4 Tip Perawatan Payudara Selama Kehamilan


Di Dalam kehamilan ibu pasti ada yang pernah memiliki puting susu rata atau tenggelam. Sehingga perawatan payudara sangat baik dilakukan oleh setiap ibu yang mengandung.  Apalagi sampai trimester akhir kehamilan puting bumil belum juga bisa muncul. Setiap Ibu yang memberikan ASI,harus mempersiapkan diri sejak masih dalam keadaan hamil. Berikut adalah perawatan payudara untuk persiapan menyusui si kecil:

1. Bila Bra sudah mulai terasa sempit, sebaiknya ganti bra yang pas dan sesuai dengan ukuran untuk memberikan kenyamanan dan juga support yang baik untuk payudara. Bila berencana menyusui bayi, dapat dimulai dengan menggunakan bra untuk menyusui pada akhir kehamilan dengan memilih ukuran pas agar tidak menyebabkan infeksi seperti Mastitis ( infeksi pada kelenjar susu dipayudara)

2. Jangan membersihkan payudara dan puting dengan menggunakan sabun karena sapat menyebabkan daerah tersebut kering. Cukup gunakan air,lalu keringkan dengan handuk.

3. Pada tahap akhir kehamilan, cobalah untuk memijat lembut payudara didaerah yang berwarna coklat gelap(areola) dan puting susu,mungkin akan mengeluarkan beberapa tetes colostrum ( cairan kental warna kuning ).hal ini bertujuan membuka saluran susu yang tersumbat.

4. Dengan lembut putar puting susu dengan telunjuk dan ibu jari sekitar 10 detik sewaktu mandi. Jika Ibu mendapatkan puting susu rata atau masuk kedalam,konsultasikan ke dokter,sehingga hal ini dapat diatasi sedini mungkin untuk mencegah kesulitan menyusui nantinya.

Cara Message Payudara Yang tenggelam:

  • Cara memijat payudara yang tenggelam dengan menggunakan krim lembut, dorong puting susu secara perlahan kearah luar dengan menggunakan ibu jari ,tariklah bagian atas puting susu kearah samping kiri dan kanan, serta atas dan bawah dengan perlahan-lahan
  • Lakukan cara tersebut kira-kira 10 menit setiap hari (m&k)

 

Artikel terkait;

Tip kurangi bahaya ibu hamil perokok pasif bagi bayi
Kurang Asam folat, resiko bayi lahir tanpa tempurung kepala

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan terbaru melalui email anda.

    Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya.

  • Increase Page Rank
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: