Konsumsi Kol Saat Menyusui Dapat Memperlancar Asi


Saat meyusui para ibu dianjurkan makan berbagai sayuran karena mengandung berbagai vitamin seperti  asam folat, vitamin C, provitamin A, dan mineral seperti Calsium, Natrium, Chlore, dsb. Kandungan vitamin dan mineral di dalam sayuran dapat memperbaiki kualitas dan kuantitas ASI.

Salah satunya adalah sayuran Kol, baik Kol putih, hijau, maupun kol ungu. Sayuran ini kaya zat gizi. Didalam setuiap 100 mg kol terkandung energi (28kal), Air (92.5g), Protein (1.4g), Lemak (0.2g), Karbohidrat (5.2g), Mineral (0.7g), Kalsium (46 mg), Fosfor (31 mg), Besi ( 0.5 mg), Aktivasi Retinol-vitamin A (24 mg) dan vitamin C ( 50 mg).

Bagi Ibu yang baru saja melahirkan, kol bisa menjadi pilihan asupan makanan karena kadar karbohidratnya rendah, sehingga tidak membuat gemuk. Tidak hanya itu , kadar air dala kol yang mencapai 82.5 g bisa membantu memperlancar ASI. bahkan ada pula yang menyebutkan bahwa konsumsi Kol bisa mengurangi bengkak akibat menyusui. Kol termasuk sayuran yang mengandung antioksidan tinggi sebagai penangkal kanker.

Tapi , bagi ibu yang mengalami gangguan pencernaan , Kol bisa menyebabkan kembung akibat gas yang dihasilkan. Perut ibu akan terasa tidak nyaman. Saat ibu menyusui mengkonsumsi Kol berlebih, bisa membuat bayi kembung. sama halnya, bila ibu makan makanan pedas, sibayi bisa terkena diare. nah , pada kasus bayi kembung, biasanya terjadi pada bayi yang gampang kolik/kejang perut.

Nah , sekali untuk makan sayuran Kol ini Ibu bisa variasikan dalam menu makanan tiap hari dan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

About these ads
Comments
3 Responses to “Konsumsi Kol Saat Menyusui Dapat Memperlancar Asi”
  1. tuti mengatakan:

    terimakasih artikelnya.menambah ilmu u saya.

  2. gafuri46 mengatakan:

    kalau boleh tau, antioksidan apa bro yg ada pada kol?

    • susant mengatakan:

      seperti yg tertulis diatas, selain kandungan vit c,e dan k yg tinggi ada studi yg menmukan kndungan anthocianin pholifenol yg dpt menurunkn resiko penyakit jntung dan kanker. salam kenbal bro!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya.

  • Increase Page Rank
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: