Bagaimana ya!merawat Bayi baru lahir ( o – 12 bulan )


Wah! lega rasa dan senangnya ketika Moms pertama kali mengendong malaikat kecil itu. Selama sembilan bulan Moms merawat dia selama kehamilan.”tapi apa yang harus setiap hari dilakukan ?” tenang Moms! mari kita merawat bayi baru lahir dengan percikan cinta!.

Memandikan Bayi

Basuh wajah,kepala,leher,dada,lengan,punggung dan tungkai.Perhatikan daerah lipatan. Sabuni kepala dan badan bayi dengan formula yang tidak pedih dimata,bilas sampai bersih,lalu keringkan dengan handuk kering yang lembut.

Membersihkan Kelamin

Untuk bayi perempuan, berihkan daerah kemaluan dari depan kebelakang ( dari vagina ke anus ) menggunakan kasa, juga selakanganya. Untuk bayi laki laki Bersihkan kotoran yang ada pada kulup.Dengan perlahan dorong lembut kulit penis ke pangkal penis dengan kasa basah

Merawat talipusat

Setelah mandi,bersihkan sekeliling dan bagian dasar tali pusat dengan kain kasa yang telah dibasahi ( tapi jangan kena talipusatnya).Keringkan dan bungkus talipusat dengan kasa steril kering. Daerah talipusat harus selalu kering dan bersih setiap waktu.Ingat! jangan menutup daerah tersebut dengan popok

Merawat Kulit

Gunakan bedak didaerah dada,punggung dan leher setiap selesai mandi dan ganti baju.bedak bayi membantu menjaga kesegaran kulit bayi dan mencegah kelembaban dan biang keringat .Jika kulit bayi cenderung kering, gunakan baby lotion untuk mencegah iritasi.

Memakaikan Popok

Baringkan bayi di bagian tengah popok, lipat popok kearah perut lalu ikat kedua tali popok. jangan terlalu kencang karena bayi lebih banyak bernafas dengan otot perut. taburkan bedak pada bagian bokong untuk mengurangi kelembaban dan mencegah lecet. Jika pakai Dapers, gunakan baby cream utamanya pada bagian lipatan selangkangan untuk mencegah iritasi

Membersihkan hidung dan Telinga

Bersihkan lubang hidung yang bisa terlihat dengan kapas( cotton bud) yang dibasahi. Begitu dengan telinga luar.(m&k2009)

About these ads
Comments
5 Responses to “Bagaimana ya!merawat Bayi baru lahir ( o – 12 bulan )”
  1. pernikahan adat mengatakan:

    Terimakasih banyak kawan, saya lagi nyari dan butuh cara-cara merawat bayi yang baik dan benar.. salam kenal ya
    @ pengantin adat Indonesia.

  2. Bali Wedding mengatakan:

    Merawat bayi atau anak yang baru lahir tidak segampang yang kita kira, kadang orang yang belum terbiasa merawat bayi yang baru lahir merasa takut untuk memegangnya atau menggendongnya, ya takut sibayi keseleo dan lain sebagainya.

    tetapi kalau sudah terbiasa ya enak aja kok dan tidak merasa takut untuk merawat dan memandikan bayi……….ya kalau masih takut perlu meminta bantuan orang tua atau mertua yang sudah terbiasa merawat anaknya atau juga biasanya orang memanggil dukun bayi untuk membantu merawat anak sampai selapan, atau anaknya sampai berumur satu bulan.

    ya sebagai ibu muda dan belum berpengalaman memang perlu untuk meminta bantuan merawat bayi tetapi kita sendiri juga perlu belajar merawat bayi kita, supaya hubungan dan komunikasi terhadap anak bisa terasa, dan satu lagi kalau kita bisa merawat bayi sendiri itu akan membantu melangsingkan badan si ibu yang baru memiliki bayi………salam kenal…….

    Bali Villa Bali Villas Bali Property

  3. otolines mengatakan:

    makasih atas infony….nie sy lg bljr merwat baby

  4. sulis mengatakan:

    tanks y ats kterangan ny di ats..’menambah wawasan’perawatan bayi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 15 pengikut lainnya.

  • Increase Page Rank
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: