PENTINGNYA IMUNISASI TETANUS TOXOID BAGI IBU HAMIL


Mengapa Ibu hamil dianjurkan untuk imunisasi TT(tetanus toxoid)? Ya! untuk mencegah penyakit tetanus pada bayi yang akan dilahirkan !. Jadi para bumil janganlah malas untuk pergi imunisasi.

Tetanus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani yang masuk melalui luka terbuka dan menghasilkan racun yang kemudian menyerang sistem saraf pusat. Bakteri ini secara umum terdapat ditanah,jadi ia bisa ditemukan pada debu, pupuk, kotoran hewan,dan sampah. Tetanus ini menyerang siapa saja,anak – anak juga orang dewasa. Bahkan bayi baru lahir sekalipun, yang bisa berakibat fatal.! Penyakit yang menterang bayi itu biasa disebut Tetanus neonatorum. Tetanus biasanya menyerang bayi -bayi yang lahir ditempat yang tidak bersih dan tidak menggunakan alat – alat persalianan yang steril. atau juga riwayat dari ibu hamil yang mungkin terluka sebelum melahirkan yang lukanya mengandung bakteri tetanus tersebut.

Salah satu pencegahan terkena penyakit ini,bumil haruslah menjaga kebersihan dan melahirkan ditolong oleh tenaga kesehatan yang profesional. dan yang penting juga Bumil harus imunisasi .Perlu ibu ketahui imunisasi TT adalah proses membangun kekebalan sebagai pencegahan terahadap infeksi tetanus. Dimana imunisasi tersebut bisa diberikan pada bumil pada trimester I a/d trimester III.

Adapun manfaat imunisasi TT ibu hamil adalah bisa melindungi bayinya yang baru lahir dari tetanus neonatorum dan melindungi ibu terhadap kemungkinan tetanus apabila terluka. dan ibu tidak usah terlalu khawatir,imunisasi ini tidak ada efek sampingnya kok. Bila pun ada,itu hanya gejala ringan seperti nyeri ,kemerahan dan pembengkakan kecilpada tempat suntikan dan akan hilang dalam 1-2 hari tanpa tindakan pengobatan. Karena TT adalah antigen yang sangat aman untuk Bumil dan juga janin. So,jangan malas untuk imunisasi TT ya bu!. Hanya 2 kali yaitu TT pertama dapat diberikan sejak diketahui setelah positif hamil dan TT kedua minimal 4 minggu setelah TT pertama. Sedangkan batas terakhir pemberian TT yang kedua adalah minimal 2 minggu sebellum melahirkan. Dan Akan lebih bagus lagi bila iBu imunisasi TT sebelum anda hamil.

 

Artikel Terkait;

  1. 5 Vaksin Imunisasi Dasar bayi
  2. Macam imunisasi atau vaksinasi pada kaum hawa
  3. Diare akibat rotavirus bisa berujung pada kematian

 

About these ads
Comments
20 Responses to “PENTINGNYA IMUNISASI TETANUS TOXOID BAGI IBU HAMIL”
  1. Muis Life mengatakan:

    Thanks Infonya GAN!

  2. yoga mengatakan:

    buku apa yang berhubungan dg imunisasi tt (tetanus toxsoid) di kirim di email ya ydanang72@yahoo.co.id
    terima kasih sebelumnya

  3. dihyahzahirah mengatakan:

    kalau sebelum nikah dah tt pa perlu tt lagi pas hamil.coz ku periksa di dkter spesialis kandungan katanya g perlu tpi pas di puskesmas katanya harus…jadi bingung

  4. erni nur widjayanti mengatakan:

    dokterku bilang…yg bgus imunisasi TT di ulang sampai 5x bener g ya…

  5. Susant mengatakan:

    Oh salam kenal ya! saya jawab sekalian dari mas dih dan mbak erni. Seperti artikel diatas dan dari beberapa sumber Drs Spesialis kandungan mengatakan Imunisasi adalah usaha untuk mencegah penyakit, dan untuk TT standart teori yang ada adalah 2kali seperti diatas. Dan sebenarnya untuk mengetahui apahanya 1 kali atau 2,atau lebih sudah cukup TT Itu bisa dilakukan uji titer/konsentrasi vaksin dalam darah.tp itu memang tdk perlu dilakukan krn hanya akn menmbah biaya.Imunisasi tt sebelum kehamilan diperlukan krn untuk mencegah resiko tetanus dlm proses terjdi kehmilan;carrier pasangan atau resiko pd lingkungan. ulangan saat trimester 1 dan 3 itu sah-sah saja dilakukan untuk memperkuat titer vaksin dlm darah.krn bats minimal pemberian bisa interval antara 4-8 mggu. Jg faktor biaya.jadi yag terpenting adalah pemeriksaan kehamilan harus pada tenaga medis utamanya pada DR kandungan. Sehingga disana kita bisa mendapt pengetahuan lebih apapun ttg kehamilan n persalinan. trims

  6. hajar mengatakan:

    kalo kita periksa di dokter kandungan biasanya tidak mewajibkan TT krn asumsinya kita akan melahirkan di t4 steril (RS). tp klo di puskesmas biasanya mmg diwajibkan krn TT pd dasarnya dilakukan utk mncegah komplikasi tetanus neonatorum pd bumil2 yg melahirkan di t4 yg tdk steril, ditolong dgn alat2 yg tdk steril (terutama alat pemotong tali pusat) yg kbanyakan terjadi di luar rumah sakit.

  7. dela mengatakan:

    saya hamil 8 minggu ,saya bingung karena dokter kandungan saya bilang vaksin TT hanya diberkan 1 kali di kehamilan 5 bulan, tp bidan saya bilang saya harus vaksin saat ini…mohon jawabannya… trimakasih

  8. Anurafifah mengatakan:

    Dokter,
    ank pertama sy menderita hedrosefalus tp umr 6bln meninggal.2th kmdian, sy hml lg.yg ingin sy tny kan ap kh virus dr ank pertama akn menular pd kehmilan yg ke 2 ini? Trim’s.

    • Susant mengatakan:

      maaf mbak ! bru bs cek! sebelumx sy ikut berbela sungkawa atas kejadian tersebut n juga selamat y ataskehamilanya. O ya sdh berapa UKx ? untuk saat ini yg terpenting adlah merwt kehamilan sebaik mungkin salh satux rutin cek KH ke dokter kandugan. Dengan usaha yg baik n Sellu Berdoa Pada Tuhan untuk memberikan yg terbaik , mk hasilnya InsaAllah Kan baik pula ! Amin..

  9. Suci mengatakan:

    judul buku apa yang berhubungan dengan imunisasi pada ibu hamil

  10. Blog Oki Jo mengatakan:

    sangat penting ternyata… nice info gan…

  11. Etiec mengatakan:

    Terima kasih atas info nya….

  12. Cuma Chicy mengatakan:

    bagaimana kalau ibunya tdk ingin TT karna kontroversi agama?

  13. Latifah mengatakan:

    Saya mao tnya knapa TT hrus sdh Lgkap d.brikn sblm umur khmlan 8 bulan?
    Mhon d.jawab

  14. Fatma mengatakan:

    Apakah akibat nya akan fatal bila tertular TT setelah beranjak dewasa?

  15. Roller blind mengatakan:

    saya lupa, waktu saya dulu kecil jg apa udah di uminusasi belom ya

  16. desy mengatakan:

    Sy lbh bingung lg bun KT mamah dsrh imunisasi to SLM sy Cek up Dr g prnh blog u do imunisasi gmn ya JD tkt me bayinya

  17. eni sartika mengatakan:

    tlng jelasan nya dok,,,apa bahanya nya bg bumil yg srng mkan mlm hari,trmksi…

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. [...] saat Hamil,bayi beresiko meninggal Pentingnya imunisasi tetanus toxoid bagi ibu hamil Bumil perokok tidur anak bermasalah terus 4 tip perawatan payudara selama [...]

  2. [...] Ibu hamil dianjurkan untuk imunisasi TT(tetanus toxoid)? Ya! untuk mencegah penyakit tetanus pada bayi yang akan dilahirkan !. Jadi para [...]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya.

  • Increase Page Rank
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: