi lain, jika hnya air ludah yang mengumpul , perlu dilakukan pemeriksaan , oleh dokter apa penyebab ngorok yang bisa disebabkan hal2 diatas, apalagi jika ada infeksi lain yang menyertai,maka pemeriksaan mendetail pada instatnsi kesehatan perlu dilakukan, bahaya atau tidak, semua bentuk ngorok apalagi pad anak sebaiknya segera diatasi agar tidak timbul efek buruk saat mendatang , trims maaf lama jawabnya.

  7. mulyono mengatakan:

    mba ada saya baca disalah satu situs mengabarkan di london ada salah satu dokternya dapat menghilangkan ngorok dengan suntikan biayanya 3 poundsterling atau Rp 46.000,- apakah di Indonesia sudah ada?

    • Susant mengatakan:

      y.salam kenl, o maslah itu, memng bebrp web mngmukakan ttg artikel suntukan penghilang ngorok, di london sendiri meski telah digunakan tp masih memrlukan penelitian yg lebih mendalm, ttg efek smping, ekresi, n proses pd usia pasien, lama kerja n lainya, Diindonesia menurut sumber bebrp dokter spesialis. memang diindonesia belum pernah terdengar RSU yang melakukan haltersebut, tp jenis obat tersbut kerjanya dpt pd penyebab ngorok non tumor, krn hny menghilangkan penybeb suara ngorok berasal, tp tidk bisa menghilangkan penyebab utama knp terjdi ngorok sperti tumor n infeksi gnas. trims mas moga bermanfaat

  8. kristy mengatakan:

    salam kenal ya semuanya…saya sangat tertarik sekali dengan artikel ini krn saya jg punya anak umur 5th, klu tidur suka ngorok, keras suaranya. Tapi setelah dia pulas kadang2 hilang sendiri ngoroknya.Kadang juga tengah malam meskipun udh pulas, tp tetep aja ngorok. Klu dilht seh emang ada keluarga yg ngorok klu tidur, apakah ini termasuk faktor genetik? klu lht efek nya seh ngeri juga ya, oleh karena itu saya mohon solusinya ya bu….terima kasih

    • Susant mengatakan:

      trims sebelumnya ya mak kristi. sebenarnya tiap anak pasti juga pernah mengalami ngorok saat tdr, namun ibu tidak usah kuatir , karn jika ibu pernah memeriksakan ank ibu tidak mengalami seseuatu hal signifikan dlm tubuhnya yg menyebbkan dia ngorok. biasanya hal itu berhubungan dg posisi tidur yg membuat lidh menutup jln nafas sebagian dn timbul ngorok!! secara sederhana ibu hnya cukup mengusahakan agar saat tidur ibu cek apa posisi anak ibu yg menyebabkan ngoroknya, shingga bisa di benahi.

  9. Olsiviana mengatakan:

    Saya punya bayi laki-laki sekarang umur 50 hari. Dari setelah berumur 7 hari sampai sekarang tidurnya selalu ngorok, baik tidur siang atau malam. Dan kalau tidur tidak pernah lama seperti bayi2 pada umumnya. Apakah itu suatu penyakit bawaan lahir atau penyebab yg lain?

    • susant mengatakan:

      salam kenal dl mbak! kalu dilihat dr keluhan ngorok byi baru lahir biasanya ada yg bernafas berbunti scr normal sbgai adaptasi / proses menghilangkan sisa2 air ketuban dlm jln nafas bayi. namun adklny penyebab tersering bayi ngorok adlah alergi yg bergejala seperti pilek. jls jk jln nafas terganggu tidur n aktifits jg pasti akan terganggu , periksakan secara seksama krn penanganan dini akan meminimalkan prognosis/proses yg jelek kemudian hari. trims mbak!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya.

  • Increase Page Rank
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: